Terbukti! Inilah Cara Cepat Mengatasi Sepeda Motor Hilang Kompresi

 JANGAN PANIK, INILAH CARA MUDAH DAN CEPAT UNTUK MENGATASI SEPEDA MOTOR HILANG KOMPRESI SERTA SOLUSINYA





Halo bro dan sis semua, selamat beraktifitas bagi kalian yang sedang menjalani kesibukan sehari-hari atau yang sedang santuy menikmati kehidupan yang pahit, canda gan :}, dan salam satu nafas.


Bagi Anda yang mempunyai kendaraan sepeda motor pastinya di harapkan bisa untuk kebutuhan berkendara sehari-hari guna memperlancar dan mempermudah Aktiffitas Anda bukan.


Namun, seperti halnya kendaraan lainnya, sepeda motor juga bisa mengalami berbagai masalah teknis. Salah satu masalah yang dapat Anda alami sebagai pemilik kendaraan sepeda motor adalah kehilangan kompresi.


Perlu diketahui, kehilangan kompresi dapat membuat sepeda motor Anda sulit atau bahkan tidak dapat di operasikan sama sekali loh. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Tetap tenang dan jangan panik, karena di sini kita akan membahas cara mengatasi sepeda motor yang kehilangan kompresi dengan langkah-langkah yang mudah di ikuti.



Mengapa Kompresi Penting?

Sebelum kita masuk ke cara mengatasi masalah kompresi pada sepeda motor, mari kita pahami mengapa kompresi begitu penting. Kompresi adalah proses di mana campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar sepeda motor dipadatkan sebelum disulut oleh busi. Proses ini menciptakan tekanan yang diperlukan untuk menggerakkan piston, yang selanjutnya menggerakkan roda dan menghasilkan tenaga yang diperlukan untuk menggerakkan sepeda motor.

Ketika kompresi berkurang, tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor akan menurun drastis, dan akhirnya sepeda motor bisa mati total. Kehilangan kompresi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan penting untuk menemukan akar penyebabnya agar dapat mengatasi masalah ini.



PENYEBAB SEPEDA MOTOR KEHILANGAN KOMPRESI

Ring Piston



Faktor pertama yakni bila ring piston sudah Aus, melar, berkerak atau rusak, ternyata bisa juga mengakibatkan terjadinya sepeda motor Anda kehilangan kompresi. Sebab di dalam sistem pembakaran mesin yang bertekanan tinggi tersebut akan bocor melalui ring piston. sehingga tekanan daya yang di perlukan mesin akan hilang atau ngempos, dan pada akhirnya sepeda motor pun mengalami yang namanya kehilang kompresi.


Solusi

Lalu solusi untuk mengatasi ring piston yang sudah aus yang menyebabkan motor kehilangan kompresi adalah dengan mengganti ring piston atau yang lebih bagus lagi sepaket dengan pistonnya, dengan cara turun mesin. 


Perlu diketahui sebelum Anda mengganti ring piston, sebaiknya Anda lihat kondisi liner silinder blok dan pistonnya terlebih dahulu apakah kondisinya sudah baret atau belum, jika sudah baret sebaiknya silinder blok Anda bawa ke tukang bubut untuk di lakukan over size sekalian dengan mengganti ring beserta pistonnya dengan ukuran yang lebih besar.


Valve atau Klep Mesin



Valve atau klep mesin adalah komponen yang fungsinya tak kalah penting dengan ring piston. Karena posisi klep yang ada di dalam silinder kop mesin bekerja secara bersamaan dengan komponen lainnya, seperti piston. Siklus kerja dari klep ini sendiri di haruskan bekerja dengan akurat dan on time secara terus-menerus dan tidak boleh salah.


Oleh sebab itu, kinerja dari klep ini di tuntut selalu baik, karena jika tidak seperti itu maka bisa mengakibatkan sepeda motor kehilangan kompresi.


Pada umumnya kendaraan sepeda motor terdapat dua buah Valve atau klep, yaitu klep masuk [ in ] dan buang [ OUT ]. Sistem kerja dari klep ini adalah bekerja secara bergantian antara klep IN dan OUT. Karena jika ke dua klep ini bekerja secara bersamaan akan terjadi tabrakan yang mengakibatkan klep jadi bengkok dan mesin jadi kehilangan kompresi.


Jika klep Anda tidak bekerja dengan baik atau kondisinya sudah buruk seperti ada kerak bekas pembakaran mesin pada bagian dinding lubang klep dan klep, Anda harus mengambil tindakan secara segera karena jika tidak dan Anda biarkan seperti itu, lama-kelamaan hal ini akan menyebabkan mesin kehilangan kompresinya.


Solusi

Solusi untuk mengatasi kehilangan kompresi yang akibatkan oleh klep adalah dengan cara membongkar silinder kop. Setelah terbongkar Anda lihat pada bagian klep dan lubang klep apakah ada kotoran seperti kerak yang mengganjalnya atau tidak, jika ada kerak Anda bisa mengakali ini dengan cara sekir klep. 


Namun jika kondisi kelp sudah bengkok atau rusak sebaiknya Anda ganti saja dengan yang baru. Perlu Anda perhatikan dengan baik pada saat proses pemasangan antara klep IN dan klep OUT, jangan sampai terbalik.


Packing Mesin Rusak Atau Bocor



Packing atau perpak mesin yang kondisinya sudah rusak atau bocor juga bisa menjadi penyebab motor Anda kehilangan kompresi. Terutama pada packing mesin yang berada di bagian antara silinder head dan silinder blok.


Cara untuk mengetahui packing mesin yang sudah rusak atau bocor adalah dengan cara mesin sepeda motor Anda hidupkan terlebih dahulu, setelah motor hidup silakan Anda semprot packing atau perpak yang terletak di antara silinder head dan silinder blok menggunakan KARBURATOR CLEANER. Apabila packing Anda semprot dan mesin sepeda motor mati, maka hal ini menandakan bahwa packing silinder head dan silinder blok Anda sudah bocor atau rusak.


Solusi

Kemudian solusi untuk memperbaiki kehilangan kompresi yang di sebabkan oleh packing silinder kop ini adalah dengan menggantinya dengan yang baru.



CARA MUDAH DAN CEPAT MENGATASI HILANG KOMPRESI

Cara untuk memberikan pertolongan di kondisi darurat ketika motor Anda mengalami kehilangan kompresi sangat-lah mudah untuk di lakukan. Berikut ini adalah cara paling ampuh mengatasi hilang kompresi pada sepeda motor:

  1. Langkah pertama lepaskan busi dari silinder head
  2. Setelah itu masukkan sedikit saja oli mesin lewat lubang busi silinder head, memasukkan oli mesin ini bertujuan untuk melumasi atau menutupi kebocoran pada ring piston di dalam ruang bakar dan celah klep supaya kompresi bisa padat kembali.
  3. setelah itu tutup lubang busi menggunakan tangan dan coba di engkol dengan kick starter secara terus menerus hingga terasa berat. Ketika di engkol sudah terasa berat maka bisa di bilang kompresi sepeda motor Anda sudah kembali normal.
  4. langkah terakhir pasang kembali busi dan hidupkan sepeda motor Anda.

Namun, jika dengan melakukan cara di atas dan sepeda motor Anda tidak berhasil hidup, maka ada faktor kerusakan lain seperti klep bengkong, ring piston, dan packing sudah rusak parah.


Tetapi jika motor Anda berhasil hidup dengan memasukkan oli mesin melewati lubang busi, langsung saja bawa sepeda motor Anda ke bengkel terdekat untuk segera di lakukan perbaikan. Karena jika tidak bisa merusak mesin dan akan sangat berbahaya untuk keselamatan berkendara Anda di jalan raya.


Cukup sekian pembahasan kita kali ini tentang cara cepat dan mudah mengatasi kehilangan kompresi pada sepeda motor. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan salam satu aspal!
















Posting Komentar untuk "Terbukti! Inilah Cara Cepat Mengatasi Sepeda Motor Hilang Kompresi"