Memperbesar Pengapian Pada Koil Buat Motor Jadi Kencang? Terbukti Secara Ilmiah

 BUKTI ILMIAH MEMBUAT SEPEDA MOTOR JADI KENCANG DENGAN CARA MEMPERBESAR PENGAPIAN PADA KOIL





Halo bro dan sis semua, selamat beraktifitas bagi kalian yang sedang menjalani kesibukan sehari-hari atau yang sedang santuy menikmati kehidupan yang pahit, canda gan :}, dan salam satu nafas.


Bagi Anda yang sudah nyasar di sini, entah karena lagi gabut atau apapun itu, pada kesempatan ini saya akan menyediakan sebuah edukasi tentang cara membuat sepeda motor kencang dengan memperbesar pengapian pada koil sepeda motor.


Sebelum kita masuk ke dalam inti dari pembahasan, Tahukah Anda mengenai apa itu koil sepeda motor? dan apa fungsi dari koil itu sendiri? lalu mengapa koil bisa membuat sepeda motor menjadi kencang? Hal ini bisa Anda simak jawabannya di bawah ini:



KOIL SEPEDA MOTOR

Koil sepeda motor adalah sebuah komponen pemasok daya listrik untuk busi. setiap sepeda motor tentunya di lengkapi dengan komponen kumparan pengapian ini. Walaupun bentuknya terlihat sangat sederhana, namun memiliki peran yang sangat penting untuk sebuah sepeda motor. Kalau kondisi koil rusak, maka sepeda motor Anda tidak akan bisa hidup.



FUNGSI KOIL SEPEDA MOTOR

Koil pada sepeda motor berfungsi sebagai alat untuk menaikkan tegangan listrik dari 12 volt menjadi 25.000 volt dari hasil induksi elektromaknetik yang di hasilkan dari ke dua kumparan primer dan sekunder. Panas yang di hasilkan akan di gunakan untuk menghasilkan sebuah percikan bunga api pada busi, sehingga mesin bisa menyala.


Selain kumparan, pada koil juga terdapat komponen penyekat, inti busi, terminal (+/-)  dan terminal output. Koil sepeda motor standar bawaan pabrik sendiri rata-rata memiliki tegangan antara 12.000 sampai 15.000 volt.


Nah, Bagi Anda yang masih bingung dan penasaran bagaimana sih cara memperbesar pengapian koil sepeda motor untuk membuat sepeda motor kita jadi kencang? Silakan Anda simak ulasannya secara lengkap di bawah ini.



CARA MEMBUAT BESAR PENGAPIAN

Untuk memperbesar pengapian pada sepeda motor, Anda bisa lakukan dengan teknik Ground Strap, yaitu kabel koil yang di lilit menggunakan kabel.


Teknik Ground Strap yang akan kita gunakan kali ini adalah DOUBLE DROUND STRAP, di mana kabel lilitannya di buat dua kali bukan satu kali lilitan saja.


Proses Pembuatan Double Ground Strap

  • Untuk membuat Double Ground Strap, sebagai langkah awal Anda harus mempersiapkan kabel email atau kabel Spul dengan ukuran 0,9 mm. Jika tidak ada Anda juga bisa menggunakan kabel dengan ukuran 0,8 atau 0,7 yang terpenting bisa untuk melilit kabel koil.

  • Selanjutnya Anda lilitkan kebel tersebut di mulai dari belakang kabel koil sampai ke depan dan di lanjutkan di lilit kembali hingga ke titik awal melilitkan kabel karena kita menggunakan teknik Double.  Tetapi jika yang bukan Double yaitu Singgel yang hanya satu kali lilitan saja di mulai dari depan kebel dekat dengan tutup busi. Lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.



  • Pada saat proses pertama kali melilitkan kabel, lebihkan kabel sekitar 3 atau 4 cm untuk massanya dan di usahakan lilitan tersebut supaya rapat, kencang tidak kendor dan rapi.  Setelah selesai melilit jangan lupa untuk di sisakan space sedikit kabel koil untuk memasukkan tutup busi seperti gambar di bawah ini.


  • Jika sudah selesai melilitkan kabel email pada kabel koil, selanjutnya ujung atau sisa lilitan dari kabel email tersebut Anda potong saja sekitar 3 atau 4 cm dan di lilitkan menjadi satu dengan kabel email yang Anda sisakan pada awal proses melilitkan kabel koil dan di tempelkan pada besi atau body.



  • Apabila sudah tersambung pada body, maka selesai sudah proses pembuatan Double Ground Strap dan Anda tinggal hidupkan sepeda motor untuk mengetes hasil dari teknik ini. 

Lalu untuk mengetahui bukti nyata atau secara ilmiahnya jikalau teknik ini dapat memperbesar pengapian dan mampu membuat sepeda motor kencang, Simak ulasannya di bawah ini:



BUKTI SECARA ILMIAH

Untuk membuktikan teknik ini benar atau tidak sebenarnya cukup mudah dan gampang sekali untuk di fahami. Karena bisa di katakan pembelajaran ini ada di dalam pelajaran sekolah yaitu pelajaran FISIKA tentang ELEKTRONIKA.


Hal ini bisa di sebut dengan sistem arus induksi yang di hasilkan oleh efek gelombang elektromagnetik dan yang di padukan dengan teori gaya LORENZ yaitu sebuah gaya yang bisa mengaktifkan atau menggerakkan sebuah kabel apabila kabel tersebut di aliri oleh arus listrik.


Untuk lebih jelasnya silakan Anda simak teori-teori dasarnya sebagai berikut:
  • Ketika SPUL + MAGNET + ARUS LISTRIK akan menghasilkan gerak putar. Contohnya pada komponen dinamo starter [ motor starter ].
  • Tetapi jika SPUL + MAGNET + GERAK akan menghasilkan energi listrik. Contohnya adalah GENERATOR.
  • Dan yang terakhir ketika Kawat SPUL di aliri dengan ARUS LISTRIK maka akan menghasilkan medan magnet.
Dari ke tiga teori di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa ke tiga siklus ini bekerja secara bolak balik begitu saja. Dan sebagai bukti ilmiahnya bisa Anda lihat gambar di Bawah ini:



Pada gambar tersebut kabel yang saya lilitkan ini ketika sepeda motor di hidupkan, lalu pada bagian ujung kabel masa sisa lilitan yang saya sabung dengan kabel body tersebut saya dekatkan dengan besi, maka akan terjadi loncatan api.


Hal ini sebagai bukti bahwa arus yang mengalir pada kabel koil tersebut mempengaruhi lilitan kabel koil atau bisa di katakan terjadi induksi gelombang elektromagnetik pada lilitan tersebut sehingga bisa menghasilkan arus listrik.



FUNGSI GROUND STRAP

Perlu diketahui bahwa fungsi dari Ground Strap ini adalah untuk memfokuskan gelombang elektromagnetik yang ada di sekitar kabel koil. Sehingga loncatan energi listrik yang keluar menjadi fokus dan lebih besar dari standarnya.


 Jadi itulah penjelasan secara ilmiahnya bahwa sistem GROUND STRAP ini memang benar-benar bisa memperbesar pengapian dan membuat sepeda motor Anda menjadi Kencang. Semoga bermanfaat dan salam satu aspal!!!



















Posting Komentar untuk "Memperbesar Pengapian Pada Koil Buat Motor Jadi Kencang? Terbukti Secara Ilmiah"