Jarang Orang Tahu! Inilah Penyebab Kunci Keylees Rusak, HONDA VARIO 150

 JARANG ORANG TAHU! INILAH PENYEBAB KERUSAKAN PADA KUNCI KEYLEES VARIO 150





BENGKEL PENO. Di zaman sekarang sudah banyak sepeda motor menggunakan sistem smart key atau keylees, salah satu sepeda motor yang sudah menggunakannya adalah Honda VARIO 150.


Desain dari kunci keylees ini memang berkesan terlihat lebih mewah dan modern ketimbang inovasi sebelumnya. Fitur keylees pada HONDA VARIO 150 ini sangat berguna dan memudahkan pengendara dalam mengakses sepeda motor. Seperti sistem penguncian, pembukaan tanpa kunci, alarm anti maling, sistem pengaturan jarak, dan sistem kontrol akses.


Namun, yang namanya barang atau komponen yang terbuat dari bahan apa pun itu pasti akan mengalami yang namanya kerusakan, entah itu dari usia barang atau karena keteledoran Anda sendiri ketika menggunakannya. Dan ada beberapa penyebab kunci keyless ini tidak berfungsi bisa berasal dari beberapa faktor.


Jika Anda mempunyai kendaraan dengan teknologi keyless, setidaknya Anda harus tahu apa saja penyebab kunci keylees ini tidak bisa berfungsi dan cara mengatasinya. Sehingga Anda terhindar dari risiko kunci keylees atau smart key rusak dan dengan begitu perasaan Anda ketika berkendara jadi jauh lebih tenang dan santai.




PENYEBAB KUNCI KEYLEES ATAU SMART KEY TIDAK BERFUNGSI


1. Baterai Remote Keylees Habis Atau Lemah

Penyebab pertama yang paling sering di alami adalah baterai remote keylees sudah hampir habis atau bahkan sudah habis. Kasus seperti ini sering kali tidak di sadari oleh Anda sendiri bukan, tetapi ketika baterai remote keylees yang sudah lemah di tandai dengan lambatnya respons saat di gunakan dan juga lampu indikatornya pun ikut redup.


Ketika yang Anda alami hanya sebatas baterai lemah saja, Anda bisa mengatasinya dengan mengganti baterai baru atau mendekatkan remote keylees tersebut ke knop kunci. Nah, jika baterai sudah benar-benar sudah habis maka remote kunci keyless tidak akan bisa kalian gunakan lagi.



2. Remote Keylees Rusak

Kasus seperti ini memang sangat sulit untuk di kenali karena kerusakan tersebut terjadi pada perangkat internal remote. Ciri-ciri remote yang sudah rusak adalah ketika Anda sudah mengganti baterai dengan yang baru namun masih tetap tidak bisa di gunakan. Kenapa remote keylees bisa rusak? Penyebabnya sangat beragam:
  • Remote keylees terendam air. Sebab, pabrikan hanya merancang alat itu agar aman saat tersiram air dari luar saja. Namun, jika sampai remote keylees terendam air besar kemungkinan air tersebut masuk ke dalam komponen dan menyebabkan remote mengalami konsleting atau rusak seketika.
  • Sering terjatuh. Apabila remote Anda sering terjatuh semisal sehari dua kali hingga tiga kali bahkan bisa lebih dan apalagi jika terjatuhnya dari tempat yang tinggi, perangkat internal remote bisa rusak lebih cepat. Bahkan remote keylees bisa kehilangan sinyal dengan motor, sehingga lampu indikator remote akan muncul tanda berkedip di spidometer. Lebih parahnya lagi remote keylees tidak bisa menyalakan mesin motor jika knop sudah di putar ke posisi off.
  • Tertekan beban yang berat. Hal ini bisa saja terjadi ketika Anda tidak sengaja menginjak atau menindihnya, sehingga akibat dari tekanan tersebut akan membuat remote keylees Anda rusak.
BACA JUGA: Bahaya, Penyebab Motor Honda Vario 125 Tidak Bisa Di Starter Dan Di Engkol



3. Receiver Tidak Berfungsi

Penyebab remote keylees tidak berfungsi bukan hanya di sebabkan karena kunci remote tersebut rusak. Bisa saja kerusakan tersebut dikarenakan oleh receiver tidak bisa menerima gelombang sinyal dari remote keylees.


Jika receiver yang tertanam pada smart key mengalami kerusakan maka Perangkat yang seharusnya menerima sinyal dari remot jadi tidak bisa menerima sinyal. Sehingga risikonya adalah kendaraan Anda tidak akan merespons apa pun dari remote keylees, risiko terburuknya adalah kendaraan Anda tidak akan bisa menyala.



4. Rolling Code Sudah Melewati Masa Aktif

Rolling code Pada smart key adalah sebuah sistem pengamanan kendaraaan bermotor yang menggunakan remote tanpa kunci fisik untuk menghidupkan mesin atau membuka jok. Yang artinya rolling code ini berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio ke kendaraan.


Perlu diketahui bahwa masa aktif komponen tersebut hanya dalam waktu lima tahun saja. Selebihnya Anda harus mengganti rolling code dengan yang baru, karena jika sudah melewati masa aktif remote keylees tidak akan bisa berfungsi.


5. Gelombang Radio Mengalami Gangguan

Gelombang radio adalah penunjang kinerja smart key, supaya remote keylees dan smart key ini bisa saling berkomunikasi, remote akan memancarkan gelombang radio. Nah, jika gelombang radio mengalami gangguan maka penyebabnya dari pemancar radio lain di sekitar kamu memarkirkan kendaraan.


Karena gelombang radio yang di pancarkan oleh smart key ke kunci keylees ini hampir sama dengan barang-barang elektronik bergelombang radio lainnya. Maka yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghindari area parkir yang memiliki Base Transceiver Station [BTS] menara provide telepon seluler, pemancar radio serta menjauhkan kendaraan dan remote keylees dari barang-barang elektronik yang juga memancarkan gelombang radio seperti ponsel, komputer, radio, dan laptop.


Selain itu supaya remote Anda dapat bekerja dengan benar, Anda harus berada dalam jarak jangkauan penggunaan remote yang di anjurkan. Jarak untuk menangkap sinyal tersebut biasanya dalam radius sejauh 2 meter saja, jika lebih remote tidak bisa bekerja dengan maksimal.
























Posting Komentar untuk "Jarang Orang Tahu! Inilah Penyebab Kunci Keylees Rusak, HONDA VARIO 150"