Jangan Bingung! Inilah Oli Bagus Yang Cocok Untuk motor Vario 125 kamu

OLI MESIN YANG COCOK UNTUK MOTOR VARIO 125





BENGKEL PENO. Halo sobat BP, apakah Anda pecinta motor matic kelas 125cc ini yang mempunyai penampilan stylish, menarik dan tentunya cukup agresif. Motor matic keluaran Honda yang satu ini di luncurkan di Indonesia pada tahun 2013 dan sangat banyak sekali di minati oleh konsumen karena keunggulannya yakni irit bahan bakar.


Namun, apakah Anda bingung mau memakai oli mesin jenis apa untuk motor Honda Vario 125 kesayangan Anda. Hal ini menjadi salah satu peranan penting karena jika sampai salah memilih oli mesin akan berdampak pada performa mesinnya. Di mana performa mesin ini menjadi salah satu aspek penting untuk kenyamanan kita semua dalam berkendara di jalan raya.


Jikalau Anda tidak mau hal itu terjadi terhadap motor Anda, maka oli yang di pilih harus sesuai dengan standar kekentalan yang di anjurkan. Setiap motor memiliki standar kekentalan oli atau SAE sendiri-sendiri mulai dari 10 sampai 30w. Karena ada begitu banyak jenis dan merek oli yang di edarkan, maka Anda hanya perlu menyimak ulasannya dengan baik di bawah ini.




FUNGSI OLI MESIN

Sebelum masuk ke dalam inti pembahasan, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu fungsi dari oli mesin itu sendiri. Lalu fungsi oli mesin motor matic itu untuk apa?


1. Mendinginkan Mesin Motor

Fungsi oli mesin motor matic yang pertama adalah untuk menjaga temperatur mesin supaya tetap dingin ketika Anda mengendarainya untuk perjalanan jauh. Tentunya berkat hadirnya oli, mesin akan terhindar dari yang namanya overheating. Di mana hal ini menjadi salah satu masalah besar untuk para pengendara.


2. Melindungi Mesin

Tahukah Anda jika oli dapat melindungi mesin motor dari karat dan gesekan antar komponen di dalam mesin. Maka dari itu, dengan adanya oli mesin akan lebih terlindungi dan tahan lama bebas dari risiko kebocoran kompresi maupun tekanan pembakaran.


3. Dapat Meredam Getaran Mesin Saat Berkendara

Perlu diketahui bahwa komponen yang terdapat di dalam mesin sepeda motor terbuat dari bahan dan partikel keras, sehingga ketika mesin motor di nyalakan komponen tersebut akan bergerak dan saling bergesek. Nah, dengan adanya oli gesekan antar komponen yang bisa menimbulkan getaran tersebut akan teredam, alhasil suara mesin motor pun akan terdengar lebih halus.


4. Membersihkan Mesin Motor

Ternyata oli bisa membersihkan mesin motor juga loh. hal ini dapat di buktikan ketika mesin motor menyala akan menghasilkan kerak bekas pembakaran dan kotoran berupa serbuk halus akibat gesekan antar komponen. Pada saat mesin motor di matikan kotoran tersebut akan turun bersamaan dengan oli mesin. Nah, ketika Anda mengganti oli mesin kotoran tersebut akan ikut keluar bersamaan dengan oli.





INILAH BEBERAPA OLI YANG COCOK DAN BAGUS UNTUK VARIO 125

Jika Anda bingung mau menggunakan oli merek apa yang cocok untuk motor VARIO 125. Biar tidak bingung  saya akan memberikan beberapa rekomendasi tipe oli dengan kualitas bagus dan pastinya cocok untuk motor matic kesayangan Anda.


1. Oli Mesin AHM MPX 2 Matic 10w-30

Oli jenis ini di produksi oleh Astra Honda motor itu sendiri dan sudah di seting memiliki tingkat kekentalan yang pas. Jadi sudah dapat di pastikan oli ini memang cocok dan bagus untuk Anda gunakan di motor VARIO 125 kesayangan.


2. Oli Mesin Federal Matic 30

Jika Anda mencari oli mesin yang bisa membuat mesin motor jadi awet Federal Matic inilah jawabannya. Karena oli mesin jenis Federal Matic ini sudah terbukti bagus untuk melindungi komponen di dalam mesin dari gesekan secara langsung dan dengan fitur Active Moly yang terapkan di dalamnya mampu membuat kinerjanya lebih maksimal dalam mendinginkan mesin.


3. Oli Mesin Top 1 Action Matic 10w-30

Oli mesin jenis ini sangat melegenda dan sangat laris di pasaran karena sudah di lengkapi teknologi anti wear dan anti corrosion additive guna menjaga mesin agar tetap bersih. Jadi, soal kualitas dan kuantitas oli mesin jenis ini sudah tidak dapat di ragukan lagi.


4. Oli Mesin Shell Advance AX7 Matic 10w-30

Oli mesin jenis ini memiliki ketahanan yang sangat tinggi karena bisa bertahan di segala cuaca baik hujan maupun panas dan memang di rancang khusus untuk motor VARIO 125. Dengan teknologi RCE di dalamnya membuat mesin motor matic Anda menjadi lebih terlindungi.


5. Oli Mesin motul 4T Scooter 10w-30

Perlu diketahui bahwa oli mesin yang satu ini memiliki emisi gas buang yang kecil sehingga performa mesin jadi lebih power full dan pastinya tidak boros bahan bakar [BBM]. Pilihlah oli Motul jenis ini jika Anda membutuhkan mobilitas di jalan yang mulus karena kandungan di dalamnya terdapat anti oxidation.


6. Oli Mesin Enduro Matic

Oli ini di produksi oleh pertamina yang diperuntukkan motor matic dan pastinya bagus jika di gunakan oleh motor VARIO 125 kesayangan Anda. Oli jenis ini mampu mengurangi gesekan pada komponen mesin meski di gunakan dalam kecepatan tinggi karena memiliki kandungan zat aditif molybdenum yang mampu mencegah korosi dan oksidasi.


7. Oli Mesin Repsol Matic 10w-30 4T

Oli murah tapi tidak murahan namun bisa membuat daya akselerasi yang baik dan membuat mesin motor jadi lebih awet adalah oli mesin jenis Repsol Matic 10w-30 4T. mempunyai kapasitas 0,8 liter dengan transmisi otomatis sudah di sesuaikan dengan motor VARIO 125 Anda.


8. Oli Mesin Castrol Power 1 Scooter 10w-40

Oli jenis ini memiliki performa premium dan dengan formula khususnya sudah di sesuaikan untuk mesin motor matic modern. Dengan teknologi Castrolnya oli ini mampu melindungi mesin dari suhu tinggi.



 Mungkin cukup sampai di sini saja pembahasan kita kali ini, saya sarankan kepada Anda semua untuk selalu merawat motor kesayangan masing-masing terutama soal perawatan mengganti oli mesin. Di usahakan jangan sampai telat karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan mesin motor Anda.



 






















Posting Komentar untuk "Jangan Bingung! Inilah Oli Bagus Yang Cocok Untuk motor Vario 125 kamu"