Tips Dan Trik Cara Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin Serta Akibatnya

 TIPS DAN TRIK CARA MENGATASI MOTOR INJEKSI KEHABISAN BENSIN SERTA AKIBATNYA






 Di era sekarang ini, seluruh orang pasti memiliki sebuah kendaraan bermotor, terkhusus motor injeksi yang sekarang ini sudah banyak di jual belikan dan semua pabrikan sepeda motor sudah menanam teknologi injeksi ke motor produksinya.


Sepeda motor injeksi adalah salah satu motor yang mengandalkan injektor untuk suplai bahan bakar kendaraan ke mesin. Sepeda motor injeksi memerlukan perawatan yang sedikit berbeda jika di bandingkan dengan sepeda motor karbu.


Teknologi injeksi ini memiliki sebuah kelebihan di mana penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien, karena di lengkapi mesin yang bisa membuat sistem pembakaran jadi lebih optimal dan pastinya irit bahan bakar.


Namun, meski teknologi ini irit bahan bakar, bila Anda sampai lupa untuk mengisi bahan bakar terlalu sering akan membuat motor Anda jadi cepat rusak. Dan jika sampai hal ini terjadi kepada motor Anda, saya sudah siapkan tips dan trik cara mengatasi berikut akibat motor injeksi kehabisan bahan bakar yang bisa terjadi.



TIPS DAN TRIK CARA MENGATASI DAN MENCEGAH MOTOR INJEKSI KEHABISAN BENSIN.

Perlu diketahui bahwasanya untuk menghindari kerusakan yang bisa saja terjadi pada motor injeksi tidak lain adalah ketika Anda lupa untuk mengisi bahan bakar. Cara yang paling mudah untuk dipahami dan bisa jadi patokan adalah dengan melihat indikator bensin. Jika indikator sudah menunjuk setengah atau mendekati huruf E sebaiknya Anda segera isi bahan bakar.


Hindari mengisi bahan bakar ketika indikator sudah menunjuk huruf E hingga motor tidak dapat dinyalakan. Karena jika sampai hal ini terjadi dan secara berulang-ulang akan berdampak buruk untuk kesehatan sistem injeksi motor.


Namun, jika sudah terlanjur motor injeksi Anda kehabisan bensin, cara untuk mengatasinya Anda jangan panik dulu jika BBM habis di tengah jalan. Pertama kalian menepi dan cari SPBU terdekat untuk mengisi bahan bakar. Anda bisa mengisi bahan bakar fuell tank atau satu liter saja tapi, hindari untuk langsung menghidupkan motor setelah di isi.


Sebagai awalan, Anda hanya perlu memutar kunci hingga posisi ON dan tunggu hingga suara FUEL PUMP-nya mati. Selanjutnya putar kunci hingga ke posisi OFF lagi lalu ON kan. Lakukan cara ini sebanyak 5 kali, Karena cara ini bisa membuat FUEL PUMP menghisap bahan bakar terlebih dahulu dan angin palsu yang ada di dalamnya bisa terbuang. Jika Anda sudah melakukan cara tersebut langkah selanjutnya adalah menghidupkan sepeda motor menggunakan KICK STARTER atau bisa juga langsung memencet tombol starternya.



AKIBAT MOTOR INJEKSI KEHABISAN BBM

Perlu diketahui bahwa pompa bahan bakar akan mengalami kerusakan jika sampai kehabisan bahan bakar secara terus menerus karena, motor injeksi sendiri mengumpulkan bahan bakar di topang dari pemompaan dinamo.


Untuk mendukung supaya kinerjanya bisa lebih optimal, tangki bahan bakar [ BBM ] memerlukan pendingin dari bahan bakar itu sendiri. Nah, jika tangki BBM habis atau kurang akan membuatnya tidak lagi memperoleh pendingin dan membuat cara kerjanya jadi seperti di paksakan.


Hal ini akan berakibat kepada kinerja pompa bahan bakar jadi cepat panas, mudah berkarat dan lebih berat sehingga timbul kerusakan. Karena fungsi utama dari pompa bahan bakar adalah mendistribusikan bahan bakar ke mesin. Jika sudah terjadi kerusakan, Anda harus menggantinya dengan yang baru dan pastinya biaya yang di keluarkan cukup mahal.



CARA MERAWAT MOTOR INJEKSI

Saya akan memberikan tips agar motor injeksi Anda lebih awet dan tahan lama adalah dengan cara melakukan perawatan seperti membersihkan sistem injeksinya. Hasil yang memuaskan bisa Anda dapatkan jika membawanya ke tempat servis yang sudah ahli.


Agar performa tetap tangguh, jangan lupa untuk melakukannya secara rutin ya. Tetapi jikalau Anda memang sudah sudah memahami dengan benar sistem injeksi, Anda bisa menanganinya secara langsung tanpa pergi ke tempat servis.


Ketika Anda membersihkan injeksi gunakanlah injektor cleaner agar semua karat dan juga kotoran yang ada di sistem injeksi bisa di basmi. Karena jika karat dan kotoran tidak Anda bersihkan, maka bisa menyebabkan sistem injeksi mengalami berbagai masalah yang cukup serius.























Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Cara Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin Serta Akibatnya"