Kunci Kontak On Tapi Motor Tidak Mau Hidup? Ini Penyebabnya

 KUNCI KONTAK ON TAPI MOTOR TIDAK MAU HIDUP? INI PENYEBAB DAN SOLUSINYA






BENGKEL PENO. Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak di gunakan oleh orang-orang, terkhusus warga Indonesia yang mayoritas menggunakan kendaraan ini untuk bekerja atau harian.


Oleh karena itu ketika kita akan melakukan aktifitas sehari-hari seperti berangkat bekerja menggunakan sepeda motor namun terjadi masalah yang bisa menghambat kita seperti motor tidak mau hidup padahal kunci kontak sudah di ON kan.


Masalah ini tergolong kecil ketika Anda mempunyai kendaraan lain untuk di gunakan namun, bisa menjadi masalah besar bila Anda hanya mempunyai satu kendaraan dan itu satu-satunya yang dimiliki.


Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena saya akan memberikan beberapa ulasan penyebab dan solusi untuk menangani masalah tersebut. Langsung saja Anda simak di bawah ini.



CIRI-CIRI KUNCI KONTAK RUSAK

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan perlu diketahui ciri-cirinya terlebih dahulu guna mempermudah kita untuk untuk eksekusi masalah ini. Di mana dari beberapa ciri-ciri ini bisa saja menjadi slah satu penyebab permasalahan.


1. Lubang Kunci Rusak / Aus

Kondisi seperti ini di tandai dengan posisi kunci kontak kita ON kan namun kunci masih dapat di tarik. Walaupun kecil kemungkinan tetapi lubang kunci yang aus ini juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri kerusakan tersebut.


2. Alur Kunci Terkikis

Ciri-ciri selanjutnya ialah kondisi di mana alur kunci yang sudah terkikis akibat pemakaian dalam kurun waktu yang lama. Hal ini secara tidak sadar membuat sugesti kepada Anda ketika memutar kunci kontak ON namun sebenarnya belum terputar secara penuh.


3. Kunci Pernah Di Bobol

Ciri-ciri yang terakhir adalah kunci kontak yang pernah di rusak atau di bobol yang artinya motor Anda pernah atau bekas di bobol oleh maling dengan cara membobol kunci kontak menggunakan kunci T. Hal ini berakibat kepada kondisi kunci kontak tidak memerlukan kunci lagi.




PENYEBAB KUNCI KONTAK ON TAPI MOTOR TIDAK MAU HIDUP

Jika kondisi kunci kontak Anda sebelumnya masih dalam kondisi baik-baik saja tidak menunjukkan ciri-ciri seperti di atas maka, ada penyebab lainnya yang membuat kunci kontak motor Anda rusak.


1. Busi Aus

Kondisi busi yang sudah aus  atau tidak bagus juga bisa menjadi salah satu penyebab motor tidak mau menyala walaupun posisi kunci kontak sudah ON. Karena busi sudah tidak menghasilkan percikan api untuk melakukan pembakaran. Berikut saya sediakan link pembelian busi motor yang bagus untuk vario 150 esp, beat, scoopy, pcx, beat led, cbr dan lain-lain.


2. Aki Motor Rusak / Soak

Penyebab ke dua karena kondisi aki motor yang sudah rusak atau soak. Hal ini biasanya menyebabkan motor tidak mau menyala ketika Anda menghidupkan sepeda motor menggunakan elektrik starter. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kondisi seperti ini Anda masih bisa menghidupkan sepeda motor menggunakan kick starter. Berikut rekomendasi aki bagus yang mungkin Anda ingin beli:


3. Mesin Motor Bermasalah

Apabila mesin motor sudah bermasalah maka ada banyak komponen yang bisa menyebabkan permasalahan tersebut, termasuk kondisi motor yang tidak mau di hidupkan walaupun posisi kunci kontak sudah di ON kan. Tetapi Anda harus lebih teliti jika hal ini sudah terjadi pada motor Anda karena sudah pasti ada masalah lainnya juga.


4. Masalah Pada Sistem Pembakaran

Penyebab yang terakhir adalah adanya masalah pada sistem pembakaran mesin baik itu sistem bahan bakar karburator atau injeksi, sudah dapat di pastikan bahwa motor tidak akan mau menyala karena suplai bahan bakar terhambat karena adanya masalah pada sistem pembakaran ini.



CARA MENGATASINYA

Cara untuk mengatasi kunci kontak ON tapi motor tidak mau menyala tergolong cukup mudah ketika Anda sudah memahami ciri-ciri dan penyebabnya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.


Pertama kalian lihat kondisi aki motor dan pastikan aki motor dalam kondisi baik, jika Anda starter tidak mau hidup silakan cas aki motor terlebih dahulu. Setelah itu kalian cek pada bagian busi motor, jika kondisinya tidak bagus atau kotor maka coba bersihkan busi atau di ganti saja dengan yang baru.


Apabila motor masih tidak mau hidup atau bukan merupakan sumber dari permasalahan maka, di lanjutkan ke penyebab selanjutnya sampai yang terakhir. Jika Anda sudah melakukan semuanya dan motor masih belum juga sembuh, bawa saja motor ke bengkel terpercaya untuk di servis karena kondisi tersebut sudah terlalu parah dan banyak hal yang perlu di periksa.







 



Posting Komentar untuk "Kunci Kontak On Tapi Motor Tidak Mau Hidup? Ini Penyebabnya"