Jadi Ini Penyebabnya! Radiator Sepeda Motor Sering Bocor Serta Solusi Untuk Mengatasinya

 INILAH PENYEBAB DAN SOLUSI UNTUK MASALAH RADIATOR MOTOR BOCOR







BENGKEL PENO. Halo bro dan sis semua, selamat beraktifitas bagi kalian yang sedang menjalani kesibukan sehari-hari atau yang sedang santuy menikmati kehidupan yang pahit, canda gan :}, dan salam satu nafas.


Ada begitu banyak berbagai kendaraan jenis sepeda motor yang sudah beredar di seluruh dunia, di zaman sekarang sudah begitu banyak kendaraan yang menerapkan WATER COOLING [ RADIATOR ] sebagai sistem pendingin mesin.


Di mana sistem sirip pada mesin sudah hampir atau tidak di gunakan lagi oleh pabrikan. Karena sistem pendingin air atau radiator ini di nilai lebih kompetitif dalam mendinginkan atau menurunkan suhu mesin.


Air radiator di gunakan sebagai pendingin mesin agar motor tidak mengalami overheat. Fungsinya sebagai penjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Senyawa kimia yang terdapat di dalamnya juga berfungsi sebagai proteksi pada bagian sistem pendingin.


Namun, radiator ini juga tidak berbeda dengan komponen lainnya yang pasti dia juga dapat mengalami kerusakan atau permasalahan. Di mana permasalahan tersebut yang paling banyak terjadi dan mungkin Anda juga pernah atau sedang mengalami radiator motor bocor.


Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu kepada Anda tentang penyebab dan solusi untuk memperbaiki radiator yang mengalami kebocoran. Simak ulasannya secara lengkap di bawah ini.



AKIBAT RADIATOR BOCOR

Sebelumnya tahukah Anda jikalau akibat atau efek radiator motor bocor yang paling utama ialah mesin motor dapat overheat atau mengalami panas berlebih. Karena kondisi radiator yang sudah bocor dapat menyebabkan kinerja sistem pendingin tersebut tidak bekerja secara maksimal, sehingga hal ini dapat mengakibatkan panas berlebihan hingga mesin overheat. Selain itu, akibat terburuk lainnya yang bisa timbul ialah mesin jebol.






PENYEBAB RADIATOR BOCOR

Lalu apa saja yang bisa menjadi penyebab radiator motor bocor? Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan kondisi tersebut, langsung saja Anda simak ulasannya di bawah ini.


1. Sil Water Pump Rusak

Penyebab utama radiator motor bocor adalah kerusakan pada area sil water pump. Perlu diketahui bahwa sil tersebut terbuat dari material karet dan ia berada di area yang panas, sudah pasti seiring pemakaian sil tersebut akan rapuh atau rusak karena panas dari air radiator itu sendiri dan juga panas dari suhu mesin.


2. Menggunakan Air Biasa

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh penggunaan air biasa bukan menggunakan COOLANT atau air yang memang diperuntukkan radiator mesin. Air biasa dan COOLANT memang sama-sama berbentuk cairan namun, dari segi material COOLANT terdapat partikel yang dapat membuat kondisi radiator tetap dingin.


3. Mengalami Panas Berlebih

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan panas berlebih. Di mana kondisi ini bisa terjadi akibat penggunaan air radiator yang tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya, oleh karena itu radiator mengalami panas berlebih secara terus menerus dan motor tetap di paksakan untuk berjalan tanpa Anda mengecek kondisinya, maka akibatnya membuat radiator motor menjadi bocor.


4. Terjadi Benturan Keras

Kondisi ini merupakan salah satu penyebab yang paling mudah untuk diketahui, karena setelah radiator mengalami benturan akan langsung terlihat efek dari benturan tersebut yang berupa kebocoran pada radiator.


Benturan yang di maksud berupa batu kecil yang terlontar melalui bagian bawah motor kemudian menghantam area saluran air radiator. Selain itu, bisa juga karena adanya gesekan dengan benda lain yang sangat keras sehingga membuat radiator menjadi bocor dan air COOLANT tumpah keluar.


5. Kurangnya Perawatan Khusus Radiator

Tidak bisa di pungkiri kebanyakan orang tanpa ia sadari sendiri cuma hanya melakukan servis berkala semata dan di anggap sudah selesai. Padahal, motor yang sudah mengusung sistem pendingin radiator perlu melakukan pengecekan mandiri setiap waktu seperti menjaga dan merawat kondisi area radiator.


Saya sarankan setidaknya seminggu sekali sebaiknya Anda melakukan pengecekan dengan melihat apakah ada kebocoran atau indikasi kebocoran. Mengingat posisi komponen radiator berada di area luar bawah motor dan dekat dengan roda di mana banyak indikasi benturan yang akan terjadi bisa menyebabkan kerusakan pada komponen radiator.


Jadi sudah sangat jelas dan pasti bahwa perawatan mandiri tetap menjadi langkah penting selain melakukan servis rutin di bengkel resmi. setidaknya sebagai tindakan pertama untuk meminimalisir kerusakan atau kebocoran yang terjadi.


6. Adanya partikel Kotoran

Air radiator yang kotor juga bisa menjadi penyebab masalah ini, karena kita tidak tahu pasti kotoran apa yang terdapat di dalam radiator. Di sisi lain, faktor yang memicu terjadinya masalah pada radiator bisa jadi karena adanya partikel kecil berupa kotoran yang bisa saja memiliki permukaan atau sudut tajam.


Sehingga dapat memicu timbulnya lubang kecil tak kasat mata yang membuat cairan COOLANT mengalir keluar. Walaupun penyebab seperti ini jarang terjadi namun, ada juga yang pernah mengalaminya. 



SOLUSI MENGATASI RADIATOR MOTOR BOCOR

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi radiator motor bocor, Cara yang akan kita sajikan di ambil dari beberapa sumber yang sudah pernah mengalami masalah tersebut. Simak ulasannya di bawah ini.


1. Lem Besi

Solusi untuk mengatasi radiator motor bocor yang pertama adalah menggunakan lem besi, Anda bisa menggunakan lem besi ini dengan satu catatan yaitu Anda harus mengetahui tepat titik kebocoran. Caranya cukup gampang dan mudah, pertama cari titik kebocoran setelah itu oleskan saja lem ini secara merata pada permukaan yang bocor.


2. Cairan Kimia

Solusi ke dua bisa menggunakan cairan kimia seperti STP radiator sealer dan Tunap micrologic permium 142. Bisa di bilang cara inilah yang paling mudah untuk dilakukan karena, Anda hanya cukup mencampurkan cairan kimia dengan COOLANT. Maka secara otomatis cairan kimia ini akan menutupi kebocoran pada radiator.


3. Las Radiator

Solusi yang terakhir adalah dengan cara mengelas radiator. Jika Anda tidak mempunyai alat las sendiri maka cara ini harus di lakukan di bengkel las. Perlu diketahui biaya las ini cukup bervariasi tergantung dengan tingkat kebocoran yang terjadi pada radiator.



Itu saja ulasan yang dapat saya berikan kepada Anda dari beberapa faktor penyebab dan solusi untuk mengatasi radiator motor bocor. Di mana akses dari pada air radiator dalam mendinginkan mesin biasanya lebih rentan terhadap kebocoran. Dengan kata lain, jalan cairan tersebutlah yang menjadi sumber masalah utama karena lebih berpotensi mengalami kebocoran.


Maka dari itu, perlu kesadaran dan perhatian tinggi untuk selalu merawat kondisi kesehatan radiator guna menghindari kerusakan yang dapat terjadi dan dapat di gunakan dalam jangka waktu yang lama atau awet.  


  



















Posting Komentar untuk "Jadi Ini Penyebabnya! Radiator Sepeda Motor Sering Bocor Serta Solusi Untuk Mengatasinya"