Haruskah kita Memanaskan Sepeda Motor Sebelum Berkendara? Hal Sepele Yang Di Abaikan

 HARUSKAH MEMANASKAN SEPEDA MOTOR ANDA SEBELUM BERKENDARA?






BENGKEL PENO. Halo bro dan sis semua, selamat beraktifitas bagi kalian yang sedang menjalani kesibukan sehari-hari atau yang sedang santuy menikmati kehidupan yang pahit, canda gan :}, dan salam satu nafas.


Sepeda motor modern tidak hanya di lengkapi dengan injeksi bahan bakar elektronik, tetapi juga dengan pompa oli dan sistem pendingin yang canggih. Anda mungkin berpikir bahwa pompa oli memerlukan waktu beberapa detik untuk mensirkulasikan oli secara merata di sekitar mesin.


Namun, beberapa laporan yang di terbitkan oleh beberapa perusahaan paling terkemuka 
di industri mengungkapkan bahwa mesin Anda dapat di lumasi sepenuhnya dalam beberapa detik setelah di nyalakan.


Oleh karena itu, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus Anda lakukan untuk memastikan sepeda motor Anda benar-benar siap untuk di kendarai.




MENGAPA HARUS MEMANASKAN SEPEDA MOTOR SEBELUM BERKENDARA.

 Diketahui bahwa mobil dan sepeda motor sangat mirip dalam cara Anda memanaskannya, tetapi banyak orang tidak mengetahui cara untuk melakukannya dengan benar. Bagaimana Anda melihatnya yang di lakukan oleh kebanyakan orang di masa lalu? Apakah Anda baru saja menundukkan sepeda motor di atas kick stand, menyalakannya dan membiarkannya hidup hingga RPM terdengar lebih terkontrol? atau sudahkah Anda memulainya dan menekan throttle sehingga semua yang ada di dalamnya bergerak.


Jangan malu jika hal ini yang Anda lakukan untuk memanaskan sepeda motor Anda. Pemanasan sepeda motor yang salah lebih umum dari pada yang Anda kira?


Sebelum kita melihat prosedur yang tepat untuk memanaskan sepeda motor, mari kita mulai dengan mengapa Anda harus memanaskan sepeda motor Anda terlebih dahulu sebelum di bawa berkendara.


Seperti yang sudah Anda ketahui, di dalam sebuah mesin terdapat banyak bagian komponen mesin yang bergerak dan menghasilkan panas. Sebagian besar panas tersebut di hasilkan oleh gesekan, tetapi banyak panas yang hilang oleh oli dan cairan pendingin.


Sepeda motor seperti halnya mobil, di rancang untuk bergerak dan melaju. Pada saat sepeda motor bergerak, ada udara yang mengalir ke samping, atas, dan ke sekitar mesin atau melalui radiator. Saat udara bergerak. ia berfungsi untuk mendinginkan mesin dan mencegah panas yang tidak perlu duduk terlalu lama pada komponen tertentu.


Nah, pada saat motor tidak bergerak, Anda tidak akan memiliki daya pendinginan yang cukup untuk menjaga suhu kerja mesin tetap baik. Prinsip yang sama juga harus di terapkan pada oli mesin, oli di dalam mesin tidak mengalir secara penuh sampai sepeda motor melaju di jalan raya.


Memanaskan sepeda motor Anda sebelum mengendarainya berarti Anda akan membuat oli mesin beroperasi pada suhu optimalnya, yang berarti sepeda motor akan dapat mendinginkan dirinya sendiri secara alami jauh lebih mudah saat sedang bergerak. Mengendarai tanpa melakukan pemanasan dengan benar bisa berarti kegagalan suku cadang dini pada berbagai komponen mesin.


Menghangatkan sepeda motor Anda tidak hanya berarti menyalakannya saja, yang arti sebenarnya adalah memastikan bahwa mesin sepeda motor Anda telah di panaskan secara merata seperti yang di rancang agar dapat berfungsi dengan baik selama berkendara.




CARA MEMANASKAN SEPEDA MOTOR YANG BENAR

 Seperti yang sudah saya sebutkan, kita tidak boleh membiarkan sepeda motor kita diam terlalu lama, dan juga tidak boleh mematikan mesin begitu saja. Untuk melakukannya dengan benar, saya akan mempertimbangkan tiga langkah sederhana yang mudah di ingat.

  1. Kita nyalakan sepeda motor dengan tegak dan diamkan [bukan di atas penyangga]. Ingatlah kita tidak akan membiarkanya begitu saja di sini, jadi jangan pergi untuk melakukan hal lain.
  2. Memastikan bahwa sepeda motor Anda dapat mengenali dan merespons input throttle. Kadang -kadang jika kita mulai memutar throttle motor tidak mau merespons dengan mulus. Jika ini masalahnya tunggu saja sebentar, yang kita cari adalah pada saat menarik tuas gas [sangat singkat dan hanya sekitar 2 atau 3 ribu RPM], motor merespons dengan baik dan tidak mati.
  3. Setelah throttle sepeda motor merespons dengan baik, lanjutkan dengan meletakkan kaki Anda di atas pijakan dan bawa ke jalan raya. Ketika sudah berada di jalan raya, berikan waktu pada motor Anda untuk melakukan pemanasan sebelum Anda berakselerasi dengan keras. Pertahankan RPM rendah, dan pelan-pelan pada throttole saat Anda melaju. Stelah Sepeda motor Anda bawa beberapa kilo meter, Anda akan mulai merasa bahwa sepeda motor Anda sudah siap untuk di kendarai seperti biasa.

Salah satu tips yang saya miliki adalah jika Anda tinggal di lingkungan sekitar, mungkin sedikit luangkan waktu hanya untuk berkeliling sebentar sebelum Anda bawa keluar ke jalan raya dengan kecepatan tinggi. Waktu yang perlukan untuk menjelajahi lingkungan dengan ringan adalah semua yang Anda perlukan untuk menghangatkan sepeda motor Anda.




APA YANG AKAN TERJADI JIKA ANDA TIDAK MEMANASKAN SEPEDA MOTOR?

 Tahukah Anda jika memanaskan sepeda motor dengan cara yang salah dapat mencegah cairan penting bersirkulasi dengan baik di sekitar mesin. Terkhusus oli mesin yang perlu di hangatkan dan di alirkan ke seluruh komponen mesin.


Pada saat sepeda motor di biarkan berdiri, oli tidak dapat mengalir dengan benar di sekitar mesin dan silinder. Tentunya hal ini dapat menyebabkan pembentukan panas yang berlebih dan panas ini dapat menyebabkan beberapa komponen di dalam mesin menjadi aus dan rusak.


Tetapi apa yang akan terjadi jika Anda hanya menyalakan motor dan memastikan standar dua sudah terpasang lalu sepeda motor berada dalam posisi tegak? sekali lagi, hal ini tidak cukup untuk membuat oli berhasil mengalir ke seluruh bagian komponen mesin.



Pada saat oli mesin memanas, oli menjadi lebih tipis dan lebih mampu melapisi bagian dalam mesin. Jadi, saat Anda mematikan mesin pada saat kondisi oli sepeda motor masih dingin, akan sangat berisiko merusak bagian dalam silinder mesin sepenuhnya.


Melakukan pemanasan sepeda motor dengan cara yang tidak benar atau bahkan tidak melakukan pemanasan sama sekali dapat menimbulkan efek yang kurang baik untuk kesehatan mesin Anda. Salah melakukan pemanasan sekali atau dua kali tidak akan ber efek sama sekali, tetapi jika salah melakukannya secara terus menerus dapat menyebabkan mesin motor mati lebih awal dari sebelumnya.

























      

Posting Komentar untuk "Haruskah kita Memanaskan Sepeda Motor Sebelum Berkendara? Hal Sepele Yang Di Abaikan"