WAJIB TAHU! Inilah Penyebab Motor Honda Vario 125 Tidak Bisa Di Starter Dan Di Engkol

 INILAH PENYEBAB MOTOR HONDA VARIO 125 TIDAK BISA DI STARTER DAN DI ENGKOL





BENGKEL PENO. Halo bro dan sis semua, selamat beraktifitas bagi kalian yang sedang menjalani kesibukan sehari-hari atau yang sedang santuy menikmati kehidupan yang pahit, canda gan :}, dan salam satu nafas. 


Akhir akhir ini banyak sekali pemilik motor vario 125 tidak dapat distarter serta di engkol, terus bagaimana  sih cara mengatasi permasalahan ini dengan gampang? Dan apa saja penyebabnya? ikuti ulasannya secara lengkap di bawah ini.


Sistem starter yang terdapat pada kendaraan spesialnya kendaraan berperan ataupun tugasnya memutar poros engkol supaya merangsang pembakaran awal pada mesin kendaraan. Starter sendiri tercantum dalam kelistrikan pada kendaraan motor, ialah suatu rangkaian elektrik serta aki dapat saja mempengaruhi terhadap starter ini.




TIPS STARTER MOTOR HONDA VARIO

Pada sepeda motor matic Honda Vario 125, 150, Beat ESP, serta Scoopy ESP memiliki sistem elektrik yang nyaris sama ialah ACG Starter. Part Starter Electric semacam Gear starter, Dynamo serta Bendik Starter yang telah rusak dapat jadi permasalahan starting buat tipe motor apa pun, aki yang menggambarkan komponen penyimpanan arus listrik tugasnya hendak menyuplai kebutuhan listrik sewaktu proses starting pada motor.


Namun, hambatan motor yang sulit hidup tidak hanya disebabkan oleh area sistem starternya saja yang membuat motor tersebut tidak dapat dihidupkan dengan starter elektrik serta kick starter. Bila saat di starter tidak mau menyala, coba Kalian engkol memakai kick starter serta rasakan apakah dikala di engkol terasa ringan ataupun berat.


Dikala kondisi tersebut terjalin, umumnya owner kendaraan langsung menduga perihal tersebut terjalin sebab terdapatnya kasus pada komponen aki. Indikasi kondisi tersebut kala pagi hari dikala hendak memanaskan kendaraan, sehabis kontak ON serta panel instrumen menyala kemudian starter tidak berperan.


Komponen tersebut berperan selaku pemutus arus elektrik starter serta hendak membuat mesin tidak dapat distarter bila masih aktif. Dikala saklar standar samping ataupun switch rem bermasalah, cirinya merupakan elektrik starter tidak reaksi sama sekali.


Sebelum kita masuk lebih dalam ke inti pembahasan, alangkah lebih baik jika Anda melakukan pengecekan  atau  bisa di bilang sebagai langkah awalnya terlebih dahulu.



Cara Pengecekannya


  • Apakah dikala Anda putar kunci di ON terdapat tanda kedipan di panel speedometer? Jika terdapat, maka terdapat gejala yang butuh dilirik pada sistem injeksi sepeda motor Anda, tetapi kalau tidak terdapat gejala kedipan ini, berarti koneksi sistem injeksi masih baik- baik saja.
  •  Apakah pada dikala Anda putar kunci kontak ON terdapat bunyi berdenging di dasar tangki? Bunyi ini wajib ada sebab, hal ini  menandakan bahwa pompa bahan bakar bekerja dengan baik. Tetapi bila tidak terdapat bunyi denging dalam 3 detik bisa di katakan terdapat problem di komponen bagian fuel pump. Sudah pasti Anda wajib membawanya ke ahlinya yaitu di bengkel terpercaya Anda.
  • Bila bunyi denging terdengar tetapi senantiasa tidak dapat di starter, coba dicek apakah keadaan busi bagus? Terdapat api ataupun tidak? Sepatutnya dalam keadaan wajar terdapat api busi. Kalau tidak terdapat api berarti ECU terdapat problem serta wajib di lalukan memeriksakan ke ( AHASS) atau ke bengkel terpercaya.
  • Jika Anda coba engkol memakai kick stater dan terasa berat? Ataupun ringan sekali? Sepatutnya terasa agak berat, karena hal ini menunjukkan pada mesin masih terdapat kompresi, serta jikalau di engkol terasa ringan sekali berarti kompresi bocor, oleh karena itu sepeda motor pasti tidak akan mau menyala.


PENYEBAB MOTOR VARIO 125 TIDAK DAPAT DISTARTER SERTA DI ENGKOL


Terdapat sebagian aspek lain yang mempengaruhi proses penghidupan mesin. Berikut ini ada berbagai penyebab motor sulit hidup di kala memakai kick starter serta starter dan cara untuk mengatasinya:


1. Tegangan Aki Lemah


Permasalahan ini dapat terus terjalin buat tipe motor apa saja. Pada umumnya fungsi Aki ialah untuk penyimpanan arus listrik, tugasnya hanya menyuplai kebutuhan arus listrik sewaktu proses starting motor.


Umumnya, baterai sepeda motor memiliki tegangan wajar sebesar 11- 12 volt. Apabila tegangan kurang dari 12 volt, maka aki tersebut mengalami low battery atau pun malah soak. Di Kala tegangan baterai lemah akan berakibat pada putaran starter yang lebih melambat.


Sebaliknya supaya bisa terjalin pembakaran, proses engkol wajib bisa berbalik berkisar 450 RPM. Apabila kurang dari itu, maka dengan di engkol tadi tidak cukup untuk menghidupkan mesin sepeda motor Anda.


Peristiwa aki yang lemah ini akan berakibat ke pada sistem kelistrikan lainnya, seperti redupnya pencahayaan lampu depan dan lampu rem belakang, sein, dan suara klakson lirih atau pun tidak mau berbunyi sama sekali.


Bila Anda mengalami peristiwa seperti di atas dan ketika sepeda motor Anda sudah bisa di hidupkan menggunakan kick starter, maka Anda harus membiarkan mesin tetap menyala terlebih dahulu hingga beberapa menit supaya Aki terjalin proses pengisian. Perihal lain yang wajib dicermati ialah komponen kiprok. Kiprok bertugas selaku regulator alternator/ pengisian energi baterai. Bila komponen tersebut rusak, maka akan menyebabkan tegangan baterai jadi drop karena tidak ada pengisian daya.



2. Terdapat Korsleting di Sistem Starting


Short circuit/ ikatan pendek arus listrik ialah penyebab utama kehancuran pada starter. Perihal ini umumnya terjalin di halte 30 starter yang posisinya bersebelahan pada logam mesin yang menghubungkan massa aki.

Buat mengenali terbentuknya perihal tersebut ataupun tidak, biasanya terdapat sisa ke bakar atau gelap di zona tersebut. Motor starter juga cenderung mati langsung sebab fase atau sekring starter terputus.

Pemecahan buat mengatasinya ialah wajib menciptakan zona yang lagi korsleting. Triknya tinggal buka dan bersihkan dari kerak atau sisa ke bakar tersebut, kemudian pasang kembali pada posisi yang tidak bersebelahan. Anda pula dapat meningkatkan penyekat guna menghindari kerusakan korsleting ini tidak terjalin lagi.



3. Tahanan Kabel Busi Melonjak


Kabel busi ialah kabel yang mempunyai dimensi besar yang jadi penghubung couill ke cop busi. Guna kabel busi ini menyalurkan listrik ber-tegangan besar dari couill, sehingga tahanan kabelnya mempengaruhi tegangan akhir yang hendak masuk ke busi. 


Di kala tahanan atau hambatan kabel busi ini melonjak, listrik yang masuk ke dalam busi menjadi kecil, sehingga percikan bunga api yang akan di hasilkan akan sangat kecil bahkan bisa saja tidak ada percikan. Cara memperbaikinya dengan mengukur tahanan busi mengenakan pengukur ohm. Apabila angka tahanan lebih dari 25 ohm, berarti Anda butuh mengubahnya.



4. Bensin Tidak Turun


Buat motor yang masih memakai karburator pada sistem bahan bakar konvensional berarti tidak berlaku buat Honda Vario 125 sebab Honda Vario 125 telah memakai sistem injeksi.


Bahan bakar yang mengalir dari tangki mengarah ke karburator yang menggunakan perbandingan ketinggian. Posisi tangki yang lebih besar hendak mendesak bensin mengalir masuk pada karburator dengan sendirinya.


Namun, dikala motor didiamkan hingga beberapa hari, seringnya mencuat permasalahan di mana hawa terjebak pada selang bensin. Perihal itu jadi penyebab tidak terdapat poma yang mendorong bahan bakar tersebut, sehingga hawa yang terbentuk tadi hendak membatasi bensin turun ke dalam karburator, akibatnya mesin akan susah untuk dihidupkan.


Cara menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan cara Anda tinggal melepas selang radiator yang menghubungkan input karburator tersebut. Biasanya mengenakan klem kawat. Setelah terlepas, tunggu hingga bensin mengalir seperti biasa. Setelah itu pasang lagi selang tersebut serta cobalah untuk menyalakan sepeda motor.




Posting Komentar untuk "WAJIB TAHU! Inilah Penyebab Motor Honda Vario 125 Tidak Bisa Di Starter Dan Di Engkol"