Tips Dan Trik Cara Membuat SHOCK BREAKER Depan Lembut Dan Empuk Seperti Baru

 CARA MEMBUAT SHOCK BREAKER DEPAN LEMBUT DAN EMPUK SEPERTI BARU




BENGKEL PENO. Halo sobat, berbicara mengenai SHOCKBREAKER depan yang merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang berfungsi untuk meredam getaran saat kita melintasi jalan rusak atau berlubang.


Jika komponen ini rusak atau tidak berfungsi secara maksimal, kita sebagai pengendara pasti merasa kurang nyaman saat berkendara terutama ketika melintasi jalan yang rusak, sudah di pastikan kita akan mengalami sakit pinggang setelahnya.


Oleh sebab itu, saya akan membongkar sebuah trik di mana kita akan memperbaiki SHOCKBREAKER depan yang sudah rusak menjadi lembut dan empuk seperti baru lagi.


Ada beberapa kasus di mana kerusakan pada SHOCKBREAKER ini terjadi karena sil SHOCK bocor sehingga oli yang ada di dalam tabung habis, part sudah aus dan terdapat karat. Langsung saja kita masuk ke dalam inti dari pembahasan kita di bawah ini.



ANALISA KERUSAKAN YANG MUNGKIN TERJADI

Perlu diketahui bahwa kerusakan pada SHOCKBREAKER tidak hanya terjadi karena kondisi part yang sudah aus atau rusak, tetapi bisa saja kerusakan ini akibat kelalaian kita sendiri ketika sedang memperbaikinya yaitu:

  1. Rumah pada tabung sil SHOCKBREAKER tergores karena kesalahan kita di saat melepas sil SHOCK sehingga, setelah kita selesai mengganti sil justru hasilnya malah SHOCKBREAKER menjadi lebih kaku dan keras.
  2. Dan ada juga kerusakan bawaan SHOCKBREAKER di mana terdapat karat di dalam tabung karena kemasukan air, kondisi seperti ini jangankan untuk bergerak lembut, untuk melepas as dari tabung kita perlu memukulnya dengan keras.

ke dua analisa kerusakan di atas merupakan kerusakan yang sangat vital ketika kita tidak melakukan perbaikan dengan baik dan benar. Karena jika kita sampai melakukan kesalahan pada saat memperbaiki ke dua kerusakan tersebut, maka hasil yang di dapat akan tetap sama yaitu SHOCKBREAKER tetap terasa kaku dan keras tidak menjadi lebih empuk seperti yang di harapkan.



TIPS DAN TRIK MEMPERBAIKI SHOCK BREAKER

Lalu tips dan trik untuk memperbaiki ke dua analisa kerusakan tersebut bagaimana? Bisa kalian simak caranya dengan baik dan benar di bawah ini...


1. Memperbaiki Kerusakan Pada Rumah Sil SHOCK BREAKER

Perlu kalian perhatikan untuk memperbaiki kerusakan pada rumah sil SHOCKBREAKER terbilang cukup sangat mudah, simak langkah memperbaiki dan pemasangannya berikut ini.
  • Langkah pertama kalian bersihkan terlebih dahulu rumah sil SHOCKBREAKER hingga bersih.
  • Siap kan amplas kasar dan halus.
  • Amplas rumah sil SHOCKBREAKER sampai goresan yang terdapat pada rumah sil SHOCK hilang.
  • Ketikan kondisi rumah sil SHOCKBREAKER sudah benar-benar bersih, kalian lumasi oli terlebih dahulu dinding tabung dan pasang sil SHOCKBREAKER.
  • Perlu di perhatikan pada saat memasang sil kalian gunakan alat bantu berupa laker roda atau pipa yang terpenting bisa di gunakan untuk memasukkan sil, tidak merusak battem dan tidak membuat sil SHOCK penyok.


Tips:

Kerusakan yang terdapat pada rumah sil SHOCKBREAKER ini berupa goresan kasar akibat kesalahan kita pada saat melepas sil SHOCK. Sehingga kalian harus hati-hati untuk melepas sil SHOCKBREAKER ini, usahakan pada saat melepas sil jangan di congkel menggunakan obeng seperti gambar di bawah ini.



Tetapi akan lebih baik menggunakan kunci khusus, jika tidak ada bisa menggunakan jugil ban dan pipa seperti gambar di bawah ini.


Caranya kalian letakkan jugil ban di tengah lingkaran sil jangan sampai menyentuh dinding battem dan ungkit keluar dengan bantuan pipa seperti gambar di atas secara perlahan.



2. Memperbaiki Tabung SHOCK BREAKER Yang Sudah Berkarat

Kondisi SHOCKBREAKER yang sudah berkarat di akibatkan oleh air yang masuk ke dalam tabung ini bisa membuat pergerakan as SHOCK menjadi macet atau keras.


Untuk memperbaiki kerusakan ini terbilang cukup mudah dan simpel jika kalian bisa memahami cara-caranya berikut ini.
  • Langkah awal kalian lepas as dari tabung SHOCKBREAKER
  • Siapkan alat-alat yang akan kita gunakan untuk membersihkan dinding tabung seperti amplas halus, pipa, dan bor.
  • Buat alat dengan menggunakan ke tiga bahan di atas seperti gambar di bawah ini.         






  • Jika sudah selesai di buat, langkah selanjutnya kalian bersihkan dinding tabung menggunakan alat yang kalian buat tadi.
  • Caranya masukkan alat tersebut ke dalam tabung lalu putar perlahan pipa menggunakan bor sambil di siram menggunakan bensin secara merata dari atas sampai bawah dalam tabung.
  • Setelah di rasa dinding tabung sudah bersih tidak ada lagi karat di dalamnya, kalian tes dengan cara memasukkan as SHOCK lalu tarik ke atas dan ke bawah, jika masih terasa seret amplas kembali dinding tabung namun, jika sudah terasa licin berarti cara tersebut sudah berhasil kalian lakukan.
  • Langkah terakhir rakit kembali SHOCKBREAKER dan pasang di sepeda motor lalu rasakan perubahannya.

Itu tadi sedikit ulasan tentang tips dan trik cara membuat SHOCKBREAKER depan menjadi lembut dan empuk kembali seperti baru. Mudah-mudahan cara yang saya sampaikan ini bisa kalian fahami dan semoga bermanfaat.












Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Cara Membuat SHOCK BREAKER Depan Lembut Dan Empuk Seperti Baru"