100%WORK! Cara Simpel Memperbaiki Shock Belakang Bocor Atau Keras Tanpa Las Dan Gerinda

 CARA SIMPEL MEMPERBAIKI SHOCK BREAKER BELAKANG BOCOR ATAU KERAS TANPA DI LAS DAN GERINDA



BENGKEL PENO. Halo sobat, berbicara mengenai suspensi pada kendaraan sepeda motor khususnya SHOCK BREAKER belakang yang bisa di kategorikan sebagai salah satu komponen pendukung yang sangat penting guna meredam guncangan saat kita melintasi jalan berlubang dan rusak.


Nah, apabila kondisi SHOCK BREAKER belakang kalian sudah menunjukkan tanda-tanda seperti bocor atau keras serasa jedag-jedug saat berkendara, hal ini menandakan bahwa SHOCK BREAKER motor kalian sudah rusak.


Apakah SHOCK BREAKER belakang kalian mengalami hal ini? tenang, kami mempunyai solusi untuk memperbaiki SHOCK BREAKER belakang tanpa las dan gerinda. Cara ini dapat di lakukan dengan cepat, aman, mudah, dan simpel. Dan yang paling penting kalian tidak perlu membeli SHOCK BREAKER baru lagi.


Silakan kalian simak cara memperbaiki SHOCK BREAKER belakang dengan baik dan benar di bawah ini.



CARA MEMPERBAIKI SHOCK BREAKER BELAKANG


1. Pertama siapkan kunci dan alat yang akan kalian butuhkan terlebih dahulu supaya memudahkan pada saat melakukan pembongkaran. Lalu apa saja kunci dan alat yang kita perlukan? Silakan simak di bawah ini.
  • Obeng min 
  • kunci pas 10
  • kunci pas 17
  • kunci inggris
  • Palu
  • Tang
  • Isolasi
  • Gergaji besi
  • Mesin Bor
  • Mata bor nomor 3
  • Sped atau jarum suntik
  • jari-jari velg motor
  • Bos rumah roler
  • Tali


2. Langkah awal pembongkaran kalian buka baut as SHOCK yang terdapat pada bagian bawah dengan cara di congkel menggunakan dua obeng min, karena letak dari baut as tersebut tepat berada di dalam pegas dan dudukan SHOCK BREAKER.



3. Setelah kalian congkel dan baut di dalamnya sudah terlihat, masukkan kunci pas nomor 10 dan 17.



4. Jika kunci sudah terpasang langkah selanjutnya kalian buka dudukan SHOCK BREAKER menggunakan kunci inggris, jika tidak punya kunci inggris bisa menggunakan obeng, besi atau apa saja yang penting bisa di gunakan untuk membuka dudukan SHOCK BREAKER.


Caranya membukanya cukup mudah, pertama posisikan kunci 10 dan 17 yang sudah terpasang tadi di lantai. Jadi pada saat kalian memutar dudukan SHOCK BREAKER kunci 10 dan 17 tersebut menahan pergerakan baut yang ada di dalam sehingga dudukan tersebut bisa dengan mudah kita lepas.


5. Apabila dudukan SHOCK BREAKER sudah terbuka kalian lanjutkan dengan melepas kunci pas 10, 17 dan per / pegas.


6. Langkah selanjutnya kalian lepas mur atau baut 17, karet stoper, dan selongsong tabung SHOCK BREAKER.


Untuk melepas tiga komponen tersebut kalian hanya perlu melepas baut 17 saja. Namun perlu diketahui bahwa untuk melepas baut 17 ini tergolong sangat susah terlebih kita harus menjaga as pada tabung SHOCK BREAKER tidak lecet.


Tetapi kalian tidak perlu khawatir karena saya akan memberikan sebuah trik untuk mengakali hal tersebut.


Caranya kalian bersihkan terlebih dahulu as nya hingga bersih, setelah itu kalian rekatkan isolasi pada as di dekat baut 17 tersebut. Setelah itu kalian pukul baut 17 tersebut menggunakan palu sebanyak 5 sampai 7 kali.



Jika sudah kalian pukul, selanjutnya kalian jepit as yang ada isolasi menggunakan tang dan lepas baut menggunakan kunci 17 pas.



Trik yang simpel ini bisa mematahkan kata-kata yang susah menjadi mudah dan tentunya kita tidak lagi memerlukan tang buaya. Setelah baut 17 sudah terlepas dari as kalian lanjutkan dengan melepas isolasi, karet stoper, dan selongsong.


7. Bersihkan semua komponen SHOCK BREAKER yang sudah terlepas menggunakan bensin hingga bersih untuk menghilangkan noda oli yang menempel hingga bersih supaya tidak licin saat kita akan melakukan proses perbaikan.


8. Langkah selanjutnya kita akan melepas sil ada pada tabung dan melakukan pengeboran pada bagian dalam tabung dengan cara di gergaji pada bagian pengait sil SHOCK.


Untuk pengerjaannya kalian buat delapan garis menggunakan gergaji besi tanpa harus mengenai ring.

gambar setelah di gergaji

Lalu ungkit ke atas pengait sil tersebut menggunakan obeng min.




Jika pengait sil SHOCK tersebut sudah terbuka semua, kalian congkel ringnya sampai terlepas dan di lanjutkan dengan merapikan pengait sil menggunakan bos rumah roller dengan cara di pukul menggunakan palu, Supaya mempermudah kita untuk melepas sil SHOCK BREAKER.




9. Lepas sil tabung SHOCK BREAKER menggunakan obeng min dan di lanjutkan dengan membuat lubang pada bagian belakan sil tadi dengan menggunakan bor nomor tiga.




10. Masukkan oli pada tabung lewat lubang yang sudah kita buat tadi menggunakan sped atau jarum suntik yang sudah tidak ada jarumnya. Dan untuk olinya sendiri tidak harus menggunakan oli SHOCK BREAKER khusus kalian juga bisa menggunakan oli mesin.


Kalian masukkan oli ke dalam tabung dengan kapasitas 35cc sampai 40cc tergantung SHOCK BREAKER yang kalian gunakan.


11. Tutup lubang bekas memasukkan oli tadi menggunakan jari-jari bekas veleg motor dan kebetulan diameter lubang dengan jari-jari sangat presisi jadi tidak perlu khawatir lepas atau bocor.



Caranya kalian potong jari-jari veleg sepanjang 1cm lalu masukkan ke lubang dengan cara di ketok menggunakan palu dan pipa besi, as roda atau apa saja yang penting bisa di gunakan hingga jari-jari tersebut masuk sampai rapat.


12. Pasang sil SHOCK BREAKER dengan yang baru dengan nomor 10-21-7,5. Cara memasang sil yang benar supaya mudah saat pemasangan dan tidak melukai sil yang baru adalah dengan mengisolasi pada bagian ulir as SHOCK BREAKER. Setelah sil di masukkan kalian rapatkan lagi dengan cara di pukul menggunakan bos rumah roler sampai mentok.


13. Jika sil sudah terpasang, kalian pasang ring dan bentuk kembali pengait sil sepeti semula dengan cara di pukul ke dalam sampai rata dan serapi mungkin.




14. Selanjutnya langkah terakhir atau finishing kalian tinggal rakit kembali komponen SHOCK BREAKER seperti semula.





Posting Komentar untuk "100%WORK! Cara Simpel Memperbaiki Shock Belakang Bocor Atau Keras Tanpa Las Dan Gerinda"