Wajib tahu! Tanda -Tanda Oli Mesin Motor Harus Segera Di Ganti

 TANDA-TANDA OLI MESIN MOTOR HARUS SEGERA DI GANTI





BENGKEL PENO. Halo sobat, berbicara soal oli mesin motor yang pastinya setiap kendaraan sepeda motor memilikinya karena oli mesin ini memiliki peran penting untuk melumasi komponen mesin.


Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya kepada kalian tentang bagaimana sih tanda-tanda oli mesin itu harus segera di ganti, dan mungkin dari sebagian orang tidak banyak yang tahu atau belum mengetahui cara dan kapan waktunya mengganti oli sepeda motor. Namun sebelum kita masuk ke dalam inti pembahasan simak terlebih dahulu poin-poin penting di bawah ini.



AKIBAT TELAT GANTI OLI

Jika kamu sampai telat mengganti oli, hal ini akan menyebabkan overheating atau panas berlebih pada mesin motor kalian. Sekali lagi, jika di biarkan terlalu lama hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada sektor mesin.


Apabila kalian sampai telat atau jarang mengganti oli mesin, ada sejumlah bahaya yang mengintai kesehatan mesin motor kalian yaitu:
  1. Munculnya suara dan getaran yang tidak nyaman
  2. Penurunan kinerja mesin
  3. Overheating
  4. Boros bahan bakar
  5. Motor tiba-tiba mati
  6. Ketahanan mesin berkurang
  7. Turun mesin



FUNGSI OLI MESIN

Fungsi utama oli mesin adalah memberikan pelumasan pada setiap komponen yang ada di dalam mesin yang membutuhkan pelumas. Keberadaan oli itulah yang bertugas mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang seperti piston dan dinding silinder.


Bukan sekedar pelumas biasa, oli juga berfungsi untuk mencegah kebocoran di dalam ruang bakar, mendinginkan mesin, pengendali kontamina, dan mencegah karat.


Jadi dapat di pastikan oli mesin memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kondisi dan performa mesin supaya tetap bekerja secara optimal. Oleh karena itu setiap pemilik kendaraan wajib melakukan pergantian oli secara berkala supaya mesin motor kalian awet dan tahan lama.


TANDA OLI MESIN HARUS SEGERA DI GANTI

Seiring masa pemakaian sepeda motor, oli akan menjadi kotor dan kehilangan sifat kimianya kualitas oli pun dapat berubah baik secara fisik maupun kemampuan oli dalam melumasi komponen mesin. Jika tidak ada pelumas mesin tidak akan bertahan lama dan komponennya pun lebih cepat aus, hingga motor pun rusak. Berikut ini tanda-tanda oli motor harus segera di ganti, yang sepatutnya di ketahui oleh pengguna roda dua.


1. Jarak Tempuh > 5000 KM

Perlu kalian ketahui bahwa salah satu tanda oli motor sudah harus di ganti yang paling mudah di lihat adalah jarak tempuh atau kilo meter sepeda motor.


Dengan melihat jarak tempuh yang tertera pada sepido meter bisa di jadikan patokan untuk mengetahui oli motor sudah seharusnya di ganti. Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa oli sepeda motor sudah harus di ganti setelah jarak tempuhnya sudah lebih dari 5000 kilo meter.


Bahkan untuk sepeda motor matic, jika jarak tempuh atau kilo meternya sudah mencapai 3000 oli motor harus segera di ganti. Bisa di katakan jikalau kilo meter yang tertera pada sepido meter bisa menjadi patokan yang paling mudah untuk mengetahui kapan kalian harus segera mengganti oli sepeda motor.


2. Volume Oli Mesin Kurang

Tanda oli motor harus segera di ganti yang ke dua adalah volume oli mesin. Ketika volume oli mesin pada sepeda motor kalian sudah berkurang tandanya oli motor kalian sudah waktunya untuk segera di ganti.


Volume oli mesin pada setiap sepeda motor di bedakan dengan kapasitas mesin, semisal untuk mesin motor dengan kapasitas 150 cc ke bawah rata-rata menggunakan oli dengan volume di bawah satu liter atau sekitar 800 mili liter.


Semakin lama motor di gunakan volume oli akan berkurang, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan oli motor berkurang di antaranya yaitu oli menguap saat kepanasan, oli masuk ke dalam ruang bakar secara langsung melalui celah ring piston atau adanya kebocoran oli.


cara mengukur volume oli mesin

Sebelum kalian mengukur volume oli mesin pastikan terlebih dahulu kondisi sepeda motor kalian sedang berada dalam keadaan benar-benar dingin, semisal kalian bisa melakukannya di pagi hari ketika motor sudah tidak di pakai semalaman. Kenapa mesti dalam kondisi mesin dingin untuk mengukur volume oli? karena jika setelah di gunakan oli itu telah naik ke setiap bagian mesin, berbeda dengan kondisi dingin oli akan berkumpul di tempat penampungannya.


Lalu yang ke dua pastikan motor kalian rata atau di standar tengah, bagi kalian yang motornya tidak mempunyai standar tengah bisa menggunakan pedok atau apa saja yang penting posisi motor kalian rata tidak miring kiri atau kanan, Setelah itu buka stik oli yang berada pada tutup oli mesin.





Setelah terbuka, kalian lap terlebih dahulu stik oli menggunakan kain, tisu atau apa pun itu yang penting bisa untuk membersihkan sisa-sisa oli yang menempel pada stik oli. Jika di rasa stik olinya sudah bersih dari bekas-bekas oli yang sebelumnya kalian masukkan kembali stik oli ke dalam penutup oli mesin, cukup di masukkan saja ya tidak perlu di kencangkan cuma perlu di colok sampai mentok.


Jika sudah angkat stik olinya dan lihat kalau olinya berada di garis atas itu tandanya oli mesin masih fuel, tetapi jika sudah berada di garis bawah itu artinya oli mesin sudah waktunya untuk di ganti. Apalagi jika di stik oli sudah tidak terlihat olinya sama sekali, itu sudah jelas bahwa volume oli sangat minim sekali dan dapat di pastikan jika tidak segera di ganti akan membuat mesin motor kalian rusak.






3. Oli Mesin Berwarna Hitam Pekat

Warna oli dalam kondisi baru pada umumnya berwarna kuning, biru dan merah. Seiring berjalannya waktu oli pada sepeda motor yang awalnya berwarna kuning akan berubah menjadi hitam.


Warna hitam pada oli di sebabkan oleh zat panas, zat emisi atau kerak sisa pembakaran. Jadi bisa di simpulkan bahwa oli yang berwarna hitam sudah terkontaminasi dengan banyak zat, kerak, gas mono nitrogen oksida dan bensin yang tidak terbakar sehingga daya lumasnya akan menurun dan mesin pun akan lebih cepat aus. Nah, Jika oli mesin kalian sudah berwarna hitam pekat alangkah lebih baiknya segera di ganti dengan yang baru.


4. Suara Transmisi Mesin Kasar

Tanda oli mesin yang sudah harus di ganti selanjutnya adalah suara transmisi pada mesin menjadi kasar. Sepeda motor yang semakin sering di gunakan oli akan mengalami penurunan kualitas dan akibat turunnya kualitas oli ini dapat memicu suara atau bunyi kasar pada motor saat di gas dan mengoper gigi.


Selain bunyi kasar, biasanya perpindahan gigi transmisi motor akan terasa agak sulit tidak seperti biasanya karena daya lumas oli mesin itu tadi yang sudah kurang atau tidak efektif lagi.


5. Suhu Mesin Jadi Lebih Panas Dari biasanya

Suhu mesin juga bisa menjadi tanda kapan kita harus mengganti oli mesin, untuk para pengguna sepeda motor pasti bisa merasakan suhu mesin yang terasa lebih tinggi dari sebelum-sebelumnya.


Saat kondisi oli mesin mulai memburuk daya hantar panasnya juga berkurang, inilah yang bisa menyebabkan penyebaran panas menjadi tidak rata sehingga kalian merasakan radiasi panas di area blok mesin ke arah kaki yang sebelumnya tidak terasa.



Itulah tadi beberapa tanda kapan kita haru segera mengganti oli sepeda motor yang harus kalian ketahui, oleh karena itu saya sarankan agar kalian selalu memperhatikan dan merawat sepeda motor kalian dengan baik supaya enak saat di gunakan dan tahan lama.  







Posting Komentar untuk "Wajib tahu! Tanda -Tanda Oli Mesin Motor Harus Segera Di Ganti "