Tips Dan Trik Cara memperbaiki Busi Motor Yang Sudah Mati Total

TIPS DAN TRIK CARA MEMPERBAIKI BUSI MOTOR YANG SUDAH MATI TOTAL





BENGKEL PENO. Busi pada sepeda motor merupakan salah satu komponen kecil yang memiliki peran sangat penting untuk menghidupkan sebuah kendaraan bermotor.


Salah satu komponen sepeda motor yang vital adalah busi, Karena jika komponen ini sudah dalam kondisi rusak atau mati total maka motor kalian tidak akan bisa di hidupkan. Busi ini merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk menyuplai percikan bunga api guna membakar campuran bahan bakar di dalam silinder atau ruang bakar.


Maka dari itu, dapat kita simpulkan bahwa jika tidak adanya busi maka tidak ada proses pembakaran, dan jika tidak ada proses pembakaran maka mesin motor kalian tidak akan bisa di hidupkan.


Sebelum kita masuk ke dalam inti pembahasan, alangkah akan lebih baik jika kalian simak terlebih dahulu tentang fungsi busi dan penyebab busi mati total di bawah ini.




FUNGSI BUSI


Pada dasarnya, busi sepeda motor berfungsi untuk memberikan percikan bunga api guna membakar campuran bahan bakar dan udara yang terkompresi di ruang bakar, bunga api itu di hasilkan dari tegangan listrik yang di hasilkan oleh koil ke busi.


Ketika percikan bunga api itu membakar campuran bensin dan udara yang terkompresi maka terjadilah ledakan di dalam ruang bakar dan menjadi daya untuk menggerakkan sepeda motor. Oleh karena itulah busi pada sepeda motor mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah rangkaian sepeda motor.




PENYEBAB BUSI MOTOR MATI TOTAL 


Perlu diketahui bahwa kondisi busi motor yang sudah dalam keadaan mati total atau tidak lagi memercikkan bunga api namun center elektroda pada bagian ujung busi masih ada atau belum habis ini di sebabkan oleh?

  1. Elemen pada bagian dalam busi atau lebih tepatnya di bagian dalam keramik busi yang berwarna putih sudah tidak menyatu dengan TERMINAL NAT Sehingga arus listrik tidak dapat tersalurkan.
  2. Elemen Pada bagian dalam busi berjamur.
  3. Faktor usia pemakaian.

Itulah penyebab busi motor mati secara total. Namun, busi motor yang mati setelah sekian lama di pakai ternyata bisa di perbaiki kembali hingga bisa berfungsi kembali secara normal. simak ulasannya di bawah ini.
 
 


CARA MEMPERBAIKI BUSI MOTOR YANG SUDAH MATI TOTAL.


  Kali ini saya akan memberikan sebuah tips kepada kalian tentang cara memperbaiki busi motor yang sudah mati atau tidak keluar apinya.


Kenapa tidak di belikan busi baru saja? padahal harga busi itu kan tidak mahal cuma 10 ribu. memang harganya tergolong murah tetapi jikalau bisa perbaiki kenapa harus beli yang baru 😎 


Nah, sedangkan cara untuk memperbaikinya silakan simak ulasannya di bawah ini. 


Langkah pertama

Pertama kalian harus siapkan terlebih dahulu alat atau kunci untuk memperbaikinya seperti tang, kunci busi, dan serabut kabel.




Langkah kedua

Langkah selanjutnya kalian buka terminal nat dengan cara di jepit menggunakan tang lalu putar busi berlawanan arah jarum jam menggunakan kunci busi atau kunci 16 ring atau apa saja yang terpenting bisa di gunakan. Lebih jelasnya kalian lihat gambar di bawah ini.




Pastikan kalian menggunakan kunci tang bawaan motor jika tidak punya menggunakan tang dalam kondisi masih bagus. Karena terminal nat ini cukup keras dan susah untuk di buka.


Langkah ketiga

Setelah terminal nat terlepas dari busi kalian masukkan serabut kabel yang sudah kalian persiapkan sebelumnya dengan panjang kira-kira 2 cm atau 3 cm yang penting bisa menghubungkan antara terminal nat dengan elemen yang ada di dalam busi tersebut.



Langkah keempat

Apabila serabut kabel tersebut sudah di masukkan ke dalam busi, pasang kembali terminal nat dengan kencang supaya tidak kemasukan air dan sebagainya.


Jika sudah terpasang kalian tes busi tersebut apabila si busi sudah mengeluarkan api artinya cara ini sudah berhasil namun, jika busi tidak mengeluarkan api kalian ulangi cara ini dengan catatan di tambahkan lagi serabut kabelnya. 


Cukup sekian pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat.














Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Cara memperbaiki Busi Motor Yang Sudah Mati Total"