Kenali Ciri-ciri Busi Motor Sudah Lemah Atau Rusak Dan harus Di Ganti

 INILAH CIRI-CIRI BUSI MOTOR YANG SUDAH LEMAH ATAU RUSAK DAN HARUS DI GANTI







BENGKEL PENO.  Tahukah kamu busi merupakan salah satu komponen kecil yang memiliki peran penting untuk menghidupkan sepeda motor. Walaupun dengan bentuk dan fisiknya yang sangat mungil ini, tanpa adanya busi sepeda motor kalian tidak akan bisa di nyalakan.


Meskipun demikian, banyak pengguna sepeda motor yang lalai atau tidak tahu bahwa komponen ini harus di pantau dan di rawat secara berkala supaya terhindar dari kendala-kendala yang akan terjadi pada mesin sepeda motor kita.


Oleh karena itu kita harus memperhatikan kondisinya, ada beberapa kasus terjadinya motor mati atau susah hidup di karena kan busi dalam kondisi tidak terawat bahkan yang paling parah busi itu sudah rusak.



FUNGSI BUSI

Pada dasarnya, busi sepeda motor berfungsi untuk memberikan percikan bunga api guna membakar campuran bahan bakar dan udara yang terkompresi di ruang bakar, percikan bunga api itu di hasilkan dari tegangan listrik yang di hasilkan oleh koil ke busi.


Ketika percikan bunga api itu membakar campuran bensin dan udara yang terkompresi maka terjadilah ledakan di dalam ruang bakar dan menjadi daya untuk menggerakkan sepeda motor. Oleh karena itulah busi motor punya peran yang sangat penting dalam sebuah rangkaian sepeda motor.




WAKTU PERGANTIAN BUSI MOTOR

Perlu diketahui bahwasanya busi pada sepeda motor merupakan komponen yang pemakaiannya tidak dapat bertahan lama, oleh karena itu kita harus sering-sering memantau keadaan dan kondisi busi motor.


Waktu yang tepat untuk mengganti busi yaitu ketika sudah memasuki jarak tempuh sekitar 6.000 kilo meter, atau biar kalian lebih mudah untuk mengingat yaitu setiap dua kali mengganti oli motor. Akan lebih bagus setiap dua kali ganti oli, di barengi satu kali mengganti busi.





CIRI-CIRI BUSI MOTOR LEMAH ATAU RUSAK

Berikut ini saya akan memberikan beberapa hal tentang ciri-ciri busi motor sudah lemah atau rusak yang harus kalian ketahui, simak ulasannya berikut ini.


1. Motor Sulit Di Hidupkan

Ketika motor kalian sering kali mengalami kesulitan ketika akan di hidupkan, maka ini adalah salah satu tanda busi motor kalian rusak.


Hal ini di karenakan busi yang sudah rusak tersebut tidak mampu menghasilkan percikan bunga api yang cukup di dalam ruang bakar, sehingga motor jadi sulit untuk di nyalakan baik menggunakan kick starter maupun elektrik starter.


2. Tarikan Kurang Responsif

Ciri-ciri yang ke dua adalah tarikan mesin motor jadi kurang responsif atau bisa di katakan ada jedanya saat kita menarik tuas gas tenaga mesin tersebut keluarnya sedikit terhambat.


Hal ini di karenakan adanya perubahan pada celah busi antara elektroda dan ground. Akibat perubahan dari celah busi inilah percikan bunga api tidak dapat tersalurkan dengan sempurna untuk membakar campuran bahan bakar dengan udara, sehingga siklus pembakaran di dalam silinder atau ruang bakar jadi terhambat dan pada akhirnya berakibat pada tarikan mesin yang kurang responsif.


3. Misfire

Kondisi busi yang sudah rusak berakibat pada performa mesin sepeda motor jadi menurun biasanya juga akan mengalami misfire di dalam ruang bakar. Misfire di sebabkan oleh adanya masalah pada pengapian di dalam silinder.


Ketika mesin surging busi wajib di ganti. Masalah ini terjadi pada saat motor menyedot udara lebih besar pada proses pembakaran sehingga motor jadi melambat secara perlahan sampai berhenti. Dalam beberapa kasus di katakan, hal ini bisa kalian rasakan sendiri ketika mesin motor berhenti sesaat dan kembali berfungsi normal.


Biasanya, hal ini sering di abaikan oleh para pengendara sepeda motor, padahal gejala ini merupakan salah satu tanda busi motor kalian minta di ganti karena bisa menyebabkan motor mati kapan saja dan di mana saja tentunya dapat membahayakan keselamatan kita saat sedang berkendara.


4. Mesin Pincang

Apabila sepeda motor kesayangan kalian memiliki lebih dari satu silinder, busi yang sudah rusak juga akan mengurangi performa mesin motor kesayangan kalian.


Pada umumnya, motor yang mengalami mesin pincang ini karena pada salah satu silindernya mengalami mal fungsi atau gagal berfungsi yang di tandai dengan tarikan mesin motor akan terasa tidak normal seperti biasanya dan suara mesin terdengar kasar tidak halus.


5. Boros BBM

Motor menjadi lebih boros dari biasanya karena pembakaran yang kurang sempurna akibat kondisi misfire yang di hasilkan karena kondisi busi yang sudah rusak bisa membuat endapan kotoran pada ujung insulator busi atau elektroda.


Hal ini di karena kan percikan bunga api yang di hasilkan oleh busi sangat kecil, sehingga tidak dapat membakar campuran bahan bakar dengan udara secara sempurna yang di hasilkan oleh sistem pengisian yakni karburator atau injeksi, otomatis pemakaian bahan bakar pun jadi semakin boros. 







Posting Komentar untuk "Kenali Ciri-ciri Busi Motor Sudah Lemah Atau Rusak Dan harus Di Ganti"