BAHAYA! Efek Memotong Ground Elektroda Busi Sepeda Motor

 BAHAYA, INILAH EFEK  MEMOTONG ATAU MEMODIFIKASI GROUND ELEKTRODA PADA BUSI MOTOR





BENGKEL PENO. Tidak sedikit orang yang melakukan modifikasi pada busi sepeda motor mereka dengan cara mengubah bentuk ground elektroda sejajar dengan center elektroda. Dengan cara tersebut banyak orang menganggap bahwa cara ini bertujuan supaya munculnya api bisa lebih bebas karena tidak terhalang oleh ground elektroda.


Namun cara ini bukan berarti tanpa resiko. Karena pada dasarnya bentuk dari ground elektroda busi sudah di sesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi jika kalian memodifikasi ground elektroda busi ini dengan cara di potong, secara tidak langsung kalian memaksa kinerja busi secara berlebih dan pastinya punya efek yang kurang baik untuk busi itu sendiri.




FUNGSI BUSI


Pada dasarnya, busi sepeda motor berfungsi untuk memberikan percikan bunga api guna membakar campuran bahan bakar dan udara yang terkompresi di dalam ruang bakar, percikan bunga api itu di hasilkan dari tegangan listrik yang di hasilkan oleh koil ke busi. 


Ketika percikan bunga api itu membakar campuran antara bensin dan udara yang terkompresi maka terjadilah ledakan di dalam ruang bakar dan menjadi daya untuk menggerakkan sepeda motor. Oleh karena itulah busi motor memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah rangkaian sepeda motor.




EFEK MEMOTONG GROUND ELEKTRODA









Jika kita mengingat lagi bahwa busi adalah komponen vital yang sangat berpengaruh untuk kinerja mesin. dengan catatan kita menggunakan busi standar, di katakanlah saat kita berkendara menggunakan busi standar motor terasa enak di bawa.


Namun, jika kita memodifikasi ground elektroda dengan cara di potong sejajar dengan center elektroda akan memiliki efek kalau motor tersebut tarikannya terasa lebih enteng dari busi standar, Karena cara ini di lakukan untuk mempercepat proses penyebaran api. 


Efek samping lainnya dari modifikasi ini adalah memperpendek usia dari pada busi itu sendiri.




TUJUAN MEMOTONG GROUND ELEKTRODA


Perlu diketahui bahwa ada beberapa cara untuk melakukan pemotongan elektroda namun, yang paling sering di lakukan adalah dengan memotong bagian ground elektroda dan di buat sejajar dengan center elektroda. 
 

gambar sebelum dan sesudah di modifikasi








Seperti yang terlihat pada gambar di atas menunjukkan bahwa tujuan memotong ground elektroda ini yaitu sesuai dengan prinsip utama teknologi busi yaitu meredam efek quenching di mana inti api di harapkan tidak cepat padam pada saat proses pengapian.


Karena bentuk dari ground elektroda dapat menghalangi pertumbuhan inti api pada saat busi bekerja, maka dengan memodifikasi ground elektroda untuk mempercepat proses penyebaran api.




PENGARUH YANG DI HASILKAN AKIBAT MEMOTONG GROUND ELEKTRODA 


Pasti kalian penasaran kan jika kita memotong atau memodifikasi bagian ground elektroda tersebut apakah dapat mempengaruhi kinerja busi sepeda motor.


1. Akselerasi Sepeda Motor Meningkat


Perlu diketahui pada gambar di bawah ini menunjukkan bahwasanya elektroda yang di potong pada posisi awal terbentuknya api mengalami pergeseran menuju sisi kiri sehingga api menjadi lebih cepat membesar.


Nah, hal ini akan sangat berpengaruh pada api yang membesar tersebut di karena kan efek quenching yang terjadi lebih sedikit di terima oleh masing-masing elektroda. Sehingga secara spontan akselerasi kendaraan akan mengalami peningkatan akibat perubahan tersebut.

kiri bentuk normal ground elektroda, kanan modifikasi.







2. Tingkat Keausan Menjadi Tidak Merata


Hal ini di akibatkan karena modifikasi tersebut mengalami pergeseran titik pengapian, maka percikan bunga api atau listrik yang di terima juga akan mengalami pergeseran. Katakanlah titik fokus penyebaran percikan listrik hanya di satu titik dan tidak merata.


Sehingga potensi untuk terjadinya penumpukan karbon menjadi lebih cepat dan pastinya akan berdampak kepada umur atau usia pemakaian busi menjadi tidak bisa di prediksi kerusakannya di bandingkan dengan busi standar. 


terlihat keausan elektroda menjadi tidak merata











Kesimpulan:


Seperti apa yang sudah saya jelaskan di atas dapat kita simpulkan bahwa melakukan modifikasi busi sepeda motor dengan cara memotong ground elektroda sangat efektif untuk membuat mesin motor kita terasa lebih responsif. Namun, hal ini dapat kalian lakukan dengan catatan siap menerima resiko apa pun yang akan terjadi terhadap kondisi mesin motor karena setiap modifikasi memiliki sisi negatif maupun positif.


Saya sarankan untuk kalian yang ingin mendapatkan efek pengapian yang lebih baik dari yang sebelumnya, silakan kalian ganti busi standarnya dengan busi berbahan logam mulia seperti G-Power atau Iridium 









Posting Komentar untuk "BAHAYA! Efek Memotong Ground Elektroda Busi Sepeda Motor"