Tips Dan Trik Rahasia Cara Merawat Motor Matic Dengan Baik Dan Benar

 TIPS DAN TRIK CARA MERAWAT MOTOR MATIC DENGAN BAIK DAN BENAR





BENGKEL PENO.  Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara merawat motor matic yang baik dan benar, supaya Anda tidak perlu lagi bolak-balik ke bengkel karena kerusakan yang terjadi akibat kurang pengetahuan akan pentingnya perawatan untuk sepeda motor.

Banyak pengguna motor MATIC yang tidak tahu akan pentingnya merawat kendaraan sepeda motor supaya awet, tahan lama, dan pastinya enak saat di bawa berkendara. Karena kenyamanan seorang pengemudi adalah hal yang paling penting.

Namun akibat dari kurangnya kesadaran tersebut, banyak orang yang asal-asalan membawa motor MATIC tanpa di rawat, yang penting motor masih bisa di bawa berkendara. Kasus yang seperti inilah yang harus kita buang jauh-jauh, kenapa? yang pasti untuk apa kita keluar uang banyak buat membeli motor MATIC yang akan kita gunakan asal-asalan, alhasil kurun waktu tiga sampai empat tahun motor bakalan rusak.

Oleh karena itu saya akan memberikan sebuah tips dan trik cara merawat motor MATIC dengan baik dan benar supaya, sepeda motor kalian awet untuk di gunakan dalam kurun waktu yang lama.


PENTINGNYA MERAWAT MOTOR

Seperti yang kalian ketahui bahwa melakukan perawatan untuk kendaraan sepeda motor memang sangat penting guna ke awetan mesin sepeda motor tersebut.

Bahkan sangking pentingnya setiap kendaraan sepeda motor di berikan manual book yang isinya menyangkut banyak hal termasuk perawatan secara berkala untuk sepeda motor itu sendiri, perawatan pada manual book sudah terjadwal kapan kalian harus melakukan servis ke bengkel AHAS.

Dari sini sudah dapat kita simpulkan betapa pentingnya melakukan perawatan sepeda motor untuk keawetan mesin dan part lainnya. Perlu kalian ketahui bahwa komponen mesin sepeda motor terbuat dari bahan yang bisa aus atau rusak, maka dari itu kita perlu melakukan perawatan secara berkala guna memperpanjang usia komponen dan part mesin sepeda motor tersebut.


CARA MERAWAT MOTOR MATIC

Berikut ini saya akan memberikan kepada kalian beberapa cara merawat sepeda motor matic yang baik dan benar, cara ini bisa di aplikasikan untuk motor matic kesayangan kalian. Simak ulasannya di bawah ini dengan benar supaya motor matic kalian awet dan tahan lama.


1. Memanaskan Motor Di pagi Hari

Cara yang pertama adalah memanaskan motor pada pagi hari. biasakan saat pertama kali mau membawa motor di awal hari usahakan untuk memanaskan motor kurang lebih 10 sampai 15 menit.

Hal ini bertujuan untuk menjaga performa mesin supaya tetap dalam kondisi prima dan awet, Saat melakukan pemanasan tidak perlu menarik tuas gas cukup di diam kan saja.

Ada sebuah tips dari kami cara memanaskan motor matic yang lebih baik dan sempurna di mana cara ini tidak banyak orang yang tahu dan bisa kalian rasakan sendiri hasilnya.

tips:

Pada saat mau melakukan pemanasan jangan menggunakan tombol starter karena bisa berakibat buruk untuk ke awetan AKI motor tapi dengan menggunakan kick starter.

Caranya adalah posisi kontak off kalian engkol motor sekitar tiga sampai lima kali lalu kontak ON dan hidupkan motor menggunakan kick starter. Saat motor sudah hidup cukup diamkan saja sekitar 10 sampai 15 menit tidak perlu kalian tarik tuas gas.


2. Rutin Ganti Oli

Memang semua kendaraan sepeda motor mempunyai pelumas mesin yang setiap pemakaiannya harus rutin kita ganti supaya meminimalisir kerusakan yang akan terjadi akibat dari kehabisan oli mesin dan oli gardan.

Oli ini berfungsi untuk melumasi komponen yang ada di dalam mesin motor, jika mesin motor sampai kehabisan oli mesin dan oli gardan bisa menyebabkan beberapa kerusakan sebagai berikut ini....
  1. Dinding silinder aus atau baret
  2. Piston dan ring piston aus
  3. Stang piston kocak
  4. Mesin motor macet tidak bisa di engkol, dalam bahasa bengkel sering di sebut ceket atau ngejim.
  5. Gir box rusak
Bisa kalian lihat di atas ada begitu banyak kerusakan yang terjadi akibat telat mengganti oli mesin dan oli gardan, bisa di bilang kerusakan tersebut sudah termasuk yang paling parah karena sudah menyangkut sektor utama pada sistem kinerja mesin.

Oleh karena itu kalian jangan anggap remeh perawatan yang satu ini, terlihat simpel tetapi bisa berdampak buruk jika kita sampai lalai dalam mengerjakannya. Lebih baik kita mengalah keluar uang 60 ribu untuk ganti oli ketimbang keluar uang 500 ribu sampai 1 juta hanya untuk dandan motor 😂 karena alasan malas dan pelit untuk perawatan motor sendiri.


3. Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar ( BBM )

Perlu saya sampaikan kepada kalian bahwa jangan sampai motor matic kehabisan bensin dan mogok di jalan, Karena bisa berdampak buruk khususnya untuk si INJEKTOR itu sendiri.

Usahakan motor matic kalian jangan sampai kehabisan bensin walaupun ganti INJEKTOR tergolong cukup murah sekitar 150 sampai 200 ribu namun tidak semua motor matic dengan di ganti INJEKTOR langsung sekali jadi, bisa di bilang cocok-cocok kan yang di takutkan dari rusaknya INJEKTOR adalah merembet ke komponen-komponen kelistrikan lain jadi di usahakan motor matic kalian jangan sampai kehabisan bahan bakar.


4. CVT

Terkhusus untuk motor matic yang mempunyai sistem transmisi ganda yang di dalamnya terdapat beberapa komponen seperti pulley primer, pulley sekunder, sliding primary sheeve, spacer, poros primer, roller, slider, v-belt, secondary sliding sheave, spring, poros sekunder, torsi cam, gigi reduksi, clutch carrier dan clutch housing yang memang cukup kompleks.

Namun di antara semua komponen itu tadi yang harus kalian perhatikan adalah komponen ROLER dan V-BELT atau dalam bahasa bengkelnya sering di sebut panbel. Di antara dua komponen itu tadi usahakan setiap 10.000 Km kalian cek apakah sudah aus atau belum, untuk komponen V-BELT cara mengeceknya kalian lihat jika sudah ada retakan alangkah baiknya segera di ganti saja.


5. Baterai ( AKI )

Seperti yang kalian lihat pada perawatan nomor satu kenapa saya menyarankan kepada kalian untuk engkol-engkol motor terlebih dahulu saat memanaskan sepeda motor karena untuk menjaga tegangan arus listrik tetap stabil.

Karena motor matic jika aki nya sudah kena bisa merambat ke mana-mana, contohnya klakson lemah, tidak bisa menggunakan tombol starter, lampu-lampu redup dan masih banyak lagi. Untuk menjaga ke awetan aki motor itu tergantung kesadaran kita sendiri bagaimana cara menggunakannya dengan tepat dan benar, saya akan memberikan sebuah tips dan hal ini bersumber dari kebiasaan buruk yang sering di lakukan oleh kebanyakan orang.

tips:

Jangan di biasakan pada waktu berhenti misalkan di lampu merah atau di mana pun itu kalian langsung standar satu, pada umumnya motor matic jaman sekarang jika di standar samping atau standar satu mesin motor akan mati namun kelistrikan tetap jalan terus.

Bisa kalian cek sendiri menggunakan volt meter posisi motor di standar samping dan lihat bahwa tegangan listrik dari aki akan berkurang secara terus menerus. Jadi secara tidak langsung kalian merusak aki motor kalian sendiri, akan lebih baik lagi jika mau berhenti atau mati-in motor kalian menggunakan kunci kontak saja.


6. Servis Rutin

Memang semua kendaraan bermotor pasti melakukan servis tetapi kadang kalanya kita sering lupa kalau motor kita itu memerlukan servis rutin setiap bulannya entah itu bersihkan CVT dan sebagainya itu perlu untuk ke awetan mesin motor matic.

Saya sarankan untuk lebih memperhatikan soal servis motor secara rutin entah itu di bengkel AHAS atau di pinggir jalan ya terserah intinya di bengkel terpercaya.


7. Pilihlah Bahan Bakar Yang Tepat

Jangan anggap remeh bahan bakar karena jika sampai kalian salah pilih BBM yang tidak sesuai dengan rasio kompresi motor kalian bisa berdampak buruk untuk performa mesin motor yang pastinya semakin lama akan semakin loyo.

Soal pemilihan bahan bakar usahakan di sesuaikan dengan rasio kompresi motor kalian masing-masing, jika tidak tahu berapa nilai kompresinya kalian tanyakan sama bengkel tempat kalian servis motor atau bisa saja kalian lihat di manual book. Di situ sudah tertera motor kalian harus menggunakan bahan bakar jenis apa dan tentunya sudah sesuai standar pabrik.

Namun jika kalian masih bingung soal pemilihan BBM yang sesuai dengan motor kalian bisa lihat gambar di bawah ini.



Kalian sesuaikan saja bahan bakar apa yang sesuai dengan rasio kompresi untuk motor matic kalian dengan melihat tabel di atas.


Cukup sekian pembahasan saya mengenai cara merawat motor matic dan ini hanya sekedar syering dan pengalaman yang sudah saya alami sendiri selama memakai motor matic. Lebih dan kurangnya saya minta maaf semoga bermanfaat.






Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Rahasia Cara Merawat Motor Matic Dengan Baik Dan Benar"