Tips Dan Trik Cara Merawat Motor MATIC BORE UP, Sangat Simpel

 TIPS DAN TRIK CARA MERAWAT MOTOR MATIC BORE UP SUPAYA TIDAK GAMPANG JEBOL DAN TAHAN LAMA





MOTOR LEGEND. Halo sobat, berbicara soal motor BORE UP pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan hal ini, apa lagi di kalangan anak motor pasti hampir semua motor mereka di BORE UP baik untuk kepentingan touring ataupun balap.

Tapi yang akan kita bahas adalah motor BORE UP yang di gunakan untuk harian dan touring bukan untuk balap. Jadi kali ini kami akan memberikan sebuah edukasi dan syering pengalaman bagaimana cara merawat motor BORE UP supaya awet dan tidak gampang jebol.

Simak ulasan berikut ini dengan baik supaya paham bagaimana caranya merawat motor matic yang sudah di BORE UP agar motor kalian awet dan tahan lama pastinya. Sebelum kita masuk ke dalam inti pembahasan tahu kah kalian apa itu BORE UP?


PENGERTIAN BORE UP

BORE UP merupakan salah satu istilah dalam memodifikasi kendaraan pada sektor mesin dengan cara menaikkan kapasitas silinder. Dengan menaikkan kapasitas silinder, diameter piston juga akan ikut berubah yang semula berukuran 51 mm menjadi 53 mm.

Umumnya, BORE UP ini membuat perubahan CC pada kendaraan. Sebagai contoh kita ambil pada motor HONDA VARIO yang mulanya berkapasitas 150 cc menjadi 185 cc atau lebih tergantung dengan keinginan kita sendiri.


SPEK MESIN

Sebelum kalian memutuskan untuk BORE UP motor pastinya kalian memilih spek mesin terlebih dahulu seberapa besar cc mesin yang mau di tambah. Sebagai contoh motor HONDA VARIO 150 cc, motor ini akan kita BORE UP menjadi 180 cc atau 185 cc spek touring maka kita perlu melakukan perawatan mesin yang cukup sedikit dan simpel.

Namun jika kalian menambah cc mesin lebih dari 200 cc maka perawatannya pun akan semakin lebih banyak dan rumit. Jadi bisa kita simpulkan bahwa perawatan mesin yang akan kita lakukan tergantung seberapa besar cc yang di tambah.


CARA MERAWAT MOTOR BORE UP

Ada beberapa cara untuk melakukan perawatan motor yang harus kalian perhatikan dan jangan sampai terlewat supaya motor kalian tidak jebol. Perawatan kali ini untuk motor BORE UP spek touring, apabila spek mesin kalian sebesar 200 cc atau lebih tinggal kalkulasikan saja perawatannya lebih ekstra lagi.


1. Ganti Oli Mesin

Untuk sekala pergantian oli mesin sekitar satu bulan sekali kalian harus segera di ganti, atau sekitar 1.000 km atau 1.300 km. Namun jika penggunaan sepeda motor kalian untuk perjalanan yang jauh dan setiap hari di gunakan untuk perjalanan sejauh 24 km saya sarankan kurang lebih sekitar tiga minggu sekali oli mesin harus sudah di ganti. 

Jangan anggap sepele akan hal ini karena jika kalian sampai telat mengganti oli mesin bisa mengakibatkan jebol, karena perawatan yang satu ini jauh lebih penting dan harus di prioritaskan ketimbang perawatan lainnya namun harus di imbangi juga.


2. Servis Motor

Usahakan untuk servis motor di bengkel terpercaya kalian secara rutin dan berkala, jangka waktu servis motor bisa kalian atur sendiri semisal satu bulan sekali atau jika kalian sudah merasa bahwa motor kalian sudah tidak enak di bawa berkendara.

Servis ini mencakup beberapa hal yaitu membersihkan area CVT, aki, kelistrikan, air radiator, karburator jika motor kalian belum menggunakan sistem injeksi dan lain-lain masih banyak lagi.


3. Bahan Bakar ( BBM )

Pilihlah BBM yang sesuai dengan spesifikasi dan rasio kompresi mesin agar sepeda motor kalian mendapatkan asupan bahan bakar yang tepat.

Misalkan rasio kompresi mesin di angka 12 dan 13 yang seharusnya menggunakan bahan bakar minimal PERTAMAX atau PERTAMAX TURBO tetapi kalian malah menggunakan PERTALITE yang rasio kompresinya 11, hal ini akan berdampak buruk untuk performa mesin dan mengurangi usia kendaraan.

Soal pemilihan bahan bakar bisa konsultasi sama mekanik yang kalian percaya untuk BORE UP motor, karena mekanik jauh lebih paham dan memang dia lah yang sudah mengotak-atik motor kalian.


4. Oli Gardan

Poin terakhir jangan sampai kelewat untuk ganti oli gardan paling lambat tiga bulan sekali atau kita kira-kira tiga kali ganti oli mesin satu kali ganti oli gardan.


 
Dari sekian banyak ulasan yang sudah saya jelaskan seperti di atas, semoga bisa kalian pahami dan bisa di mengerti tentang cara merawat motor matic BORE UP supaya motor kalian tidak mengalami mesin jebol atau rusak. Memang perawatan motor matic BORE UP terlihat sangat simpel namun sulit di lakukan untuk orang yang malas.

Jadi ketika kalian ada niatan untuk meng UPGRADE motor matic kalian juga harus meng UPGRADE rasa semangat dan perhatian terhadap si motor supaya tidak mengalami hal-hal yang bisa merugikan kita sendiri.

Cukup sekian ulasan dari kami tentang cara merawat motor MATIC BORE UP semoga bisa membantu kalian semua, terima kasih. 








1 komentar untuk "Tips Dan Trik Cara Merawat Motor MATIC BORE UP, Sangat Simpel"