Penyebab HONDA VARIO 125 BREBET Di Gas Mati | Ulasan Lengkap |

 PENYEBAB HONDA VARIO 125 INJEKSI BREBET AKIBAT ANALISA TERLEWATKAN




BENGKEL PENO. Berbicara soal motor yang mengalami gejala brebet seperti telat bensin atau blebek kemudian motor mati dan pada saat motor mau di hidupkan dia terkadang enak terkadang juga susah.

Kasus seperti sudah banyak sekali di alami oleh motor HONDA VARIO 125 bahkan sejak keluaran tahun pertama jadi bisa di bilang penyakit ini sudah sangat wajar jika di alami oleh motor yang satu ini.

Perlu kalian ketahui bahwa penyakit brebet seperti ini gejalanya sama tapi penyembuhannya berbeda. Jadi tidak bisa jadi patokan semua motor matic yang mengalami penyakit brebet penyembuhannya semisal di sana atau bisa di bilang semua sama, ya jelas tidak bisa.

Kalian harus analisa terlebih dahulu secara keseluruhan agar tahu letak sebenarnya penyakit tersebut ada di mana, jadi jangan sampai kalian teledor. Apabila kalian sampai salah analisa atau ada yang terlewatkan akibatnya penyakit tersebut bukannya sembuh tapi malah merambat ke mana-mana.


ANALISA KERUSAKAN

Untuk melakukan analisa di usahakan kalian mulai dari yang paling dasar dan mudah-mudah terlebih dahulu sebelum masuk yang susah-susah.

Perlu kalian ketahui bahwa motor HONDA VARIO 125 ini suka banyak ngecohnya, tetapi penyakit seperti ini lebih dominan ke sensor TVS namun belum tentu juga nah kenapa kita bisa tahu itu dari sensor TVS atau bukan kita bisa gunakan alat apabila punya alat. Jika tidak mempunyai alat kalian jangan putus asa coba lakukan geser TVS nya jika tidak sembuh lanjut ke analisa yang lain.

Sebelum kalian geser TVS di cek terlebih dahulu apakah ada DTC atau tidak, lalu DTC itu apa ya?  DTC ( Diangnotic Trouble Code ) adalah kode yang digunakan sistem OBD ( On-Board Diagnostic ) kendaraan untuk memberi tahu pengendara bahwa terjadi suatu masalah pada sepeda motor kalian.

Cara melakukan pengecekan DTC bisa kalian lakukan dengan cara di jamper pada soket DLC yang terletak di samping aki. Untuk melakukan jamper kalian bisa gunakan kabel, peniti atau apapun itu yang penting bisa menyambungkan arus, kali ini kita gunakan kabel saja karena lebih mudah untuk di cari.




Setelah kalian melakukan jamper seperti gambar di atas lalu hidupkan kontak dan apabila di lihat dari lampu indikator injeksi tetap menyala secara terus-menerus bisa di pastikan tidak ada masalah pada DTC, lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.




Nah, 
seperti apa yang sudah saya katakan bahwa motor HONDA VARIO 125 ini suka ada ngecohnya, lalu apa yang harus kita lakukan ketika DTC tidak menujukan kerusakan. sebelum kalian geser TVS alangkah lebih baik kalian cek secara mendasar hal-hal yang dapat menimbulkan brebet terlebih dahulu.



Hal-hal Yang Menimbulkan brebet

Yang menimbulkan brebet ada beberapa faktor yaitu:
  • Mulai dari sistem pengapian yang rusak
  • Bensin yang kurang lancar masuk ke dalam ruang bakar
  • Sirkulasi udara yang tidak lancar juga bisa menimbulkan brebet
Jika faktor-faktor di atas sudah kalian cek satu per satu dan tidak menujukan ada masalah, berarti mulai dari sistem pengapian, bahan bakar dan sirkulasi udara dalam kondisi baik. Namun sepeda motor kalian masih tetap brebet simak penanganannya di bawah ini.



PENANGANAN KERUSAKAN

Setelah kita analisa mulai dari beberapa faktor di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa kasus ini tidak ada kerusakan pada DTC, TVS, pengapian, BBM dan udara.

Lalu apa penyebab sebenarnya motor matic ini bisa brebet, kita bisa curiga sama komponen penutup busi atau pelatuk businya karena motor HONDA VARIO 125 ini sering kena pada komponen yang satu ini.

Karena kondisi pelatuk busi yang sudah mulai karatan juga bisa menimbulkan brebet, pertama kalian buka pelatuk busi dan lihat pada bagian dalamnya jika memang benar kondisi pelatuk sudah karatan kalian cek terlebih dahulu apakah benar akar dari permasalahan ini dari katup businya.

Caranya setelah kalian lepas katup busi lalu hidupkan motor tanpa menggunakan katup busi yakni di sambungkan saja antara kabel koil dengan busi. Apabila saat cara ini di lakukan dan pada saat motor di gas sudah tidak menujukan brebet yang artinya penyakit itu hilang, dapat di pastikan problem ini di karna kan pelatuk busi yang sudah tidak layak pakai atau rusak.

Kesimpulannya pelatuk busi yang sudah karatan dapat menimbulkan brebet, jika hal ini sudah terjadi cukup tinggal ganti saja pelatuk busi dengan yang baru.























Posting Komentar untuk "Penyebab HONDA VARIO 125 BREBET Di Gas Mati | Ulasan Lengkap | "