Mengejutkan! Bore Vs Stroke, Manakah Yang Lebih Unggul? Ulasan Lengkap

 MESIN MOTOR DENGAN OVER BORE VS OVER STROKE MANAKAH YANG LEBIH UNGGUL





MOTOR LEGEND. Di zaman sekarang kebanyakan motor yang berlalu lalang di jalanan dan bahkan motor yang kalian miliki berjenis mesin over stroke.

Sebagai contoh seperti motor Honda kirana, supra x 125, Shogun 125, Jupiter mx dan masih banyak lagi. Orang-orang di Indonesia kebanyakan memilih mesin motor dengan konsumsi bahan bakar yang irit, oleh karena itu-lah motor dengan jenis over stroke yang paling banyak beredar.

Lalu bagaimana dengan motor yang berjenis over BORE, apakah tidak laku di pasaran? lalu apa saja kekurangan dan kelebihan yang di miliki oleh mesin berjenis over STROKE dan over BORE, dan lebih bagus mana sih di antara dua karakteristik mesin motor tersebut, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya di bawah ini.




PENGERTIAN MESIN OVER BORE

Bagi kalian yang belum mengetahui tipe mesin yang berjenis over BORE ialah mesin yang mampu berputar dengan RPM yang tergolong tinggi, serta menghasilkan tenaga yang besar pada putaran menengah sampai putaran atas.

Biasanya mesin jenis ini memiliki diameter piston yang lebih besar dari langkah pistonnya. Oleh karena itu jenis mesin ini dapat mengonsumsi bahan bakar yang cukup banyak mengingat dari diameter piston dan langkah putaran mesin.




PENGERTIAN MESIN OVER STROKE

Sedangkan untuk motor jenis over STROKE merupakan kebalikan dari over BORE, yakni panjang langkah piston lebih besar ketimbang angka diameter pistonnya.

Maka karakter yang tercipta adalah mesin akan sangat bertenaga pada putaran bawah sehingga sangat cocok untuk di gunakan sebagai motor harian yang cenderung mengandalkan tenaga pada tarikan awal, Dan tentunya karakter mesin ini di barengi dengan torsi yang tinggi, dan pastinya untuk konsumsi  bahan bakarnya pun cukup irit dari pada mesin jenis over BORE.


Sampai di sini kira-kira sudah paham apa belum kalau mesin berjenis over BORE enak pada putaran atas sedangkan over STROKE enak untuk putaran rendah atau bawah. Setelah itu tahukah kalian kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh mesin jenis over BORE dan over STROKE? lalu kenapa di zaman sekarang banyak menggunakan motor jenis over STROKE? kita akan tahu alasannya di awah ini.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN  OVER STROKE

Kelebihan

  • Putaran mesin yang relatif rendah untuk menggapai power maksimal, jadi kita sudah tidak perlu lagi melintir gas dalam-dalam.
  • Ukuran piston, klep dan  blok silinder relatif lebih kecil sehingga mengurangi cos. Sangat sesuai dengan zaman sekarang di mana orang-orang lebih membutuhkan motor multi fungsi dan yang paling penting adalah harganya yang relatif lebih murah.
  • Iritnya konsumsi BBM yang di akibatkan putaran mesin.
  • Mudah untuk menambah atau menaikkan CC dari mesin jenis over STROKE ini.

kekurangan

  • Diameter klep lebih kecil sehingga masuknya bahan bakar akan lebih sedikit
  • Mesin tidak mau berteriak
  • Putaran atas yang loyo
Bagi kalian pecinta speed lover harus berhati-hati dalam melakukan penggantian komponen mesin. Contohnya seperti CDI, karena dengan penggunaan CDI non limit bisa mengakibatkan mesin cepat berteriak dan jika melebihi piston speed limit di 21 mili second piston akan rawan jebol.



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OVER BORE

Kelebihan

  • Dengan Besarnya diameter piston maka klep yang di gunakan akan lebih besar juga, maka BBM yang masuk akan lebih banyak.
  • Putaran mesin yang terus meningkat, bisa di bilang serasa tak habis-habis.
  • Durabilitas mesin yang sangat Baik dari pabrikan
  • Penggunaan part pada sistem katup dengan material inkonel atau titanium


Kekurangan

  • Penggunaan bahan bakar yang lebih boros
  • Tenaga yang kurang responsif atau loyo pada putaran bawah
  • Tidak enak di bawa pada jalanan yang macet


Dari kelebihan dan kekurangan di atas tentunya kalian sudah bisa menyimpulkan untuk memilih motor dengan jenis yang sesuai dengan kebutuhan kalian sehari-hari, dan tentunya sudah dapat mengetahui bahwa motor yang kalian gunakan sekarang masuknya ke dalam kategori yang mana.    



Saya rasa itu saja yang dapat saya jelaskan ada kurang dan lebihnya saya minta maaf semoga bermanfaat.






















Posting Komentar untuk "Mengejutkan! Bore Vs Stroke, Manakah Yang Lebih Unggul? Ulasan Lengkap"