Inilah Penyebab Kenapa Motor Matic Bisa Mati Mendadak | Ulasan Lengkap |

 INILAH PENYEBAB MOTOR MATIC TIBA-TIBA MATI MENDADAK





BENGKEL PENO. Sepeda motor matic adalah tipe sepeda motor otomatis yang tidak menggunakan operan gigi manual dan hanya cukup dengan satu akselerasi. Cara kerja kopling otomatis yaitu kopling terhubung dan terputus dengan menggunakan gaya centrifugal, yang timbul karena gaya putar poros engkol.

Singkatnya saat menggunakan motor matic kita tidak perlu mengoper gigi secara manual cukup tinggal di gas saja, walaupun motor ini sangat nyaman dan enak untuk di bawa berkendara tetapi jika mengalami mati mendadak saat di jalan apalagi pas mau mendahului kendaraan lain sangat berbahaya.

Pasti banyak pengguna motor matic yang sudah mengalami mesin mati secara tiba-tiba di jalan raya, tentunya hal ini di akibatkan oleh beberapa faktor yaitu rusaknya komponen pendukung dan komponen utama pada mesin sepeda motor matic.

Perlu kalian ketahui bahwa untuk menghidupkan sepeda motor kita hanya memerlukan tiga unsur utama yaitu kompresi, pengapian dan bahan bakar. Jika salah satu dati ke tiga unsur tersebut ada yang rusak maka motor akan mati dan susah untuk di hidupkan atau kemungkinan besar motor bisa hidup namun selang jangka beberapa ratus meter motor akan mati lagi.

Lalu apa penyebab sebenarnya motor matic bisa mati secara mendadak dan susah untuk di hidupkan kembali?



PENYEBAB MOTOR MATIC MATI MENDADAK

Seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa untuk menghidupkan sepeda motor kita hanya memerlukan tiga unsur yaitu kompresi, pengapian dan bahan bakar. Dari ketiga unsur utama tersebut bisa kita indikasi apa saja faktor-faktor yang mengakibatkan matinya motor matic secara mendadak, Simak ulasannya di bawah ini.


1. Matinya Komponen Pengapian

Penyebab yang pertama kenapa motor matic mengalami mati secara mendadak adalah matinya komponen pengapian seperti busi, CDI, spul, pulser, dan komponen pengapian lainnya.

Perlu kalian ketahui bahwa sistem pengapian berfungsi untuk membakar hasil pengabutan dari karburator yang masuk ke dalam ruang bakar, dan hasil dari pembakaran ini-lah motor memperoleh energi gerak.

Nah Jika ada salah satu dari komponen pengapian ada yang mati, dapat di pastikan sistem pengapian tidak akan berfungsi maka tidak akan terjadi proses pembakaran di dalam ruang bakar dan motor pun tidak bisa di hidupkan. Dari beberapa kasus matinya sistem pengapian yang paling sering terjadi pada komponen busi yang sudah rusak atau kotor.


2. Bahan Bakar ( BBM )

Tahukah kalian bahwa bahan bakar merupakan komponen vital yang sangat di butuh-kan untuk sepeda motor, jika tidak ada bahan bakar dapat di pastikan sepeda motor enggak akan bisa di hidupkan.

Berikut ini ada beberapa kasus matinya sepeda motor matic secara mendadak yang di akibatkan karena adanya masalah dan gangguan pada bahan bakar yaitu:
  • Pemilihan bahan bakar yang salah
Proses pembakaran pada motor umunya di pengaruhi oleh jenis bahan bakar yang di gunakan. Apabila memilih bahan bakar dengan kadar oktan yang rendah dan tidak sesuai dengan nilai kompresi motor matic kalian, sering kali menyebabkan penyumbatan klep akibat banyaknya timbal yang lepas.

Sebaiknya gunakanlah bahan bakar dengan kadar oktan tinggi yang sesuai dengan nilai kompresi mesin supaya mencegah mati mesin secara mendadak sekaligus menjaga kondisi mesin motor.
  • Tersumbatnya aliran bahan bakar
Penyumbatan ini pada umumnya terjadi pada area selang bensin yang menuju karburator atau injeksi.

Hal ini terjadi karena kotoran seperti karat dari tangki motor yang turun ke sistem penyemprotan sehingga bahan bakar tidak dapat mengalir secara sempurna dan pada akhirnya motor pun mati karena kekurangan suplai bahan bakar.
  • Bahan bakar bercampur air
Tercampurnya bahan bakar dengan air juga bisa mengakibatkan motor matic kalian mati secara mendadak, karena bahan bakar yang seharusnya dengan mudah terbakar tetapi hal itu tidak terjadi akibat air yang ikut masuk ke dalam ruang bakar.

Hati-hati saat mencuci motor dan musim hujan karena air bisa saja masuk ke dalam tangki dan karburator melewati celah-celah tertentu dari ke dua komponen motor tersebut.


3. Tidak Ada Kompresi

Kompresi merupakan salah satu dari ke tiga unsur penting yang menjadi syarat untuk menghidupkan sepeda motor. Apabila kompresinya hilang maka sepeda motor kalian tidak akan bisa hidup.

Hal ini di sebabkan oleh kotoran karbon sisa dari pembakaran di dalam ruang bakar sehingga kotoran tersebut menumpuk dan menyangkut pada payung klep, dan pada akhirnya klep pun bocor. Karena kebocoran pada klep inilah yang mengakibatkan hilangnya kompresi pada sepeda motor matic kalian.

Apabila kalian mengalami hal ini pada saat di jalan dan jauh dari bengkel, saya akan memberikan sebuah tips untuk keadaan darurat yang dapat kalian lakukan supaya motor dapat di hidupkan kembali.

Tips :

Pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka bodi penutup mesin yang berada tepat di bawah jok kemudi, lalu lepas busi motor dan masukkan sedikit oli mesin ke dalam ruang bakar lewat lubang busi itu tadi.

Jika sudah, pasang kembali busi lalu hidupkan sepeda motor kalian dengan kick starter, apabila sepeda motor kalian tetap tidak mau hidup dapat di pastikan businya basah karena oli mesin, cukup lepas kembali busi lalu di bersihkan saja.

Tujuan oli mesin yang di masukkan ke dalam ruang bakar adalah untuk menutupi atau merapatkan celah klep yang bocor supaya rapat kembali, sehingga dapat di pastikan yang awalnya kompresi itu hilang jadi muncul kembali. Ketika motor kalian sudah hidup segera cari bengkel terdekat karena cara ini tidak akan berlangsung lama.


Cukup sekian pembahasan kita kali ini tentang penyebab motor matic mati secara mendadak dan saya saran kan untuk selalu merawat motor matic kesayangan kalian supaya meminimkan kerusakan yang bisa saja terjadi kapan pun dan di mana pun.

Terimakasih.






Posting Komentar untuk "Inilah Penyebab Kenapa Motor Matic Bisa Mati Mendadak | Ulasan Lengkap |"