Tips Dan Trik Mengatasi Karburator Banjir, Rembes Atau Netes Dengan Mudah

 TIPS DAN TRIK MENGATASI KARBURATOR BANJIR, REMBES ATAU NETES DENGAN CARA MUDAH





BENGKEL PENO. Pada beberapa kasus sering kali terdapat bensin yang keluar dari karburator entah itu hanya rembes, menetes ataupun mengalir dengan deras melalui selang pembuangan bensin.


Kerusakan ini jika kita lihat memang tidak seberapa buruk namun memiliki dampak yang cukup mencengangkan yakni motor susah untuk di hidupkan, bahkan sampai ada kasus motor tidak bisa hidup.


Namun kalian tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan sebuah tips dan trik untuk mengatasi karburator banjir, remes atau menetes dengan cara yang cukup mudah dan mudah untuk di fahami.



INDIKASI PENYEBAB KERUSAKAN

Penyebab dari karburator banjir, rembes atau netes dari selang pembuangan biasanya terjadi hanya karena terdapat kotoran berupa debu halus atau rambut di perumahan jarum pelampung atau dalam bahasa  bengkelnya jarum skep.


Akibat dari kotoran inilah yang membuat jarum pelampung tidak dapat berfungsi secara maksimal, sehingga di mana mestinya jarum pelampung menutup tetapi terhalang oleh kotoran tersebut.


Tidak hanya itu saja, penyebabnya juga bisa terjadi karena posisi pelampung yang terlalu tinggi dan jarum pelampung yang sudah rusak.



CARA MENGATASI ATAU MEMPERBAIKINYA


1. Setel Pelampung

Cara yang pertama ini cukup renggangkan atau congkel plat agar posisi pelampung lebih rendah, sehingga jarum dapat menutup sebelum bahan bakar memenuhi mangkuk.




Kenapa ketinggian pelampung di setel lebih rendah? karena jika setelan pelampung yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan terlambatnya jarum pelampung untuk menutup, sehingga bensin meluap pada mangkuk karburator dan berakibat banjir atau rembes.


2. Ganti Jarum Pelampung

Cara yang ke dua kalian cek terlebih dahulu jarum pelampung dengan cara di dorong sambil putar-putar jarum pelampung ke lubang bensin di karburator, apabila masih rapat dan tidak ada lagi kendala banjir sudah aman.


Namun jika sudah terasa longgar atau tidak rapat lagi, berarti kalian harus beli repair kit dan mengganti jarum pelampungnya.




3. Di Bersihkan

Cara yang ketiga cukup kalian bersihkan saja karburator apabila ada debu halus atau rambut yang menempel pada jarum pelampung dengan cara di semprot menggunakan angin bertekanan tinggi.


Sebelum di pasang pastikan terlebih dahulu ketinggian bensin pada mangkuk karburator sudah sesuai standar, yaitu sekitar 3/4 dari tinggi si mangkuk karburator. Caranya rakit kembali karburator kemudian alirkan bensin ke karburator setelah itu lepas kembali mangkuk karburator kemudian cek ketinggian bensin pada mangkuk tersebut. 


Apabila di rasa sudah pas dan karburator tidak banjir lagi, kalian tinggal seting ketinggian gas dan tekanan angin pada karburator lalu tes drive di jalan.


Cukup sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat. 



Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Mengatasi Karburator Banjir, Rembes Atau Netes Dengan Mudah"