Tips Dan Trik Cara Memanaskan Sepeda Motor Di Pagi Hari

 TIPS DAN TRIK CARA MEMANASKAN SEPEDA MOTOR DI PAGI HARI DENGAN BAIK DAN BENAR




Cara memanaskan sepeda motor di pagi hari. Halo Sobat ku semua, berbicara mengenai memanaskan sepeda motor di pagi hari termasuk hal yang lumrah kita lakukan.


Tidak sedikit dari kita pasti melakukan hal itu, namun terkadang karena faktor terburu-buru karena mengejar waktu akan kesibukan kita sehari-hari kita lalai dalam melakukan memanaskan sepeda motor di pagi hari. Akibat dari tidak memanaskan sepeda motor yang kurang maksimal performa dan kondisi mesin pun jadi menurun sobat.


Kalian tidak usah kawatir lagi soal itu semua jika kalian menyimak ulasan ini dengan detail, karena saya akan memberikan beberapa solusi untuk kalian yang ingin tahu bagaimana cara memanaskan sepeda motor di pagi hari dengan baik dan benar.


 FUNGSI DAN TUJUAN MEMANASKAN SEPEDA MOTOR

Perlu kalian ketahui bahwa fungsi dari memanaskan sepeda motor adalah bertujuan untuk menjaga  performa mesin agar tetap dalam kondisi prima dan awet.


Sama halnya memanaskan sepeda motor di pagi hari dengan berolah raga, sama-sama bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan terhindar dari kram akibat kurang pemanasan.


Namun seiring berkembangnya jaman yang semakin maju, dunia otomotif mulai bergerak dengan teknologi yang lebih mutakhir. Beragam motor keluaran terbaru saat ini, di kabarkan tidak perlu lagi melakukan pemanasan mesin.


Sebagai contoh sepeda motor sekarang sudah di bekali dengan teknologi fuel injection [FI], kalian tidak perlu lagi melakukan pemanasan setiap kali ingin memulai berkendara pada pagi hari.


Tetapi kalian masih bisa saja memanaskan sepeda motor jika ingin, dengan catatan sesuai anjuran perawatan pada buku pedoman sepeda motor, semisal pada motor injeksi saat kalian melakukan pemanasan tidak perlu lagi menarik-narik tuas gas, cukup di diam kan sebentar saja sudah cukup untuk memulai berkendara.


ANJURAN MEMANASKAN SEPEDA MOTOR



Gunakan kick starter

Dengan menggunakan kick starter pada saat pemanasan sepeda motor di pagi hari sangat di anjurkan karena bisa berdampak baik untuk keawetan aki motor dan mencegah konsleting kelistrikan yang bisa saja terjadi akibat menggunakan elektrik starter pada saat mesin di gunakan pertama kali.


Memang ada satu tips supaya motor lebih awet, start motor di pagi hari menggunakan kick starter atau yang biasa di bilang sebagai engkol di bandingkan dengan elektrik starter.


Bagai mana cara melakukan pemanasan yang baik untuk motor? Langkah awal yang perlu kalian lakukan adalah dengan engkol motor 5 kali namun posisi kontak off, setelah itu tarik choke jika motor kalian masih menggunakan sistem karburator lalu kontak on dan di hidupkan menggunakan kick starter.


Setelah motor hidup jangan tarik tuas gas terlalu dalam, usahakan tidak lebih dari 3.000 RPM saja supaya oli dapat melumasi mesin motor dengan sempurna, durasinya pun tidak boleh terlalu lama, cukup 2 sampai 3 menit saja motor bisa langsung di bawa untuk berkendara.


Memanaskan mesin terlalu lama dan menarik tuas gas terlalu tinggi juga mengakibatkan mesin overhead, apalagi jika sistem pendingin motor masih menggunakan sirip, karena jenis ini mengandalkan udara yang masuk dari trotol bodi saat berkendara guna mendinginkan mesin.

Note: Jika motor sudah hidup selama 2 menit jangan lupa untuk mematikan choke



Efek positif

Dampak apa saja jika kita melakukan pemanasan menggunakan kick starter dengan benar? apabila kita melakukan pemanasan dengan baik dan benar seperti apa yang saya sampaikan di atas adalah kondisi mesin tetap terjaga dalam kondisi prima, karena pemanasan di awal hari dapat mempengaruhi pengalaman berkendara saat di jalan.


Oli dapat melumasi komponen mesin karena setelah semalaman motor tidak di hidup kan, oli dapat melumasi kembali komponen mesin dan dapat terhindar dari ke ausan akibat gesekan yang terjadi.


Kondisi motor bisa berumur panjang, dan aki motor dapat terisi kembali karena sistem kelistrikan yang bekerja, Hal ini dapat menghindarkan dari kerusakan baterai [aki] agar tidak cepat drop atau soak.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Cara Memanaskan Sepeda Motor Di Pagi Hari"