Jangan malas! Inilah Akibatnya Jika Telat Ganti Oli, Mesin Jadi Korban

 AKIBAT TELAT GANTI OLI MESIN BISA JADI KORBAN





AKIBAT TELAT GANTI OLI MESIN. Seperti yang kalian ketahui bahwa pergantian oli mesin jangan sampai di lewatkan saat kalian melakukan servis motor.


Karena setiap mesin memiliki interval pergantian oli mesin, tetapi yang menjadi pertanyaan kenapa oli mesin harus di ganti secara rutin? dan apa yang akan terjadi jika kita nekat tidak mengganti oli mesin? simak penjelasannya sampai selesai agar tidak salah paham.


Fungsi Dan Tugas Oli Mesin

Untuk memahami semua ini kita awali dengan memahami tugas oli di dalam mesin, Jadi di dalam mesin motor terdapat sebuah piston yang bekerja naik dan turun di dalam sebuah silinder, dan sebenarnya piston itu memiliki celah di dalam silinder sehingga tidak terjadi gesekan secara langsung antara piston dan silinder.


Tetapi jika ada celah maka kompresi akan bocor melewati dinding silinder, karena campuran bahan bakar dan udara yang akan di kompresi akan keluar lewat celah itu tadi, itulah alasan mengapa piston memiliki sepasang ring yang akan merapatkan celah tersebut.


Dengan kata lain, ring inilah yang akan bergesekan dengan silinder secara langsung. Baik ring piston dan silinder sama-sama terbuat dari bahan besi, seperti kita ketahui apabila gesekan tersebut besi bertemu dengan besi maka akan mengeluarkan api.


Di sini oli berperan sebagai penengah, jadi oli ini memiliki kemampuan khusus yakni oli bisa masuk ke dalam celah super mikro. Dalam kasus ring piston dan silinder oli akan masuk di antara dua komponen ini, sehingga meski kita lihat ring piston dan silinder ini saling bergesekan satu sama lain tapi nyatanya ada oli yang masuk di tengah-tengahnya.


Itulah yang membuat piston bisa bergerak naik turun dengan licin tanpa menimbulkan gesekan.


Perubahan Oli Mesin Akibat gesekan Dan Pembakaran

Ketika terjadi pembakaran di dalam silinder maka akan ada material sisa pembakaran yang melekat pada dinding silinder.


Ketika piston bergerak naik ke atas material sisa pembakaran tadi bisa bercampur dengan oli yang ada pada ruang engkol, material sisa pembakaran ini jumlahnya memang sangat sedikit tapi dalam satu menit saja bisa terjadi hingga ribuan kali pembakaran.


Jika kita akumulasikan dalam jangka panjang, oli akan berubah warnanya menjadi lebih hitam yang di sebabkan karena terkontaminasi oleh material sisa pembakaran, dan ini normal.



Pemakaian Oli Mesin Dalam Jangka Panjang

Semua motor yang oli mesinnya di gunakan dalam jangka waktu yang panjang akan berubah menjadi hitam, dan jika oli yang sudah hitam ini tetap di paksakan untuk di pakai apa yang terjadi?


Material sisa pembakaran ini bentuknya seperti butiran padat berukuran mikro, hal inilah yang membuat komponen mesin bisa tergores.


Jadi salah satu akibat jika kita sering telat ganti oli motor maka komponen mesin entah piston atau silinder mudah aus, hal ini di sebabkan karena adanya material padat yang ikut dalam lapisan oli, dan material ini bisa menggores komponen mesin.


Jadi inilah alasan utama mengapa kita harus rutin mengganti oli mesin motor, kalau bisa saat mengganti oli warnanya jangan sampai hitam.



Akibat Telat Ganti Oli Mesin

Berikut ada beberapa faktor akibat telat melakukan pergantian oli motor.
  1. Keluar asap putih pada knalpot
  2. Mesin motor akan cepat panas
  3. Penggunaan BBM akan lebih boros
  4. Biaya perawatan akan lebih mahal
  5. Komponen mesin berusia pendek
  6. Motor tidak nyaman di pakai

Itu tadi ulasan mengapa kita harus ganti oli dengan teratur, jangan sampai telat karena memang sangat berbahaya untuk kondisi dan umur pemakaian mesin motor.





















Posting Komentar untuk "Jangan malas! Inilah Akibatnya Jika Telat Ganti Oli, Mesin Jadi Korban"