Tips Dan Trik Cegah OVERHEAT Motor Bore Up, Mesin Jadi Dingin Terus

 TIPS DAN TRIK CARA MENCEGAH MOTOR BORE UP SUPAYA TIDAK OVERHEAT







Perlu kalian ketahui bahwa motor bore up adalah motor yang secara umum di naikkan cc nya atau di tambah, semisal keluaran dari pabrikan 150cc menjadi 180cc. Otomatis mulai dari tenaga motor, perawatan, dan suhu mesin juga pasti meningkat.


Jadi kemungkinan motor Bore Up akan terjadi OVERHEAT itu ada beberapa faktor dan penyebabnya, namun ada beberapa cara agar motor tidak overheating.


Lalu apa saja cara untuk mencegah OVERHEAT ?  Simak ulasannya berikut ini.


1. Pemasangan Part Motor Harus Tepat Sasaran

maksud dan tujuannya agar tidak terjadinya Drain Oil yakni oli yang menguap,  jadi oli kalian otomatis akan cepat mengurang dan suhu mesin akan jauh lebih meningkat dari suhu normalnya.


jadi untuk pemasangannya jangan sampai salah harus benar-benar tepat terutama di bagian ring piston, karena jika sampai salah pasang dan terjadi kebocoran akan mengakibatkan kerusakan yang parah.


2. Setelan AFR harus tepat


AFR itu apa sih? AFR adalah AIR FUEL RATIO yaitu perbandingan antara bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar atau silinder blok. 


Jika setingan AFR sudah tepat maka tenaga yang di hasilkan akan jauh lebih maksimal, berbeda dengan setingan yang kadar udara lebih sedikit atau kadar bahan bakarnya yang lebih sedikit akan berpengaruh juga pada tenaga dan kondisi mesin, jadi bagaimana caranya setingan AFR harus bagus dan pas.


3. Menggunakan Oli Yang Sesuai


Untuk motor Bore Up di sarankan menggunakan Oli SYNTHETIC. memang oli jenis ini lebih mahal mahal dari oli jenis lain namun alangkah baiknya mengalah untuk menambah uang lebih untuk kebutuhan oli mesin.


Jangan seperti kaum mendang mending yang males-malesan ah pakai oli yang biasa aja, ah pakai oli yang murah aja, NO karena hal ini mempengaruhi keawetan dan seluruh kinerja yang ada pada mesin motor kita.


dan untuk kadar oli SYNTHETIC yang di sarankan adalah 10w50, 15w50, 20w50, 5w40 dan 10w40, yang penting oli SYNTHETIC.


4. Ganti oli Teratur


hal ini termasuk suatu faktor yang menjadi perhatian lebih mengingat motor yang sudah di Bore Up kondisi mesin akan lebih panas dari motor standar.


Untuk durasi pergantian oli mulai dari 1.000 sampai 1.500 kilo meter, namun jika kalian buat touring perjalanan jauh akan lebih baik jika sudah berjalan sejauh 200 atau 250 kilo meter harus segera melakukan pergantian oli kenapa? karena untuk perjalanan jauh dan durasi berkendara yang lama oli mesin pasti akan berkurang maka harus segera di lakukan pergantian untuk menanggulangi kerusakan mesin yang terjadi.

Tips:
  • jika kalian suka touring atau perjalanan jauh dengan motor bore Up itu ada DURASI berkendara di mana setiap 2 jam atau 3 jam kalian kasih istirahat motor selama 30 sampai 60 menit. Hal ini di saran kan untuk durasi panjangnya bukan untuk durasi pendeknya.

5. Servis Motor Secara Rutin


Servis motor secara rutin dan berkala karena hal ini juga wajib di lakukan demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara, apalagi kalau kalian pakai motor Bore Up untuk harian ya harus rutin stiap bulan di bawa ke bengkel untuk servis.


Servis ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang akan terjadi pada kendaraan kalian, ada pun bagian yang harus di servis jika motor kalian manual itu terdapat pada karburator motor dan system penggerak lainnya.


Apabila motor matic kalian harus servis di bagian SVT karena pada komponen yang ada di dalam SVT itu paling cepat kotor dan harus sering-sering di bersihkan.


Dan untuk bagian blok mesin kalian bisa servis pada 5.000 atau 6.000 kilo meter sekali.


Cukup sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir....



Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Cegah OVERHEAT Motor Bore Up, Mesin Jadi Dingin Terus"