Tips Dan Trik Bikin Motor Bore Up Tapi Irit Bahan Bakar

 TIPS DAN TRIK MEMBUAT MOTOR BORE UP TAPI IRIT BAHAN BAKAR







Halo sobat ku semua, bagi kalian yang ingin Bore Up motor tentunya ingin menaikkan kapasitas mesin [ cc ] sudah pasti konsumsi bahan bakar akan lebih boros dari standar.


Yang namanya Bore Up mesin, pasti tidak jauh pembahasannya mengenai konsumsi bahan bakar, perlu kalian ketahui bahwasanya mesin motor yang di Bore Up itu pasti menaikkan diameter piston.


Jadi sudah menjadi hal yang wajar jika konsumsi bahan bakar akan sedikit boros dan menguras kantong kalian, namun hal itu bisa kita sesuai kan dengan seberapa besar cc mesin yang akan kita garap, semakin besar cc motor yang di Bore Up maka akan semakin besar pula konsumsi bahan bakarnya.


Jadi cukup sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan kalian sehari-hari dan jangan berlebihan, namun itu untuk kebutuhan Bore Up harian saja berbeda lagi untuk kebutuhan balap di sirkuit, drag dan lain-lain.


Ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui untuk membuat motor Bore Up tapi irit bahan bakar yakni:


1. Kapasitas Mesin [ cc ]

Salah satu tips dari kami agar motor kalian irit tapi sudah Bore Up yakni dengan cara menaikkan cc motor yang semisal 150 cc menjadi 160 cc atau 165cc, semua bisa di atur sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


2. Rasio Kompresi

Pilihlah rasio kompresi yang sesuai, jangan terlalu terpaku dengan kompresi tinggi yang hentakan di awal bagus. 


Semisal kalian memilih rasio kompresi di angka 12, 12.5, 13 atau bahkan 14, kami tidak menyarankan itu, jika ingin irit kami sarankan kalian memakai rasio kompresi di angka 11 atau 11.5 kenapa? karena rasio kompresi ini memakai bahan bakar pertalite atau premium tenaga mesin masih sangat bertenaga, dan tentunya irit juga di kantong kalian.


Apabila kalian memilih rasio tinggi yang 12 ke atas dan tidak di imbangi dengan pemilihan bahan bakar yang tepat itu akan rawan timbul nois atau suara nglitik pada mesin, dan juga setingan cam nya, pengapiannya dan lain-lain itu juga harus pas.


3. Tentukan Injektor Yang sesuai

Bagi kalian yang motornya sudah menggunakan sistem injeksi kami sarankan agar memilih injektor yang sesuai dengan kapasitas mesin, jangan pilih yang terlalu besar karena si motor nantinya akan sangat boros.


Untuk pemilihan injektor itu sendiri dapat di lihat di beaspec juken, di situ kita bisa analisis bagai mana kinerja yang sesuai dan tepat untuk kapasitas mesin Bore Up kita.


dari segi Range angka untuk beaspac yang paling besar idealnya itu di angka 9, 10, sampai 11, usahakan cari Range angka di beaspac yang paling sesuai jangan sampai ke terlalu boros atau irit.


Jika keborosan dampaknya terhadap mesin akan cenderung susah bersih dan brebet, apabila terlalu irit motor bisa jebol. Maka dari itu pastikan untuk analisis injektor dengan teliti.


4. Pilih Noken As Dengan Overlap Yang Rendah

Pastikan kalian memilih noken as dengan overlap yang rendah jangan yang tinggi-tinggi, kenapa? jika kalian memilih noken as dengan overlap yang besar maka durasi buka tutup klep akan lama, maka torsi motor yang di keluarkan cenderung pada putaran atas.


Dan pastinya di putaran bawah akan loyo, apalagi di tambah dengan kompresi motor kalian yang rendah akan makin parah. Jadi sesuaikan pemilihan noken as dengan karakter motor kalian.


5. Portingan jangan terlalu besar

Pilihlah Portingan yang menyesuaikan dengan kebutuhan mesin motor Bore Up kalian, agar bahan bakar yang masuk ke ruang bakar bisa pas dan tidak terlalu boros.


6. CVT

Jika motor kalian matic, usahakan jangan pilih roler CVT yang ringan, jika rolernya terlalu ringan motor akan meraung dan cenderung pada saat motor berhenti RPM akan tetap berjalan, hal inilah yang harus di hindarkan dari karakteristik CVT yang meraung.


Maka Dari itu pilihlah Roler CVT yang agak berat supaya saat di gas motor dapat langsung berjalan dan terhindar dari keborosan.


Itu saja pembahasan kita kali ini mengenai tips dan trik bikin motor Bore Up tapi irit konsumsi bahan bakar.


Semoga bermanfaat

Terimaksih.....

Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Bikin Motor Bore Up Tapi Irit Bahan Bakar"