Tidak Biasa | Busi Iridium Untuk Motor Harian Serta Kekurangan Dan Kelebihannya

 PENGGUNAAN BUSI IRIDIUM UNTUK MOTOR HARIAN SERTA INILAH KELIBAHAN DAN KEKURANGANNYA






Halo sobat, Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen busi pada sepeda motor.


Tahukah pentingnya busi untuk sebuah kendaraan, kalau tidak ada busi maka motor tidak akan bisa nyala atau hidup, karena komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat penting.


Terkadang kita selalu lalai dalam memilih busi untuk motor, yang ada di pikiran kita yang penting murah dan bisa di pakai, tetapi tidak memikirkan akan keawetannya. Ternyata busi juga bisa berpengaruh untuk performa mesin juga loh, walaupun hanya untuk harian saja.



FUNGSI DASAR BUSI

Busi adalah salah satu komponen mesin yang paling banyak di salah pahami. Banyaknya pertanyaan yang muncul sehingga membingungkan banyak orang.


Busi di ibaratkan sebagai jendela dalam mesin [ satu-satunya saksi mata di ruang bakar ] , dan dapat di gunakan sebagai alat diagnosa yang dapat di andalkan. Seperti termometer untuk pasien, busi memperlihatkan gejala dan kondisi kinerja mesin.


Mekanik yang berpengalaman dapat menganalisa gejala-gejala tersebut untuk melacak akar permasalahan mesin, menentukan rasio udara / bahan bakar, dan untuk meningkatkan performa mesin.
Busi memiliki dua fungsi utama :

  • untuk membakar campuran udara dan bahan bakar
  • untuk melepas panar dari ruang pembakaran
Busi mengalirkan energi listrik yang mengubah bahan bakar menjadi energi penggerak mesin. Diperlukan tegangan listrik yang cukup dari sistem pengapian untuk menjadikan percikan bunga api pada celah elektroda busi. Hal ini di sebut sebagai " kinerja listrik " .


Suhu ujung elektroda busi harus di jaga cukup rendah untuk mencegah pengapian dini [ pre-ignition ] , tapi cukup tinggi untuk mencegah pengendapan karbon [ fouling ] . Ini di sebut sebagai " kinerja Thermal ", dan di tentukan oleh angka panas yang di pilih.



BUSI IRIDIUM

Busi iridium di sebut juga busi racing yang di gunakan untuk kendaraan dengan RPM tinggi. Jenis busi yang bisa di katakan termasuk sebagai busi dingin.



Busi Iridium di gadang-gadang dengan kemampuan akselerasinya lebih agresif dari pada busi jenis lainnya, Dan bentuk dari ujung elektroda pada busi ini meruncing. Tujuannya agar percikan bunga api yang di hasilkan bisa lebih merata.



Ujung inti Elektroda busi iridium yang meruncing terbuat dari material iridium yang menjadi konduktor cukup baik. Material ini cukup kuat dan tahan panas bahkan anti karat, karena titik lelehnya mencapai 2.000 celsius. 



Durabilitas yang di hasilkan jauh lebih baik ketimbang busi konvensional lainnya. Oleh karena itu umur dari pemakaian busi ini jauh lebih panjang dari pada busi-busi lain. 



Busi jenis ini sangat cocok untuk kendaraan harian karena tidak begitu memerlukan tenaga listrik besar dalam memunculkan percikan bunga api.



Busi iridium di rancang sangat kecil sampai 0,4 mm, oleh karena itulah busi iridium sangat rekomended dengan kendaraan kalian yang sering bolak-balik ganti busi sebab durabilitasnya lebih baik ketimbang busi standar. Umur busi iridium lebih lama di ganti jika sudah mencapai interval 50,000 kilo meter.



KELEBIHAN BUSI IRIDIUM

  • Material iridium dibilang terbaik karena busi jenis ini lebih tahan panas, selain itu memiliki bahan elektroda lebih kecil ketimbang busi reguler.
  • Tidak membutuhkan tenaga listrik yang tinggi untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter kendaraan akan minim di alami.
  • Pembakaran yang di hasilkan sangat presisi, konsisten serta efisien.
  • Umur pemakaian yang lebih panjang
  • Meningkatkan kualitas emisi gas buang [ libih ramah lingkungan]
  • Dengan desain apapun busi iridium ini di nilai lebih tahan lama hingga 10 kali lipat di banding busi jenis lain.
  • Memiliki anti carbon fouling yang artinya komponen busi sanggup untuk membersihkan karbon sendiri ketika memercikan bunga api di dalam ruang pembakaran.
  • Meningkatkan efektifitas respon gas saat di geber maupun slow.
  • Inti elektrodanya kecil hanya mempunyai ukuran 0.4mm di bandingkan dengan standar yang memiliki ukuran sekitar 2,5mm sehingga medan listrik yang di hasilkan menjadi besar dan lebih fokus sehingga untuk memercikan api di butuhkan tenaga listrik yang rendah
  • Mesing sangat mudah di nyalakan, mengurangi kegagalan pembakaran, sehingga penggunaan bensin jadi lebih irit.
  • Tenaga dan akselerasi mesin bisa bertambah namun tidak signifikan. Namun cukup menguntungkan bukan.




KELEMAHAN BUSI IRIDIUM

Jika di lihat dari beberapa kelebihan yang ada pada busi di atas ini, ternyata kalian harus banyak mempertimbangkan jika ingin memakai busi iridium namun kondisi motor masih standar.


Busi berbahan logam iridium akan lebih cepat panas dan dapat meleleh, oleh karena itu di sarankan untuk menggunakan busi dengan kondisi motor yang memiliki kompresi lebih atau sudah tidak standar pabrikan.


Busi ini menghasilkan suhu yang cukup tinggi, bisa saja merusak komponen mesin lainnya. Jika itu terjadi, umur dan kinerja mesin bisa menurun dan cepat aus. kondisi seperti ini akan membuat kalian melakukan penyetelan ulang pada performa mesin.





Kesimpulan

Kami dapat menyimpulkan beberapa aspek penting yang kalian wajib tahu jika ingin menggunakan busi iridium.


usahakan kondisi mesin motor sudah di upgrade atau tidak standar pabrikan. Lebih tepatnya kompresi yang lebih padat dari standar akan lebih sesuai dan cocok untuk menggunakan busi iridium.
















Posting Komentar untuk "Tidak Biasa | Busi Iridium Untuk Motor Harian Serta Kekurangan Dan Kelebihannya"