Penyebab Dan Cara Mengatasi Honda Beat Injeksi Brebet Seperti Telat Bensin

 PENYEBAB DAN CARA MENGATASI MOTOR HONDA BEAT INJEKSI BREBET






Tentunya jika kalian yang sudah lama memiliki motor Honda Beat Injeksi pasti tidak kaget dengan penyakit yang sering terjadi pada motor ini.


Penyakit utama motor Honda Beat Injeksi ini tidak lain dan tidak bukan yang paling sering terjadi adalah Brebet seperti kehabisan bensin di putaran bawah, menengah, dan atas.


Bahkan Motor Honda satu ini dalam kondisi baru pun tidak terjamin akan mengalami penyakit brebet, ada beberapa kasus yang sama entah apa penyebab utamanya namun, kita memiliki beberapa solusi untuk mengatasinya.


AKI TEKOR

Terjadi kerusakan pada aki cukup menghawatirkan, jika aki motor dalam kondisi yang kurang bagus motor brebet tersendat bisa dialami jika tegangan listrik dari aki under voltage alias kurang daya.


Kejadian ini mempengaruhi kinerja komponen listrik lainnya seperti halnya fuel pump, ECU, dan sensor-sensor lainnnya.


Aki soang bikin motor brebet, jangan pangdang sepele akan masalah yang seperti ini kalau kalian enggak mau perangkat kelistrikan lainnya ikut rusak.


Solusinya dengan mengganti aki yang lama dengan yang baru, beberapa aki bisa di charge lagi, tinggal bawa ke tukang servis aki jika kalian tidak mau ganti aki.


BUSI RUSAK ATAU BERMASALAH

Kerusakan terhadap busi juga menjadi penyebab motor brebet, pengaturan gap alias jarak elektroda terhadap ground busi yang sesuai dengan kebutuhan mesin berefek pada pembakaran yang optimal.


Fungsi utama busi adalah memercikan bunga api, apabila busi tidak mengoprasikan kerjanya secara tidak optimal dalam menciptakan percikan bunga api dalam mesin maka motor akan rawan brebet.


Ciri busi yang mulai rusak adalah tampak berwarna kehitaman. Jika kotor kalian bisa membersihkannya dan memasang kembali. Namun, jika ternyata di starter mesin masih tidak mau menyala, artinya busi sudah mati atau tak bisa di gunakan lagi.


Solusinya ganti busi dengan yang baru.


TANGKI BAHAN BAKAR KEMASUKAN AIR

Masuknya air ke dalam tangki bahan bisa menjadi penyebab motor brebet, pasalnya air akan mengganggu siklus pembakaran yang ada di dalam ruang bakar.


Kok bisa? Karena air yang ada pada tangki bisa ikut masuk bersamaan dengan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Air bisa masuk ke tangki bahan bakar biasanya karena salah dalam metode pencucian motor.


Solusi yang bisa di lakukan hanyalah dengan menguras tangki dan mengganti bahan bakar dengan yang baru. Selain itu kalian juga perlu mengganti filter bensin yang sudah terkena air selama pengurasan, kalian juga perlu membersihkan kotoran yang mengendap pada tangki bensin agar lebih optimal dalam pembersihan.


FILTER UDARA KOTOR

Kondisi seperti ini sering kali terjadi di sebabkan karena proses masuknya udara terhalang oleh kotoran pada saringan penyekat. Sehingga campuran AFR [ air to fuel ratio ] udara dan bahan bakar jadi tidak karuan.


Solusinya buka cover filter udara, jika kondisi masih memungkinkan untuk di bersihkan cukup semprot dengan udara bertekanan. Namun jika kondisi sekat filter sudah tidak layak upayakan untuk di ganti dengan yang baru saja.


FUEL PUMP KOTOR ATAU EROR

Perlu kalian ketahui bahwa sistem pengabutan bahan bakar injeksi sudah pasti di lengkapi fuel pump. tanpa komponen ini, injektor tidak akan mampu menyemburkan bensin ke ruang bakar.


Jangan lupa cek bagian ini jika motor injeksi kalian brebet, kotoran yang menyumbat pada fuel pump bikin tekanan jadi lemah. Kasus seperti ini sering kali terjadi akibat kehabisan bensin.


Apa bila sudah rusak harus di ganti, lebih bijak kalau kalian mencegah hal-hal yang bikin fuel pump jadi rusak, sebab part ini lumayan mahal. Kalau terlanjur rusak mending di bawa ke bengkel resmi saja, selain peralatannya yang lengkap, part orisinil juga tersedia.


RUSAKNYA SENSOR INJEKSI

Kerusakan yang terjadi pada komponen sensor injeksi bisa mengakibatkan motor brebet. Apabila komponen ini rusak, maka siklus pembakaran sudah pasti terganggu.


Injektor yang rusak bisa terjadi karena penggunaan bahan bakar yang kurang tepat, selain itu kerusakan juga di pengaruhi oleh kurangnya perhatian akibat tidak melakukan perawatan komponen. Padahal injektor perlu di bersihkan dengan pembersih cairan khusus.


Solusinya dengan melakukan servis rutin ke bengkel resmi, sehingga jika injektor kalian kotor bisa segera di bersihkan, dan upayakan untuk menggunakan bensin yang sesuai standar yang dianjurkan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Honda Beat Injeksi Brebet Seperti Telat Bensin"