5 Kesalahan Saat Memanaskan Sepeda Motor Di Pagi Hari

 5 KESALAHAN YANG SERING DI LAKUKAN SAAT MEMANASKAN SEPEDA MOTOR PADA PAGI HARI








Kegiatan memanaskan sepeda motor merupakan kegiatan rutin yang di lakukan oleh sebagian banyak orang.


Hampir semua orang melakukan kegiatan ini di pagi hari, terlebih ketika motornya adalah motor baru.


Pasti setiap paginya di mandi in dan di panaskan lalu di pajang di depan rumah pamer sama tetangga klok sudah punya motor baru sambil di lap-lap 😂 bercanda sobat🙏


Memanaskan sepeda motor memang terlihat sangat mudah dan terkadang orang-orang sering salah mengerti saat memanaskan sepeda motor di pagi hari, asal-asalan aja gitu yang penting mesin panas.


Padahal ada beberapa aspek penting yang perlu di perhatikan agar kondisi sepeda motor kalian tetap prima, berikut ini kami jelaskan beberapa poin kesalahan saat memanaskan sepeda motor di pagi hari.



FUNGSI MEMANASKAN SEPEDA MOTOR

Fungsi dari memanaskan sepeda motor adalah untuk menjaga kondisi mesin sepeda motor agar tetap prima.


Karena dengan di panaskan oli dari motor tersebut kembali melumasi mesin setelah semalaman tidak di pakai. Cukup simpel namun dapat berdampak buruk ketika salah saat melakukannya.



CARA YANG SALAH SAAT MEMANASKAN SEPDA MOTOR


1. Menggunakan Elektrik Starter

Jika kalian baca buku panduan perawatan kendaraan bermotor pasti hal ini terdapat di dalamnya.


Meskipun Elektrik starter ini tujuannya memudahkan kamu saat menghidupkan motor, tetapi menggunakannya di awal akan berdampak mengurangi usia dari aki motor itu sendiri.



2. Kelewat Ngegas Di RPM Tinggi



Menggeber motor saat di panaskan memang sangat di anjurkan, karena saat kita membuka tuas gas di pagi hari akan mempercepat proses pelumasan pada mesin.


Namun jangan sampai kelewat menarik tuas gas ya, jika sampai kelewatan motor akan mengalami overhead, angka ideal RPM yang di anjurkan mencapai 3.000 RPM saja jangan sampai mentok gas atau RPM limit.


Dengan cara ini proses pelumasan bisa sempurna dengan kurun waktu 2 menit saja, cukup sebentar namun berkualitas.



3. Terlalu Lama Memanaskan Motor

Hal ini juga bisa menjadi masalah apabila kalian terlalu lama memanaskan motor.


Apalagi jika kondisi pendingin mesin kalian masih menggunakan sistem sirip yang mengandalkan udara yang masuk saat berkendara, berbeda dengan mesin yang sudah menggunakan kipas atau radiator, mau kalian diamkan selama 30 menit tidak akan jadi masalah.



4. Tidak Menggunakan Choke

Bagi kendaraan kalian yang masih menggunakan sistem karburator, penggunaan choke sangat penting karena saat kita memanaskan motor di pagi hari motor akan sering mati sendiri.



Karena saat pagi hari untuk menghidupkan sepeda motor membutuhkan asupan bahan bakar lebih agar bisa menyala dan dapat di pastikan saat menggunakan choke asupan bahan bakar yang di perlukan akan terpenuhi secara sempurna.



5. Memanaskan motor di dalam ruangan

Pasti kalian sering melakukan hal ini karena malas untuk mengeluarkan motor dari rumah.


Padahal, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita sendiri, mengingat gas buang hasil pembakaran dari motor yang mengandung karbon monoksida dan dioksida.


Lebih baik jangan di lakukan deh, kecuali jika rumah kalian luas bak istana dan punya ruangan tersendiri untuk sepeda motor kalian.



Itu tadi sedikit ulasan yang dapat kami berikan soal kesalahan saat memanaskan sepeda motor di pagi hari. Kalian sendiri melakukan yang mana nih.
 
 
 
 
 
 
 

Posting Komentar untuk "5 Kesalahan Saat Memanaskan Sepeda Motor Di Pagi Hari"