Tips Dan Trik Membuat System Pengapian Ganda Pada Motor Matic

MEMBUAT SYSTEM PENGAPIAN GANDA PADA SEPEDA MOTOR MATIC, MOTOR LEBIH BERTENAGA DAN HEMAT BBM






Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat sistem pengapian ganda pada sebuah motor matic. Sistem pengapian ganda yaitu busi memercikan bunga api dua kali dalam satu kali siklus kerja atau usaha. 


Sepeda motor yang akan kita ubah sistem pengapiannya kali ini adalah motor Yamaha mio, cara ini juga bisa di aplikasikan pada motor matic jenis lain tidak hanya untuk motor Yamaha mio saja.


Adapun bagian yang akan kita ubah yakni pada komponen magnet sepeda motor, bagiannya yaitu terdapat pada sebuah tonjolan rotor magnet atau biasa di bilang PICK UP.


Sebelum kita masuk ke inti pembahasan tahukah kalian apa fungsi sebuah magnet untuk kendaraan bermotor.

Magnet berfungsi untuk membangkitkan daya listik. Untuk itu, magnet di lengkapi dua jenis spul dan di dalam magnet juga terdapat pulsar yang membaca sinyal melalui perbedaan medan magnet akibat putaran di dalam magnet.


Jadi bisa di simpulkan bahwa magnet sangat berperan penting untuk sebuah kendaraan bermotor kalian, jika tidak ada komponen magnet maka tidak ada yang menyuplai asupan daya listrik untuk kebutuhan pembakaran di dalam silinder dan lain sebagainya.


Langsung saja ke intinya, Simak proses pembuatan sistem pengapian ganda pada motor matic.


Langkah-langkah pembuatan sistem pengapian ganda


Hal yang pertama kalian lakukan adalah buka tutup pada bagian komponen magnet, hal terpenting yang harus kalian perhatikan adalah pada tonjolan magnet atau PICK UP.

gambar tonjolan magnet atau pick up


Jika di perhatikan dari gambar di atas, tonjolan magnet tersebut sangat panjang bahkan hampir seperempat dari seluruh luas lingkaran magnet, tonjolan inilah yang akan kita rubah sistem kerjanya dengan mengubah bentuk dari PICK UP itu sendiri.


Sebelum kita mengubah PICK UP kita harus pahami terlebih dahulu sistem kerjanya.


Jika sudah, kalian persiapkan busur derajat berbentuk lingkaran untuk mengukur dan menentukan titik-titik di mana terjadinya pembakaran, jadi nanti ada tiga titik pengapian yaitu timing pertama, timing ke dua, dan timing adfenser.


Sebagai langkah awal kita ukur jarak pada garis T ke F di magnet menggunakan jangka sorong, lebih jelasnya liat gambar di bawah ini.

 

 
Apabila sudah kalian ukur jarak antara titik T dan F, lalu kalian ukur atau sesuaikan kembali jarak tersebut dengan busur derajat, jika sudah kita bisa lihat jarak tersebut sebesar 10 derajat, bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.




Bisa di simpulkan titik pengapian sebesar 10 derajat sebelum TMA [titik mati atas] dan inilah nantinya yang akan kita ubah menjadi pengapian ganda.


Setelah itu langkah selanjutnya kita membuat atau menentukan timing pertama, timing ke dua, dan timing adfenser atau bisa di simpulkan kita membuat sistem pengapian baru.


Langkah pertama kalian ukur tonjolan PICK UP dari sudut awal sebesar 10 derajat unuk menentukan garis T dan F menggunakan jangka sorong.



Jika sudah kita lanjutkah proses pengukuran untuk menentukan sudut pengapian, agar lebih mudah kita menggunakan busur derajat. Saat mengukur posisikan busur derajat 0 derajat pada garis T yang baru kita buat bukan yang lama atau bawaan motor.


Apabila posisi T sudah di 0 derajat dan posisi F di 10 derajat langkah selanjutnya kita buat titik pengapian pertama di 20 derajat dan timing adfenser di 30 derajat, untuk timinng aslinya adalah timing ke dua.

Gambar Timing Pertama

 
Gambar Timing Adfenser


Langkah selanjutnya kita buat coakan di mana bertujuan untuk memisahkan timing pertama dan timing ke dua, untuk coakan tersebut kita buat selebar 5 mm.

Gambar Posisi Coakan


Apabila sudah di tentukan semua titik pengapiannya, sekarang kita tinggal bikin coakan dan potong PICK UP. Usahakan saat memotong PICK UP jangan sampai mengenai magnet.

Gambar Hasil Potongan PICK UP


Jika sudah hasilnya kurang lebih seperti gambar di atas, jadi bisa di simpulkan kita membuat dua PICK UP untuk menghasilkan dua kali percikan bunga api dalam satu kali siklus kerja.


Apabila sudah tinggal kita pasang kembali magnet ke motor dan di coba bagaimana hasil modifikasi sistem pengapian ganda ini.

Semoga bermanfaat.
















Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Membuat System Pengapian Ganda Pada Motor Matic"