Tips Dan Perawatan Motor Honda CB Stroke Up & Bore Up

 TIPS DAN PERAWATAN MOTOR CB YANG SUDAH DI STROKE UP DAN BORE UP






Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perawatan motor Honda CB yang sudah di oprek atau biyasa di bilang Stroke up dan Bore up, ada kala di mana kita para pecinta motor kencang yang sering lupa memperhatikan kondisi mesin.


Akibat lupa untuk melakukan perawatan motor pun jebol atau bisa di artikan rusak, hal-hal ini bisa kita cegah dengan melakukan perawatan secara berkala dan teratur, yang namanya motor dengan cc yang besar pasti kondisi mesin akan lebih cepat panas dan suhu mesin pun dapat meningkat dengan drastis.


maka dari itu kita harus lebih sering-sering mengecek kondisi mesin. Ada berbagai tips dan perawatan dari kami untuk kalian agar dapat merawat mesin motor dengan baik dan benar. 


Perawatan yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut:


pergantian oli mesin


Untuk sirkulasi pergantian oli mesin di motor stroke up dan bore up adalah hal yang paling penting jika melihat dari cc yang bertambah besar dan otomatis suhu mesin akan jauh meningkat dari standar.


Kapasitas oli mesin yang semula 1 liter bisa kita tambah 1,1 atau 1,2 liter saja jangan lebih karena efek kelebihan oli mengakibatkan mesin blebek dalam bahasa jawa atau bisa kita artikan tenaga mesin saat melaju akan sedikit terhambat akibat oli mesin yang berlebih.


Akan lebih baik jika oli mesin yang semula kental bisa ganti yang lebih encer sedikit agar sirkulasi oli mesin bisa masuk dengan sempurna, namun dengan oli yang encer siklus pergantian oli yang awalnya 2.000 kilo meter menjadi 1.500 kilo meter.


Mengecek Rantai Kamrat atau sentrik



Hal ini juga perlu di perhatikan mengingat motor CB tidak ada yang memakai setut kamrat otomatis maka perlu kita sering-sering mengecek rantai kamrat jika sudah mulai ada bunyi nglitik yang tidak enak seperti besi yang bergesekan tandanya sudah waktunya mengencangkan rantai kamrat.


Bahan Bakar



Bagi kalian yang motornya sudah di Stroke up atau bore up jangan pelit untuk beli bahan bakar yang sesuai dengan kompresi motor, karena motor dengan kompresi yang besar membutuhkan kadar oktan yang cukup agar mesin dapat melakukan pembakaran dengan sempurna.


Setelan Klep



Hal ini yang paling sering di lupakan untuk di cek padahal kalau sampai kondisi setelan klep sudah kendor dapat mengakibatkan proses masuknya bahan bakar ke dalam ruang bakar kurang sempurna dan yang paling parah klep dapat bertubrukan dengan piston sehingga mengakibatkan klep bengkok.


Untuk meminimalisir kondisi ini tergantung kalian yang menggunakan motor karena tidak dapat di ukur dengan jangka waktu, jika kalian sudah merasa tidak enak atau timbul suara kemlitik, kemrosok, atau kemlotak pokoknya ada suara yang tidak enak di dalam sylinder head itulah waktunya kita melakukan yang namanya setel klep.


Bagi kalian para penikmat motor CB [ cilik banter ] jangan sampai terlena sampai-sampai lupa untuk memperhatikan kondisi mesin motor sendiri.


Berikut ini ada tips bagi kalian yang ingin atau sudah mempunyai motor CB Stroke up atau Bore up agar awat.


Tips Motor Stroke up & Bore up



Bagi kalian yang mempunyai motor CB dan sudah di upgrade menjadi spek touring, herek, 230cc, 250cc dan 300cc pasti sering terjadi yang namanya motor jebol dan sebagainya.


Tips yang pertama soal part yang kalian gunakan semisal stroke up tinggi merek part nya ceng ceng po, minimal part yang akan kalian gunakan menengah ke atas agar ke awetan mesin lebih terjamin dan meminimalisir risiko mesin jebol.


Jika part sudah mendukung ada tips penting yakni tingkat ke presisi an saat merakit motor, hal ini kembali kepada mekanik yang kalian percaya atau bahkan kalian sendiri yang memasang, hal utama terdapat pada sirkulasi oli.


Jangan sampai lalai untuk selalu ngecek sirkulasi oli mesin pada saat pemasangan karna saat oli yang seharusnya mengalir dari rotor oli ke as kruk terus ke sylinder head ada yang tersumbat akibat kirang presisi saat pemasanga akan berakibat fatal.



Itulah tadi sedikit Pembahasan tentang perawatan dan tips motor CB stroke up dan bore up yang bisa kami berikan kepada kalian semua para penikmat motor CB [ cilik banter ] di mana pun Anda berada.


 

1 komentar untuk "Tips Dan Perawatan Motor Honda CB Stroke Up & Bore Up "