Mengejutkan! Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor 4T Ngasap

BERIKUT PENYEBAB DAN CARA MENGATASI MOTOR 4-TAK NGASAP ATAU NGEBUL



 

Sebelum masuk ke inti pembahasan, perlu kita sadari bahwa yang namanya kendaraan bermotor di zaman sekarang ini di era serba modern sangat berperan penting di kehidupan sehari-hari.


Saking sering dan hampir setiap hari saat kita mau keluar rumah pasti bawa motor, ke toko bawa motor, ke pasar juga bawa motor, sehingga kendaraan ini sudah sangat melekat di kehidupan kita.


Namun, tanpa kita sadari bahwa motor itu adalah sebuah objek benda yang lama kelamaan bakal mengalami yang namanya kerusakan, dan kerusakan ini biasa terjadi karena kelalaian kita lupa untuk merawat motor dengan baik sampai-sampai motor mengeluarkan asap putih pada knalpot.


Kerusakan ini bisa terjadi karena beberapa faktor dan penyebabnya sebagai berikut:


1. Sil Klep Atau Katup



Kerusakan pada sel klep sering terjadi pada semua motor 4-TAK. mengingat bahan dari sel klep terbuat dari bahan karet, prosesi ini terjadi akibat keadaan di dalam sylinder head yang terlalu panas [over hit] sehingga sil klep akan mengeras dan lama kelamaan akan rusak.


Akibat kerusakan sil klep inilah oli mesin dapat masuk ke dalam ruang bakar melalui celah klep.




.Cara mengatasi 

Untuk mengatasi sil klep yang bocor atau bisa di bilang sudah rusak, kita cukup mengganti sil klep lama dengan yang baru, usahakan cari sil klep yang bagus agar awet dan tahan lama.

Perhatikan juga saat pemasangan sil klep, jangan sampai miring harus presisi agar tidak ada celah oli masuk.


2. Ring Piston Aus / Rusak



Ring piston ini berfungsi untuk melumasi piston itu sendiri, jadi ring piston ada beberapa jenis dan ada yang namanya ring penghalang oli untuk mencegah masuknya oli ke ruang bakar.




Jika ring penghalang ini sudah aus karena terkikis oleh dinding ruang bakar maka oli dapat masuk ke ruang bakar dan mengakibatkan motor mengeluarkan asap putih, hal ini bisa berpengaruh kepada tenanga mesin yang kurang optimal.



.Cara Mengatasi


Bagaimana cara mengatasinya? Cukup kalian mengganti ring piston dengan yang baru, namun jika ring piston tadi ikut mengikis dinding ruang bakar kalian juga perlu melakukan boring atau lemer, karena mengganti ring saja tidak akan mengatasi kalau kerusakan sampai mengenai dinding ruang bakar.



3. Piston Aus



Kerusakan yang terjadi pada piston yang pertama akibat overhit karena pemakaian yang tidak wajar, bisa di bilang motor di geber secara terus menerus yang dapat membuat piston aus dan yang paling parah piston ngeplek / macet.


Yang kedua karena pelumasan oli terhadap piston kurang maksimal yang mengakibatkan piston terkikis dinding ruang bakar, kedua hal tadi sama-sama mengakibatkan gas yang keluar mengandung banyak emisi, sehingga muncul asap putih.




.Cara Mengatasi


Jika sudah terjadi cara mengatasi masalah ini dengan mengganti piston dan ring piston satu set.



4. Silinder blok aus



Penyebab motor berasap juga bisa terjadi pada silinder blok, saat mesin bekerja, ring piston akan bergesekan dengan liner blok dan pada rentan waktu tertentu keduanya bisa mengalami keausan sehingga, oli dapat masuk ke dalam ruang bakar.



.Cara Mengatasi


Bagaimana mengatasinya? Kalian harus melakukan servis ulang liner silinder atau di bore up.



Bagi kalian yang tidak ingin mengalami motor mengeluarkan asap sering-sering cek dan servis motor ke bengkel, yang paling penting jangan sampai kehabisan oli mesin karena dapat mengakibatkan mesin rusak parah.


Beberapa kerusakan yang kami terangkan di atas adalah hal paling umum terjadi pada motor 4-tak.



 



 

Posting Komentar untuk "Mengejutkan! Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor 4T Ngasap "