Cara Simpel Merakit Honda CB100 Dana Pelajar Cukup Lakukan Hal ini

 MERAKIT HONDA CB 100 DARI NOL DENGAN DANA PELAJAR




Salah satu motor legenda di Indonesia keluaran dari pabrikan Honda yang sangat populer dari tahun 1970an  sampai saat ini yaitu Honda CB100. Motor dengan berbagai macam tipe dengan tampilan klasik dan khas menjadi daya tarik tersendiri untuk motor ini, bahkan sampai ada klub penggemar motor ini yang eksis sampai sekarang.



Nah, bagi Anda yang ingin merakit motor CB dengan dana pelajar atau bisa di bilang biaya sedikit / minim, yang sering menjadi kendala itu di biaya modifikasi dan perawatan yang sangat tinggi. Tapi apa betul mahal? Ternyata tidak semua motor modifikasi membutuhkan biaya yang mahal.



Cukup Anda ketahui di mana motor Honda CB100 ini sudah tidak di produksi lagi, jadi sangat sulit untuk mencari part yang Original, bila ada pun harganya tidak mendukung untuk isi dompet pelajar jadi kami sarankan untuk cari bahan-bahan saja walaupun part yang akan di gunakan tidak Original.


Berikut langkah-langkah memodifikasi Honda CB100 Dari nol dan bahan apa saja yang harus Anda cari:


1. Cari bahan rangka motor 

Untuk mencari bahan rangka usahakan barang tersebut masih dalam kondisi yang bagus dan kokoh, Anda bisa mencari rangka motor CB100 di toko Offline atau pun Online. untuk bagian rangka kalian bebas boleh milih mau model CB 100 atau K2 rata-rata motor modifikasi ini banyak yang menggunakan rangka K2, kenapa begitu? karena model K2 ini terlihat lebih simpel dan kokoh.





2. Tangki CB100

Untuk bahan yang satu kalian bisa cari tangki model gelatik, pres kudus, Doraemon, sultan, dan banyak lagi, cari sesuai selera dan isi dompet kalian.





3. Shock depan belakang 

Untuk shock depan kalian bisa beli kepunyaan ninja RR merek naruto, gorila atau shock Tiger, megapro copotan / bekas, tergantung selera dan tentunya menyesuaikan bajet kalian.
Dan untuk Shock belakangnya saya rekomendasi memakai shock tiger non Ori karena harganya yang cukup murah dan bisa di beli di toko Online. 






4. Mesin motor

Soal mesin motor jika hanya untuk harian atau touring bukan buat balap alangkah lebih baik jika membeli mesin dalam kondisi standar, masalahnya kalau kalian mau beli mesin asli Cb bisa di bilang cukup langka dan sulit, walaupun ada juga pasti harga jualnya mahal, akan lebih baik beli mesin megapro atau tiger saja.





5. Jok Motor

Ini soal kenyamanan dalam berkendara, maka cari jok motor dengan kualitas yang bagus dan empuk misalnya merek embitech anti gembos atau yang lainnya.





6. Ban Motor

 Bisa di bilang ini bagian yang paling gampang di cari dan rata-rata anak CB memakai ban bermerek Primax SK-01 kenapa? ya karena harga jual ban yang cukup terjangkau dan terlihat lebih menarik namun di balik harganya yang murah ban ini jika di pakai untuk harian cukup ngeri-ngeri sedap karena kondisi ban yang mudah tergelincir.





7. Veleg Dan Swing arm

Untuk part ini banyak pilihan yang membuat Anda pusing karena kalau sampai salah pilih bakal nyesel karna banyak yang trobel akan dua hal ini, jika Anda beli Veleg baru pasti lumayan nguras dompet tapi itu tergantung selera mau membeli Veleg model jari-jari atau resing. nah untuk swing arm ini sendiri Anda bisa memilih model kaze, bisa di bilang hampir keseluruhan memakai swing arm merek ini.







 8. Area Kemudi, Lampu Dan Sein

Area kemudi atau kokpit ada begitu banyak part yang harus Anda beli, yang pertama stang motor, sistem rem seperti master rem dan kaliper rem, piringan cakram, heandgrip atau gas spontan. Bagian penerangan yakni lampu depan hal yang wajib di beli merek deyemaker set batok L2G, kupingan atau dudukan lampu CNC, sein depan belakang model palu, stoplamp BSA set dudukan v80.


9. Spakbor Depan Dan Belakang

Sepakbor depan model ninja rr / viktor sedangkan yang belakang pres nganjuk-an


10. Rantai 

Cari rantai merek SSS set depan belakang dengan ukuran 34-14,35-14,36-14, dan masih banyak lagi menyesuaikan keinginan dan selera akselerasi tenaga motor Anda.



11. Knalpot dan postep

Cari knalpot yang sesuai dengan cc mesin motor Anda, jika mesin masih standar atau sudah di bore up ada tiga jenis knalpot yang bisa Anda pilih yakni knalpot Racing, kleper, corbi/plor. Kalau postep terserah Anda mau di kasih atau ega, masalahnya buat apa di pasang postep kalau tidak di buat bonceng Ayang 😅







Jika semua part motor sudah terkumpul, tinggal Anda rakit sendiri atau di serahkan ke Bengkel andalan agar lebih simpel dan Anda tinggal terima beres. Jika di hitung total sema harga part yang sudah Anda beli kurang lebih 12.961.000 itu bisa kurang bahkan bisa lebih tergantung part yang Anda beli.


Apabila Anda mau cara lebih simpelnya lagi, Anda bisa membeli motor CB yang sudah jadi tinggal gas saja karena ulasan yang saya berikan jika Anda mau membangun sendiri motor CB idaman Anda mulai dari nol. 



Gambar motor CB di atas bisa di bilang motor yang Anda bangun dalam keadaan sudah jadi, sudah tertata dengan rapi tinggal gass.  

1 komentar untuk "Cara Simpel Merakit Honda CB100 Dana Pelajar Cukup Lakukan Hal ini "