Tahukah Anda! Motor Yang Cocok Buat Harian Maupun Touring, HONDA TIGER pastinya

 MENGINGAT GENERASI HONDA TIGER MOTOR FAFORIT AGAN-AGAN TOURING YANG IDENTIK DENGAN SUARA RANTAI YANG BERISIK



Halo bro dan sis semua, selamat beraktifitas bagi kalian yang sedang menjalani kesibukan sehari-hari atau yang sedang santuy menikmati kehidupan yang pahit, canda gan :}, dan salam satu nafas.


Motor terbaik buat touring menurut saya ya ini HONDA TIGER, Kenapa demikian, sejak kemunculannya pada tahun 1993, Honda Tiger adalah motor legenda touring di Indonesia yang termasuk kedalam jajaran motor sport touring yang memiliki masa produksi dari tahun 1993 sampai 2013.


Apakah kalian tahu? motor Honda Tiger 4-tak memiliki eksistensi yang sangat lama loh, bahkan sampai saat ini pun masih banyak peminatnya, mulai dari kalangan remaja pastinya. Mari kita ingat kembali Honda Tiger dari beberapa generasi.


Generasi Pertama [GL-200]






Motor Honda Tiger yang pertama kali di produksi adalah Tiger 2000, motor yang lahir pada tahun 1993 dengan kode produksi GL-200. Motor sport kala itu yang menjadi banyak incara para bikers karna berkapasitas mesin 4-tak 200cc.


Hingga akhirnya berhenti di produksi pada tahun 2005. Motor yang tergolong cukup tua namun banyak peminat, kalau anda ingin membeli motor sport neked tahun 90an ini yang pertama harus di perhatikan adalah kondisi mesin, di lihat dari suaranya masih halus atau sudah kasar.


Mengingat usianya yang sudah tua namun banyak kalangan muda penghobi Tiger 2000, Yang rata-rata anak tahun 2021 ini banyak memburu motor ini untuk di buat Herex, yup, motor modif untuk konten insastory wa,ig dan balap.





Honda Tiger generasi pertama ini memiliki lima varian warna yaitu hitam, hijau tua , merah maroon, ungu, dan warna edisi spesialnya yaitu kuning. warna ini lah yang banyak di buru para anak muda untuk di modif seperti ninja ss.


Ciri utama Tiger 2000 generasi pertama ini yang paling gampang di lihat yaitu pada tulisan "Tiger 2000" di bagian tengki yang masih menggunakan stiker, serta behel belakang yang masih menggunakan pipa besi.



Generasi Kedua [GL-200S]

Setelah sekian tahun akhirnya Honda Tiger di updete pada tahun 2002 dengan kode produksi GL-200S. Hampir 10 tahun lamanya Tiger baru dapat pembaharuan pada bagian body motor dan tampilan grafis. Hadir warna dengan model dualtone atau kombinasi 2 warna sekaligus.






Hal pembeda atau perubahannya terdapat pada lekukan sporty pada bagian body belakang dekat shock breker menggantikan generasi lama yang cuma lurus saja tanpa lekukan. Pada bagian behel belakang yang berubah yang awalnya di bagian samping kini terletak di belakang atas lampu belakang.


Headlamp yang masih di hiasi rumah lampu berlapis chrome, dan pada bagian reflektor bermotif kristal yang lebih keren dan modern di banding yang terdahulu, bahkan bisa membuat pencahayaan lebih terang loh. lampu belakang juga berbeda, yang semulayang hanya satu lampu kini terpasang menjadi dua lampu bohlam sehingga menjadi lebih terang pastinya.


Pada bagian dasbor atau panel spidometer kini terdapat perubahan pada bagian latarbelakang, yang awalnya punya dasar putih dengan warna lampu kehijauan, kini berganti dengan warna dasar abu-abu dengan lampu  oranye. Dan kini logo Tiger tidak menggunakan stiker lagi melainkan emblem timbul berwarna chrome meggilap pada tengki.



Generasi Ketiga [GL-200d Dan GL-200R]

Honda kembali merilis produk terbaru Honda Tiger pada tahun 2006, banyak menyebutnya sebagai Tiger Revo, Motor ini pembaruan dari GL-200s yang mempunyai tampilan fisik sangat berbeda dari sebelumnya, terlihat lebih sporty dan elegan.


Masih tetap andalkan generasi kaizen 200cc berpendingin udara dan pasokan bahan bakar karburator, namun kini di tambahkan Secondary Air Supply System [SASS]. Sistem ini di klaim pabrikan yang dapat mengurangi emisi gas buang.






Tirev ini memiliki bentuk tengki Shround tengki, kaki-kaki atau roda, knalpot, body depan sampai dengan belakang termasuk lampu-lampu kekinian, masih mengandalkan lampu bulat namun di tambahkan sedikit sentuhan dengan di tambahkannya visor tepat pada bagian atas lampu yang membuat tampilan lebih gahar layaknya motor touring.



Generasi Keempat [GL-200R1]

Honda Tiger model ini keluar pada tahun 2008 dengan moto "Legendary Ride, New Spirit" menggambarkan semangat baru sang legenda produk Honda. Jadi lampu depan berubah ke versi headlamp asimetris yang punya 2 reflektor. Lampu utama yang paling besar, sedang kan yang satunya hanya untuk lampu jarak jauh dan dim saja. Headlamp ini sering di kenal orang dengan sebutan lampu kijing.




Pada periode ini terdapat beberapa perubahan pada headlight, shround, panelmeter, tail light, dan muffler head protektor. Lampu belakang menggunakan dua jenis LED, "lampu rem" dan bohlam pijar "lampu senja".



Generasi Kelima [GL-200RA1]

Pada generasi sebelumnya Tiger merilis varian asimetris saja tidak ada varian lain yang membuat para bikers bimbang untuk memboyong generasi keempat antara suka dan tidak suka, kini Honda kembali merilis dengan 2 varian yang di produksi secara pararel, yaitu versi asymetric headlamp [yang sudah lebih dulu muncul] dan varian terbaru singgel headlamp.






Honda Tiger generasi ini hanya memiliki varian singgel headlamp saja. bisa di bilang buat melengkapi generasi sebelumnya, dan dari segi fitur maupun desain pun hampir tidak ada perubahan yang pasti kecuali pada headlamp, striping dan warna body saja.


Tiger ini keluar pada tahun 2010 yang bertahan dengan versi lampu bulat, dan pada tahun 2012 Tiger punya empat pilihan warna yaitu respect red, trust violet, loyal white, unity black. Periode ini merupakan produk terakhir dari Honda Tiger New Revolution Cruiser, dan pertanda akan terlahirnya produk baru yang lebih inofatif dari Astra Honda Motor dengan sistem injeksi dan tampilan yang lebih futuristik. 























 

2 komentar untuk "Tahukah Anda! Motor Yang Cocok Buat Harian Maupun Touring, HONDA TIGER pastinya"