Tps Dan Trik Cara Mengganti sil Shock Depan pada Motor Honda megapro

TIPS DAN TRIK CARA MENGGANTI SHOCK BREKER DEPAN HONDA MEGAPRO


Tahukah Anda Shock Breaker depan merupakan komponen penting yang melekat pada Sepeda motor Anda yang memiliki peran penting sebagai sistem peredam untuk motor pada bagian depan.

Pada sistem peredam ini sangat ber-risiko tinggi jika ada salah satu komponen yang haus misalkan, As Shock terkikis, Sil Shock bocor atau rembes dan oli Shock berkurang. Maka sangat di sarankan untuk bisa mengetahui secara dini apa saja penyebab Sil shock bisa bocor atau rusak. ini ulasannya


Ciri - Ciri Sil Shock Breaker Depan Bocor

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Sil Shock motor Anda bisa bocor yaitu:

  1. Oli Shock yang terlihat mengalir dari tabung.
  2. Pada As Shock depan terlihat goresan halus.
  3. Bantingan Shock lebih empuk dari semula.
  4. Shock bakal mantul-mantul saat Anda goncang.
  5. Biasanya ada bunyi berdecit saat anda berkendara di jalan yang bergelombang.

Maka dari itu jika Shock depan Anda sudah mengalami kebocoran wajib untuk melakukan pergantian Sil Shock, Bagaimana caranya? mari kita simak tata cara berikut ini.



Tata Cara Mengganti Sil Shock 

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan :


Langkah pertama buka terlebih dahulu baut As roda depan dengan Kunci Ring 17, Agar lebih amannya lagi memakai kunci Shock 17 supaya baut tidak rusak atau ngapur.




Lalu buka Kaliper Rem dengan Kunci L Bintang dan Spakbor depan. setelah Spakbor depan terlepas akan terlihat baut Segitiga bawah. Kemudian buka baut segitiga bawah dan atas menggunakan Kunci Shock 14. Jika shock sudah terlepas dari segitiga atas dan bawah, buka baut L yang ada di bagian bawah shock.




Lalu buka baut penahan atas shock, terkadang ada yang menggunakan baut L atau cuma Klip penahan saja. untuk yang menggunakan klip silakan Anda buka dengan cara di tekan maka akan terlihat klip penahan per shock-nya, buka klip penahan per shock dengan obeng Min kecil dengan cara di cungkil saja. Setelah klip terlepas silahkan Anda keluarkan per shock dan Anda pisahkan As shock dari tabungnya. lalu lepaskan sil penahan debu yang ada pada tabung cukup di congkel saja. setelah sil penahan debu di lepas akan terlihat sil shocknya, lepas sil shock dengan obeng min secara perlahan dan bergeser/pindah-pindah, jika sil Shock susah di buka dengan obeng min di karena kan sudah terlalu lama sampai sil mengeras Anda buka dengan kunci Plus.




Begitu sil shock sudah terlepas dari tabung, silakan Anda pasang kembali sil shock dengan yang baru dengan cara di ketok pelan-pelan agar sil terpasang dengan rapi dan sempurna dan tidak cacat. Jika sil shock sudah masuk sampai bibir tabung silakan Anda gunakan sil yang lama sebagai alas untuk memukul sil sampai mentok.



Jika sil baru sudah terpasang, pasang kembali sil debu. Langkah selanjutnya rakit kembali as shock ke dalam tabung, lalu pasang baut L yang ada di bawah tabung supaya as mengikat dengan tabung. Apabila semua sudah terpasang dengan rapi dan sempurna masukkan Oli shock breaker dengan takaran masing-masing tabung kurang lebih sekitar 60cc, sebelum baut penutupnya di pasang Anda kocok-kocok dulu as shock nya supaya minyak shock bisa merata dan tidak ada angin palsu yang masuk ke dalam tabung as yang mengakibatkan shock breaker menjadi tidak berfungsi secara sempurna.
Langkah terakhir tinggal Anda rakit kembali semua dengan cara kebalikan dari proses melepasnya tadi.













1 komentar untuk "Tps Dan Trik Cara Mengganti sil Shock Depan pada Motor Honda megapro "