Mari Mengenal Lebih Dekat Honda Astrea Grand Bulus

Honda Astrea Grand Bulus Motor Tua Jiwa Muda








Berbicara mengenai motor tua atau clasic Honda astera ini adalah motor bebek yang pertama kali di produksi pada tahun 1991, Motor Astren Grand menjadi salah satu legenda moped di Indonesia.

Honda Astrea Grand sempat populer di Era 90 an, dengan desain yang cukup unik, mesin tangguh, dan konsumsi bahan bakar irit menjadikan motor ini incaran, bahkan sampai beberapa dekade hingga sekarang pun masih banyak diminati beberapa kalangan mau Tua / Muda, Laki-laki atau Perempuan.

Motor keluaran pertama ini sering di sebut sebagai Grand Bulus karna lampu belakang cembung yang menyerupai bulus atau kura-kura cangkang lunak [ Softshell Turtle ]. motor yang merupakan keturunan dari honda super Cub ini hadir untuk menggantikan Atrea Prima.

Walau dari segi fitur dan peforma mesin masih ketinggalan dari para pesaingnya yakni Yamaha dan Suzuki, Honda Astrea ini masih membuktikan ketahanan dan ketangguhan mesinnya dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Karena masih keturan dari super Cub, rangka honda Astrea ini masih menggunakan rancangan monokok, yakni kombinasi antara pipa dan plat baja yang di satukan. 
Ada pun kekurangan dan kelebihannya, mari kita simak ulasan berikut ini:
 
 



Kekurang Dan Kelebihan Honda Astrea

1. Kerangka motor kropos atau patah.

karena masih mengusung jenis rangka monokok yaitu gabungan antara pipa besi di bagian depan motor dan plat besi pada bagian belakang motor. Sambungan antara pipa dan plat besi inilah yang sering terjadi keropos atau patah karna faktor usia dan kotor. titik patahnya tepat di bagian sambungan pipa di atas dudukan baut mesin. masalah ini bisa kita hindari dengan selalu menjaga kebersihan motor, sehingga tidak ada karat yang dapat membuat motor menjadi keropos dan patah.





2. Knalpot bocor

masalah ini sering terjadi di Honda Astre karna mungkin faktor usia yang cukup tua di atas puluhan tahun. Salah satu penyebab utama adalah cipratan air yang bercampur tanah dari Roda depan lah yang mengakibatkan leher Knalpot menjadi mudah korosi atau karatan.



3. Gesekan rantai dengan tutupnya

motor ini di bekali penutup rantai yang terbuat dari plat besi di bagian atas dan bawah, hal ini bertujuan untuk menghindarkan rantai terkena kotoran berupa tanah,debu dan air. namun di karnakan rantai yang semakin lama akan semakin mengendur  jadinya tibul gesekan antara rantai dan tutupnya, lumayan berisik ya kawan, solusinya cukup kita kencangkan saja rantainya. 


Kelebihan Honda Astrea


Untuk segi desain, motor ini memiliki kelebihan tersendiri jika kita lihat dari era 90 an, Honda Astrea memiliki desain yang cukup enak dilihat dan lebih modern dari para pesaingnya, meliki body yang unik di tambah striping yang beragam menjadikan motor ini meiliki kesan yang mewah.

Ada pun kelibah lainnya yaitu soal irit bahan bakar, motor bebek satu ini memang sulit di tandingi soal keiritan di bandingkan motor-motor lainnya yang bisa di bilang nyium bau bensin saja bisa jalan, Tenaga motor ini memang tidak besar tapi peformanya cukup istimewa untuk ukuran mesin 4 Tak 1 Sylinder 97.1 cc saja, konsumsi bahan bakar motor bebek ini untuk ukuran 1 Liter mampu menempuh jarak kurang lebih hingga 55 kilometer.

Menurut saya motor bebek satu ini cukup nyaman buat riding jauh karena jok nya yang tebal sehingga empuk saat kita duduk dan tidak membuat panas di bokong serasa seperti duduk di atas sofa, cukup ok lah buat acara touring ke luar kota. selain itu Shock Breaker depan dan belakang sangat empuk mampu untuk melibas polisi tidur yang berderet bahkan sangat mudah untuk melintasi medan yang berat seperti lobang dan bebatuan. Perawatan motor ini pun cukup mudah tidak merepotkan, Sperepart motor ini pun tidak sulit untuk di cari dari barang Ori hingga KW. 















1 komentar untuk "Mari Mengenal Lebih Dekat Honda Astrea Grand Bulus"