Tips Dan Trik Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Belakang HONDA BEAT

 TIPS DAN TRIK CARA MENGGANTI KAMPAS REM BELAKANG SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DENGAN MUDAH




 Halo bro dan sis semua, selamat beraktifitas bagi kalian yang sedang menjalani kesibukan sehari-hari atau yang sedang santuy menikmati kehidupan yang pahit, canda gan 😂, dan salam satu nafas.


Sebelum masuk ke inti pembicaraan, tahukah Anda apa itu sistem pengereman pada sebuah motor, keutamaan sistem pengereman yaitu untuk memperlambat laju kendaraan Anda saat berkendara, karena di sini keamanan dan kenyamanan saat memacu kendaraan adalah yang paling utama.


Fungsi kampas rem ialah untuk menekan kampas rem dengan piringan tromol hingga terjadi gesekan di antara kedua komponen tersebut. Karena kampas rem yang terbuat dari bahan keramik yang mempunyai daya gesek tinggi, sehingga saat menyentuh piringan akan terjadi gesekan yang akan mengubah gaya putar menjadi gaya gerak, alhasil motor akan terhenti.


Jika dilihat dari dua komponen kampas rem yakni kampas rem cakram dan tromol. Baik kedua komponen ini memiliki batas usia masing-masing sesuai penggunaan kita sehari-hari yang lama kelamaan akan habis hingga ada bunyi berdecit yang dapat mengganggu si pengendara.


Bunyi berdecit ini terjadi karena adanya gesekan antara kampas rem yang sudah aus atau habis dengan piringan tromol. Hal ini bisa kita hindari dengan mengganti kampas rem belakang dengan yang baru.

Ikuti langkah-langkah berikut: 
 


Langkah - Langkah Mengganti Kampas Rem

 Sebelum mulai ke pembongkaran alangkah baiknya Anda persiapkan peralatan-nya, adapun peralatan-nya yaitu:

1. Kunci ''T'' 12mm,14mm
2. Kunci shock 24mm

Langkahnya sebagai berikut:


  • Pastikan motor anda menggunakan standar tengah.
  • buka baut leher knalpot menggunakan kunci T12.
  • lalu, buka baut pengait knalpot dengan kunci T14.
  • Setelah knalpot di lepas buka baut pengait roda belakang menggunakan kunci shock 24. 
  • Saat melepas baut roda usahakan untuk menggunakan kunci yang presisi agar baut terhindar dari  kerusakan.
  • posisikan motor Anda tekan ke bawah dan tarik tuas rem belakang agar saat Anda membuka baut roda tidak ikut berputar, usahakan stang shock nya agak panjang supaya lebih mudah dalam proses pelepasan.
  • Setelah itu lepas kampas rem dan bersihkan dengan kompresor angin dengan cara di semprot.
  • Setelah semua sudah bersih, Anda bisa memasang komponen kampas rem dengan yang baru.
  • Jika kampas rem sudah terpasang, pasang kembali semua komponen yang terlepas tadi seperti semula.
  • Sebelum di gunakan setting terlebih dahulu as panel rem tromol dengan kunci T12, cari jarak ideal main tuas rem belakang sesuai yang Anda inginkan.





Penyebab kampas bunyi berdecit

 Berbicara soal kampas yang berbunyi berdecit memang ada beberapa penyebabnya yang membuat kampas berbunyi misalnya kampas rem habis, hal ini termasuk wajar karena tidak ada barang yang tidak bisa habis ke makan waktu, faktor umur misalnya.


Ada pun penyebab lainnya yaitu kampas rem ber karbon hal ini di sebabkan karena gesekan kampas rem dengan tromol yang mengakibatkan kampas terkikis dan karbon tersebut menempel atau mengendap di atas kampas sehingga saat terjadi gesekan akan timbul bunyi yang sangat mengganggu.


Tidak bisa kita pungkiri kalau rem belakang beat yang bisa kemasukan air bercampur pasir karena saat kita berkendara melewati genangan air di jalan yang berlumpur, hal ini bisa terjadi karena dinding tromol belakang yang tidak rapat membuat teromol kemasukan air tersebut yang dapat menimbulkan bunyi grosok - grosok dalam bahasa jawanya gan :} 
Suara ini bisa kita hilangkan cukup dengan di semprot dengan air bersih.






















1 komentar untuk "Tips Dan Trik Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Belakang HONDA BEAT"